Selulit adalah kondisi permukaan kulit yang menjadi tidak rata dan berbentuk seperti lesung pipit
Selulit bukan merupakan kondisi yang serius dan tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga hal ini tidak perlu diobati.

Selulit merupakan suatu kondisi yang tidak berbahaya di mana permukaan kulit menjadi tidak rata dan berbentuk seperti lesung pipit. Selulit terjadi karena lemak yang ditarik ke bawah jaringan lebih dalam sehingga permukaan menjadi tidak rata. Selulit akan lebih memengaruhi wanita daripada pria karena wanita memiliki lemak, otot, dan jaringan ikat yang berbeda. Selulit juga dapat terjadi di paha, pinggul, pantat, payudara, perut, dan pinggul.

Selulit akan berbentuk seperti lesung pipit atau bergelombang. Pada selulit yang parah, kulit akan tampak bergelombang dan memiliki lembah. Namun, pada selulit ringan hanya akan terlihat pada saat mencubit sedikit pada area selulit.    

Selulit disebabkan oleh sel-sel lemak yang bertumpuk mendorong kulit sehingga akan menarik jaringan kulit lebih dalam. Namun, karena jaringannya panjang, maka jaringan tersebut tidak dapat tertarik sepenuhnya ke dalam kulit. Hal inilah yang menyebabkan permukaan kulit memiliki permukaan yang tidak rata atau berlesung pipit. 

Beberapa perawatan dan pengobatan berikut dapat membantu secara sementara untuk menghilangkan selulit, seperti:

  • Laser dan sistem frekuensi radio merupakan teknik terapi medis yang dapat mengobati selulit. Teknik ini menggabungkan pijat jaringan, frekuensi radio, dan cahaya inframerah. Hasilnya dapat bertahan hingga enam bulan.
  • Liposuction adalah teknik sedot lemak yang dilakukan dengan menyisipkan pipa sempit dibawah kulit melalui sayatan kecil berguna unuk menyemprotkan sel-sel lemak.
  • Pengobatan topikal seperti krim retinol dengan pemakaian dua kali sehari dapat memperbaiki tampilan selulit dalam jangka waktu enam bulan.
  • USG dengan menggunakan gelombang suara yang ditargetkan pada lemak yang ada di perut atau paha. Dibutuhkan waktu 2-3 bulan untuk memperbaiki tampilan selulit.

Selulit bukan merupakan kondisi yang serius dan tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga hal ini tidak perlu diobati. Namun, jika Anda merasa selulit mengganggu penampilan, maka kunjungilah dokter kulit atau ahli bedah plastik untuk berkonsultasi.

Siapkan daftar pertanyaan sebelum berkonsultasi dengan dokter, seperti:

  • Perawatan atau pengobatan apa yang baik untuk mengobati selulit?
  • Apa tindakan terbaik untuk mengobati selulit ini?
  • Apa hasil yang akan saya dapatkan ketika sudah melakukan perawatan atau pengobatan?
  • Apakah terdapat tindak lanjut untuk selulit?
  • Apa negatif dan positif dari pengobatan saya?

Healthline. https://www.healthline.com/health/cellulite#topical-treatments
diakses pada 31 Oktober 2018.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cellulite/symptoms-causes/syc-20354945
diakses pada 31 Oktober 2018.

Artikel Terkait