Penyakit Lainnya

Tulang Kering Sakit Saat Lari

Diterbitkan: 03 Jun 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Tulang Kering Sakit Saat Lari
Pelari, penari atau pesenam menjadi kelompok yang paling sering merasakan tulang kering sakit
Tulang kering sakit saat lari atau bahkan berjalan terkadang dapat terjadi akibat otot yang lelah juga karena otot yang meregang atau robek.Umumnya rasa sakit pada tulang kering muncul karena terlalu keras berolahraga atau menjalani latihan di bagian kaki bawah yang dilakukan secara berulang. Selain itu aktivitas berikut ini juga sering kali dapat menimbulkan sensasi nyeri di tulang kering, yakni:
  • Berlari, terutama di perbukitan
  • Sedang meningkatkan waktu berolahraga
  • Sedang intensitas latihan, atau menempuh jarak yang lebih jauh
  • Melakukan olahraga dengan jeda seperti menari atau basket
Karena berbagai hal tersebut, pelari, penari atau pesenam menjadi kelompok yang paling sering merasakan kondisi ini.Rasa sakit pada tulang kering biasanya tidak menyebabkan kondisi yang serius dan dapat diobati dengan pengobatan mandiri. Akan tetapi di beberapa kasus, tulang kering yang cedera dapat berkembang menjadi kondisi darurat yang membutuhkan operasi.Ketahui terlebih dahulu penyebab tulang kering saat lari untuk mendapatkan perawatan yang paling tepat dan menghindari komplikasinya.
Beberapa kondisi umum yang menjadi penyebab tulang kering sakit saat lari di antaranya adalah:

1. Shin splints

Shin splint adalah kondisi yang mengacu pada rasa sakit di sepanjang tulang kering (tibia) dan tulang panjang di depan tungkai bawah. Kondisi ini dapat terjadi akibat tekanan yang menumpuk akibat kegiatan seperti berlari, menari atau latihan berat seperti yang biasa dijalani oleh anggota militer.Adanya akumulasi tekanan tersebut membuat otot, tendon, dan jaringan tulang sekitar tulang kering bekerja terlalu keras sehingga menimbulkan nyeri.

2. Retak tulang (stress fracture)

Tulang kering sakit saat lari juga bisa disebabkan karena adanya retakan kecil yang terjadi di tulang kering. Kondisi ini disebut juga sebagai stress fracture.Tak hanya saat berlari, stress fracture sering kali terjadi ketika tulang kering digunakan secara berlebihan. Misalnya ketika menjalani olahraga dengan gerakan berulang seperti basket, sepak bola, atau senam.

3. Sindrom kompartemen

Sindrom kompartemen adalah kondisi yang timbul ketika terdapat tekanan yang sangat tinggi di dalam kompartemen otot. Kompartemen terdiri dari kelompok jaringan otot, pembuluh darah dan saraf pada lengan dan kaki yang dikelilingi oleh membran yang sangat kuat yang disebut dengan Fascia.Fascia tidak dapat mengembang, sehingga pembengkakan di dalam kompartemen tersebut dapat mengakibatkan naiknya tekanan di dalam kompartemen. Akibatnya, cedera dengan rasa sakit pada otot, pembuluh darah dan saraf di dalam kompartemen tersebut dapat terjadi.Kondisi ini biasanya terjadi pada tulang kering, lengan atau tangan, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi di bagian kompartemen mana pun di dalam tubuh. Siapa pun dapat terkena kondisi ini dan sering terjadi pada pelari dewasa muda dan atlet.

Faktor risiko

Beberapa faktor berikut ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk merasakan rasa sakit di tulang kering sakit saat lari, antara lain:
  • Memiliki kaki rata atau lengkungan kaki yang sangat kaku
  • Berolahraga di permukaan yang keras
  • Tidak memakai sepatu yang sesuai untuk berolahraga
  • Memakai sepatu yang sudah tidak layak pakai
Meski masih dapat berlari, sebaiknya Anda tidak melanjutkan berlari ketika tulang kering mulai terasa sakit. Apabila rasa sakit muncul setelah terjadi cedera atau kecelakaan saat berolahraga segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.Tulang kering sakit saat lari dapat ditangani dengan terapi fisik, obat-obatan antiinflamasi, atau penggunaan sepatu khusus yang disebut orthotic ketika berolahraga.
Healthline. https://www.healthline.com/health/shin-pain-when-walking#compartment-syndrome
Diakses pada 3 Mei 2021
Venturaortho. https://venturaortho.com/can-i-still-run-with-shin-splints/#
Diakses pada 3 Mei 2021
Verywellfit. https://www.verywellfit.com/how-to-prevent-shin-splints-2911057
Diakses pada 3 Mei 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/shin-splints/
Diakses pada 3 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email