Rabun Tua

Ditulis oleh Maria Yuniar
Ditinjau dr. Fridawati
Rabun tua disebabkan oleh pengerasan lensa mata yang terjadi karena penuaan
Rabun tua salah satunya ditandai dengan penglihatan yang kabur pada jarak baca normal.

Pengertian Rabun Tua

Rabun tua adalah hilangnya kemampuan mata seseorang secara bertahap untuk fokus pada benda-benda yang berada di dekatnya. Ini merupakan bagian dari proses penuaan seseorang karena sering terlihat di awal hingga pertengahan usia 40-an dan terus memburuk sampai sekitar usia 65 tahun. Anda mungkin menyadari Anda mengidap presbiopia ketika Anda mulai memegang buku dan koran dengan jarak yang cukup jauh untuk dapat membacanya.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Gejala-gejala seseorang yang mengidap rabun tua antara lain:

  • Anda cenderung memegang bacaan dengan jarak agak jauh agar tulisan dapat terlihat dengan lebih jelas.
  • Penglihatan kabur pada jarak baca normal.
  • Mata sering merasa lelah atau mengalami sakit kepala setelah membaca atau melakukan pekerjaan jarak dekat.
  • Anda merasa gejala-gejala di atas memburuk jika anda sedang lelah atau berada di daerah dengan pencahayaan redup.

Penyebab

Penyebab rabun tua adalah karena terjadinya pengerasan lensa mata Anda yang terjadi karena penuaan. Karena lensa mata Anda menjadi kurang fleksibel, lensa tidak lagi dapat berubah bentuk untuk fokus pada gambar dengan jarak dekat. Akibatnya, gambar-gambar ini tampak tidak fokus. 

Diagnosis

Rabun tua didiagnosis dengan pemeriksaan mata dasar, yang meliputi penilaian refraksi dan pemeriksaan kesehatan mata. Penilaian refraksi menentukan jika anda memiliki masalah penglihatan seperti rabun dekat atau rabun jauh, astigmatisme, atau presbiopia. Dokter mungkin menggunakan berbagai instrumen dan meminta anda untuk melihat melalui beberapa lensa untuk menguji jarak dan penglihatan jarak dekat anda. Dokter mata mungkin akan memberikan obat tetes di mata anda untuk melebarkan pupil anda untuk pemeriksaan kesehatan mata. Ini dapat membuat mata anda lebih sensitif terhadap cahaya selama beberapa jam setelah pemeriksaan. Pembesaran pupil mata memungkinkan dokter anda untuk melihat mata anda dengan lebih luas.

Pengobatan

Tidak ada obat untuk presbiopia, tetapi ada banyak cara mengatasi rabun tua. Pilihan pengobatan termasuk memakai kacamata korektif (lensa kacamata) atau lensa kontak, menjalani operasi refraktif, atau mendapatkan implan lensa untuk presbiopia.

Pencegahan

Anda tidak dapat mencegah terjadinya presbiopia. Tetapi ada beberapa tips untuk membantu melindungi mata dan penglihatan Anda:

  • Sering mengontrol kesehatan mata walaupun masih dapat melihat dengan jelas.
  • Melindungi mata dari sinar matahari.
  • Makan makanan sehat.
  • Menggunakan kacamata atau lensa kontak dengan ukuran yang tepat.
  • Menggunakan penerangan yang cukup.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika pernah mengalami gejala-gejala seperti: Tiba-tiba kehilangan penglihatan pada satu mata dengan atau tanpa rasa sakit, penglihatan kabur atau kabur tiba-tiba, penglihatan ganda, atau anda melihat kilatan cahaya, bintik-bintik hitam atau lingkaran cahaya di sekitar lampu. Ini mungkin merupakan kondisi medis atau mata yang serius. 

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkonsultasi dengan Dokter?

Jika anda sudah memakai kacamata atau lensa kontak, bawalah kacamatanya atau lensa kontak ketika anda akan berkonsultasi dengan dokter. Buatlah juga daftar gejala-gejala yang sudah anda alami. Buat daftar semua obat, vitamin atau suplemen yang anda konsumsi. Anda juga sebaiknya membawa serta anggota keluarga atau teman untuk dapat membantu anda menyetir kendaraan. Anda mungkin tidak ingin menyetir sendiri menuju rumah jika pupil Anda telah melebar untuk pemeriksaan. Dan rekan Anda dapat membantu mengingat informasi yang diberikan selama janji Anda.

Apa yang Akan Dilakukan Dokter pada Saat Konsultasi?

Dokter biasanya akan memberi beberapa pertanyaan, seperti:

  • Kapan pertama kali Anda mulai mengalami gejala-gejala tersebut?
  • Apakah gejala yang Anda alami terjadi terus menerus atau sesekali?
  • Seberapa parah gejala yang Anda alami?
  • Apa yang dapat memperbaiki gejala Anda?
  • Apa yang dapat tampaknya memperburuk gejala Anda?
  • Apakah Anda sering membaca atau melakukan pekerjaan jarak dekat lainnya?
Referensi

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/presbyopia/diagnosis-treatment/drc-20363329
diakses pada 11 Oktober 2018.

Back to Top