Perut

Pusar Bayi Keluar Daging

28 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Pusar Bayi Keluar Daging
Selain pendarahan dan infeksi, pusar keluar daging juga bisa terjadi pada bayi. Kondisi ini biasa disebut dengan granumola umbilikalis. Istilah tersebut merujuk pada adanya pertumbuhan kecil jaringan yang terbentuk di pusar.Granumola umbilikalis biasanya hadir dalam beberapa minggu pertama setelah tali pusat bayi dipotong. Keberadaannya ditandai dengan benjolan merah kecil dan kemungkinan tertutup cairan kuning atau bening.Meski tidak mengganggu kesehatan bayi secara keseluruhan, namun kondisi ini harus diwaspadai. Sebab, pusar bayi keluar daging bisa mengundang infeksi. Jika terinfeksi, maka bayi kemungkinan akan mengalami iritasi kulit di sekitar pusar dan demam.Risiko infeksi lebih tinggi jika bayi Anda lahir dengan berat badan rendah karena premature atau masalah kesehatan lainnya. Karenanya, rawatlah tali pusar sebaik mungkin agar terhindar dari infeksi. 
Penyebab pusar bayi keluar daging biasanya adalah jaringan parut selama proses penyembuhan. Penyembuhan yang dimaksud merupakan proses pemulihan dari lepasnya tali pusar bayi.Merupakan sebuah kondisi normal jika lepasnya tali pusar meninggalkan bintik merah kecil atau bahkan gumpalan merah jaringan. Namun bila tanda ini bertahan lebih dari dua minggu dan tak kunjung hilang, orang tua perlu waspada. Sebab, pada umumnya tali pusar bayi akan lepas tanpa menimbulkan komplikasi. 
Anda harus mengunjungi dokter jika pusar bayi keluar daging tidak juga membaik setelah dua minggu. Selain itu, kunjungilah dokter jika pusar bayi mengalami infeksi yang ditandai gejala-gejala berikut:
  • Muncul darah di ujung tali pusat yang masih menempel pada pusar bayi
  • Muncul cairan putih atau kuning dari pusar
  • Area di sekitar pusar mengalami pembengkakan atau kemerahan
  • Bayi merasa kesakitan saat area sekitar pusar disentuh.
 
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-umbilical-cord#1
Diakses pada 28 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/umbilical-granuloma
Diakses pada 28 Juli 2021
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/everything-you-need-to-know-about-umbilical-granulomas-5072423
Diakses pada 28 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email