Spina Bifida

Ditulis oleh Olivia
Ditinjau dr. Miranda Rachellina
Spina bifida menyebabkan kecacatan pada saraf tulang belakang dan tulang belakang
Pencegahan spina bifida dapat dilakukan dengan menjaga asupan asam folat bagi ibu dan calon ibu.

Pengertian Spina Bifida

Spina bifida adalah kondisi cacat lahir yang diakibatkan oleh gangguan pembentukan dan perkembangan tulang belakang, serta saraf tulang belakang janin, di dalam kandungan. Kelainan ini adalah salah satu bentuk dari cacat tuba neuralis (neural tube defects). Tuba (pipa) neuralis adalah struktur embrionik yang berkembang menjadi otak dan saraf tulang belakang serta jaringan sekitarnya. Umumnya, tuba neuralis terbentuk pada masa awal kehamilan dan menutup pada hari ke-28 setelah pembuahan. Spina bifida terjadi karena adanya bagian dari tuba neuralis yang gagal berkembang atau menutup secara tepat. Kondisi ini menyebabkan kecacatan pada saraf tulang belakang dan tulang belakang. Tingkat spina bifida dapat bervariasi, dari ringan hingga berat, tergantung pada tipe dari kecacatan, ukuran, lokasi dan komplikasi.

Spina bifida dapat terjadi pada beberapa bentuk yang berbeda, antara lain spina bifida occulta, meningocele atau myelomeningocele. Keparahan spina bifida tergantung pada tipe ukuran, lokasi dan komplikasi.

Spina Bifida Occulta

“Occulta” memiliki arti tersembunyi. Kelainan ini merupakan bentuk spina bifida yang paling ringan. Banyak orang yang memiliki spina bifida occulta dan tidak menyadarinya. Mereka malah mengetahuinya setelah menjalani pemeriksaan pencitraan seperti CT scan.

Meningocele

Pada bentuk spina bifida, membran pelindung di sekitar saraf tulang belakang mendorong pembukaan tulang belakang, dan membentuk kantung berisi cairan. Namun, kantung ini tidak termasuk saraf tulang belakang, sehingga tidak terlalu merusak saraf meskipun komplikasi dapat terjadi.

Myelomeningocele

Kondisi ini juga dikenal sebagai spina bifida terbuka. Myelomeningocele adalah tipe yang paling parah. Pada kondisi ini, rongga tulang belakang di sepanjang punggung bagian bawah terbuka. Membran dan saraf tulang belakang terdorong ke luar permukaan kulit melalui bagian yang terbuka saat lahir, membentuk kantung pada punggung bayi, dan biasanya menyebabkan jaringan dan saraf tulang belakang tampak dari luar. Hal ini membuat bayi rentan terhadap infeksi yang dapat membahayakan nyawa.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Dalam kebanyakan kasus spina bifida, operasi dapat digunakan untuk menutup tulang belakang. Namun, sistem saraf akan rusak dan menyebabkan masalah seperti:

  • Kelemahan atau total kelumpuhan pada kaki
  • Inkontinensia usus (tidak bisa menahan atau mengontrol buang air besar) dan inkontinensia urine (tidak bisa menahan atau mengontrol buang air kecil)
  • Kulit pada kaki dan di sekitar bawah tidak terasa, anak tidak dapat merasakan panas dingin, yang dapat menyebabkan cedera tanpa disadari

Banyak bayi yang akhirnya juga mengalami hidrosefalus (penumpukan cairan otak), yang akan menyebabkan kerusakan otak lebih jauh.

Penyebab

Penyebab dari spina bifida tidak diketahui, tetapi sejumlah faktor dapat meningkatkan risiko bayi mengembangkan kondisi ini termasuk:

  • Kurangnya asam folat di masa kehamilan
  • Memiliki keluarga dengan riwayat spina bifida
  • Konsumsi beberapa obat selama kehamilan

Diagnosis

Untuk ibu hamil, tes prenatal akan ditawarkan untuk memeriksa spina bifida dan kecacatan. Tes yang dijalankan memang belum tentu memberikan hasil akurat. Beberapa ibu yang memiliki tes darah positif memiliki bayi yang normal. Meskipun hasilnya negatif, masih ada kemungkinkan munculnya spina bifida. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai tes prenatal dan risikonya.

Pengobatan

Terapi yang bisa dijalankan untuk mengatasi gejala dan kondisi yang terkait dengan spina bifida adalah:

  • Pembedahan
  • Terapi yang dapat membantu membuat hari-hari menjadi lebih mudah dan meningkatkan tingkat kemandirian, seperti fisioterapi dan terapi keahlian lainya
  • Alat bantu dan peralatan mobilitas, seperti kursi roda atau alat bantu berjalan
  • Perawatan untuk gangguan saluran pencernaan dan berkemih

Dengan perawatan yang tepat disertai bantuan lain, banyak anak dengan spina bifida dapat bertahan hingga tumbuh dewasa. Hal ini memang merupakan kondisi yang menantang. Banyak orang dewasa dengan spina bifida, mampu hidup dengan mandiri dan memenuhi kebutuhan hidup.

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga asupan asam folat bagi ibu dan calon ibu. Suplementasi asam folat yang dimulai sejak satu bulan sebelum pembuahan, dan berlanjut saat tiga bulan pertama kehamilan, akan mengurangi risiko spina bifida dan kecacatan saraf. Perempuan yang berencana hamil, sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat 400 mcg per hari.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Biasanya meningocele dan myelomeningocele didiagnosis sebelum atau setelah lahir, ketika obat-obatan tersedia. Anak dengan penyakit ini harus diawasi dengan tim dokter khusus, selama hidup mereka. Keluarga pun harus mendapatkan edukasi mengenai komplikasi yang berbeda. Anak dengan spina bifida tidak menunjukkan gejala atau komplikasi, sehingga biasanya membutuhkan perawatan rutin.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkonsultasi dengan Dokter?

Ada baiknya Anda melakukan langkah-langkah ini sebelum berkonsultasi:

  • Perhatikan persiapan yang harus dilakukan sebelum bertemu dokter, misalnya keharusan untuk minum banyak air sebelum menjalani ultrasound.
  • Tuliskan obat-obatan, vitamin dan suplemen yang dikonsumsi sebelum hamil.
  • Mintalah anggota keluarga atau teman untuk mendampingi dan membantu mengingat informasi yang diberikan.
  • Susunlah pertanyaan yang ingin diajukan kepada dokter.

Apa yang Akan Dilakukan Dokter pada Saat Konsultasi?

Dokter akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah Anda pernah memiliki anak dengan kondisi spina bifida atau kecacatan lahir?
  • Apakah ada sejarah keluarga dengan spina bifida?
  • Apakah Anda mengonsumsi asam folat sebelum dan sesudah kehamilan?
  • Apakah ada obat antikejang, atau apakah Anda mengonsumsinya saat awal kehamilan?
  • Jika dibutuhkan, apakah Anda bersedia pindah ke lokasi yang menawarkan perawatan khusus?
Referensi

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/spina-bifida/diagnosis-treatment/drc-20377865
diakses pada 18 Oktober 2018.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/spina-bifida/
diakses pada 18 Oktober 2018.

Back to Top