Pinguekula

Ditinjau dr. Miranda Rachellina
Gejala pinguekula adalah mata iritasi, kering, gatal, kemerahan dan meradang.
Pada umumnya, pinguekula tidak memerlukan pengobatan apapun.

Pengertian Pinguekula

Pinguekula adalah benjolan tidak ganas berwarna kekuningan yang muncul pada konjungtiva bulbar (selaput tipis pembungkus bagian putih bola mata) yang tidak tumbuh ke dalam kornea (selaput bening di depan iris dan pupil). Benjolan ini dapat menyebabkan iritasi atau gangguan kosmetik pada mata dan dapat dengan mudah dihilangkan melalui prosedur medis.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Gejala-gejala yang dialami penderita pinguekula adalah mata iritasi atau kering, terasa seperti ada pasir atau partikel kasar lainnya di dalam mata, dan mata terasa gatal atau berwarna kemerahan dan meradang.

Penyebab

Pinguekula terjadi karena adanya perubahan jaringan di konjungtiva yang membentuk benjolan kecil. Benjolan ini dapat mengandung lemak, kalsium, protein, atau kombinasi dari zat-zat tersebut. Penyebab terjadinya perubahan ini belum sepenuhnya dimengerti, tetapi dikaitkan dengan seringnya terpapar sinar matahari, debu, atau angin.

Diagnosis

Dokter mata mendiagnosis pinguekula dengan melakukan pemeriksaan klinis secara teliti.

Pengobatan

Umumnya pinguekula tidak memerlukan pengobatan. Terapi dapat diberikan untuk mengurangi gejala. Jika ada peradangan mata, dokter mata dapat memberikan salep atau obat tetes mata untuk meredakan kemerahan dan iritasi. Operasi pengangkatan pinguekula dapat dipertimbangkan jika penampilannya sangat dirasa mengganggu.

Dalam beberapa kasus, pertumbuhan pinguekula mungkin perlu untuk dihentikan. Operasi pengangkatan pinguekula perlu dipertimbangkan jika penyakit ini menyebabkan ketidaknyamanan saat memakai lensa kontak, atau ketika sering terjadi peradangan bahkan setelah pemakaian obat tetes mata atau salep mata.

Pencegahan

Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, Anda mempunyai risiko lebih besar untuk terkena pinguekula. Namun, pinguekula dapat dicegah dengan memakai kacamata hitam ketika berada di luar ruangan. Kacamata hitam yang digunakan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menghalangi sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) matahari. Kacamata hitam juga membantu melindungi mata dari angin dan elemen lainnya, seperti pasir. Mata dapat dijaga tetap lembap dengan air mata buatan untuk membantu mencegah pinguekula. Selain itu, kacamata pelindung juga sebaiknya dikenakan saat bekerja di lingkungan yang kering dan berdebu.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Dokter mata Anda seharusnya dapat mendiagnosis kondisi ini berdasarkan bentuk dan lokasi pinguekula.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkonsultasi dengan Dokter?

Yang dapat disiapkan oleh Anda adalah merinci gejala-gejala apa saja yang sudah dialami dan sudah seberapa lama gejala itu muncul, membuat daftar obat-obatan, vitamin atau suplemen yang dikonsumsi, dan membuat daftar permasalahan pada mata Anda, seperti perubahan penglihatan atau ketidaknyamanan pada mata.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/pinguecula
Diakses pada 9 November 2018

Kellogg Eye Center Michigan Medicine. https://www.umkelloggeye.org/conditions-treatments/pinguecula
Diakses pada 9 November 2018

MSD Manual.  https://www.msdmanuals.com/professional/eye-disorders/conjunctival-and-scleral-disorders/pinguecula-and-pterygium#v34424997
Diakses pada 9 November 2018

Back to Top