Tumor Askin menyerang paru-paru dan menyebabkan munculnya benjolan pada dada serta penurunan berat badan.
Tumor Askin terjadi pada daerah paru-paru.

Tumor Askin adalah salah satu jenis tumor agresif yang langka pada daerah dada (torakopulmoner). Tumor ini berkembang dari jaringan lunak dinding dada, terutama pada daerah sekitar tulang belakang. Kasus tumor Askin terbanyak ditemukan pada etnis Kaukasia dengan rasio sembilan kali lipat lebih banyak dari etnis lainnya. Anak-anak lebih banyak terkena tumor Askin daripada orang dewasa, dimana jarang sekali tumor Askin ini didapatkan pada orang dewasa.

Sesuai dengan namanya, tumor ini pertama kali ditemukan pada tahun 1979 oleh Askin et al pada 20 anak dan remaja dengan usia rata-rata 14 tahun. Angka harapan hidup saat itu adalah delapan bulan.

Gejala yang ditimbulkan oleh tumor Askin tidak spesifik, melainkan sangat mirip dengan gejala penyakit paru pada anak lainnya seperti tuberkulosis dan keganasan (Ewing sarcoma, neuroblastoma, rabdomiosarkoma), yaitu:

  • Nyeri dada yang dapat menjalar sampai ke bahu. Nyeri seringkali merupakan satu-satunya atau gejala yang paling dominan (60% penderita)
  • Sesak napas
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Dapat teraba benjolan di daerah dada yang nyeri. Benjolan ini membesar dengan cepat
  • Batuk

Penyebab pasti tumor Askin belum diketahui secara pasti, namun diduga karena ada kelainan genetik.

Karena gejalanya menyerupai penyakit paru lain, maka diagnosis tumor Askin menjadi sulit dan kompleks. Beberapa hal yang dapat membantu dalam penegakkan diagnosis tumor Askin adalah:

  • Gambaran radiologi (CT scan atau MRI) pada benjolan. Pada tumor Askin, CT scan lebih dipilih sebagai modalitas pemeriksaan utama. Pada pemeriksaan radiologi biasanya juga ditemukan kerusakan atau patah tulang iga.
  • Biopsi benjolan
  • Pemeriksaan genetika molekuler
  • Perkembangan tumor yang agresif

Oleh karena tumor Askin merupakan penyakit yang sangat jarang terjadi, maka belum ada panduan pengobatan spesifik. Biasanya pengobatan dilakukan dengan kemoterapi, operasi, dan radioterapi.

Untuk tumor yang masih kecil dan terlokalisasi, dapat dilakukan operasi pengangkatan ditambah dengan kemoterapi dan atau radiasi. Operasi pengangkatan tumor yang dilakukan secara ekstensif diikuti dengan rekonstruksi dinding dada dapat membantu mengontrol pertumbuhan tumor. Sementara itu untuk tumor yang besar atau sudah menyebar, dilakukan kemoterapi dan radioterapi.

Beberapa studi menunjukan adanya kasus tumor Askin yang berespon baik terhadap pengobatan poli kemoterapi, yang artinya memakai lebih dari satu regimen.

Namun, keterbatasan pengetahuan tentang tumor ini menyebabkan tingkat keberhasilan terapi tumor Askin rendah. Tingkat remisi mencapai 65% namun dengan syarat kemoterapi agresif. Sementara itu, angka harapan hidup adalah sekitar delapan bulan setelah diagnosis ditegakkan. Angka-angka tersebut bergantung pada ukuran, lokasi, penyebaran tumor, respon terhadap terapi, dan keterlibatan paru-paru.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, segera berkonsultasi dengan dokter.

Membuat perjanjian dengan dokter keluarga atau dokter anak. Namun, biasanya kasus tumor Askin akan ditangani oleh satu tim dokter dari berbagai macam spesialisasi.

Membuat catatan mengenai gejala yang dialami, obat-obatan yang dikonsumsi, dan catatan riwayat kesehatan Anda.

Dokter akan menanyakan secara mendetail mengenai gejala yang Anda atau anak Anda rasakan. Beberapa pertanyaan yang mungkin diajukan oleh dokter adalah:

  • Apa saja gejala yang Anda rasakan?
  • Kapan pertama kali gejala tersebut muncul?
  • Apakah gejala muncul terus-menerus atau pada waktu tertentu?
  • Seberapa parah gejala yang dirasakan?
  • Apakah ada hal-hal yang memperingan gejala?
  • Apakah ada hal-hal yang memperberat gejala?

Ncbi. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4797440/
Diakses pada 19 Januari 2019

Ncbi. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3556149/
Diakses pada 19 Januari 2019

Appliedradiology. https://appliedradiology.com/articles/askin-tumor
Diakses pada 19 Januari 2019

Medind. http://medind.nic.in/iae/t13/i4/iaet13i4p233.pdf
Diakses pada 19 Januari 2019

Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ewing-sarcoma/diagnosis-treatment/drc-20351072
Diakses pada 19 Januari 2019

Artikel Terkait