Kulit & Kelamin

Penis Mengkerut

Diterbitkan: 30 Jun 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Penis Mengkerut
Penis mengkerut terjadi ketika ukuran kemaluan pria mengalami penyusutan. Mengecilnya penis seseorang bisa terjadi permanen sehingga ukurannya tidak bisa Kembali seperti semula. Namun, ada juga yang terjadi hanya sementara dan bisa diobati.Penyusutan penis sendiri bisa mencapai 2,5 cm karena aneka penyebab. Namun, umumnya penyusutan kuran dari ukuran tersebut. Kebanyakan, penyusutan tersebut hanya sekitar 1 cm saja.Meski terkesan menakutkan, namun para pria tak usah gundah jika mengalami kondisi ini. Faktanya, berkurangnya ukuran tidak lantas menurunkan performa saat melaklukan hubungan seks. Ukuran bukanlah faktor utama seorang pria bisa memuaskan pasangannya saat bersenggama. 
Penyebab penis mengkerut biasanya bukanlah hal yang membahayakan jiwa. Namun, kondisi ini tetap harus diperhatikan mengingat perubahan ukuran bisa saja membuat Anda tidak percaya diri.Beberapa kondisi yang mungkin membuat ukuran penis mengalami seperti mengalami penyusutan antara lain:
 
Penis mengkerut umumnya terkait usia, efek samping obat, atau gaya hidup seperti merokok dan obesitas. Kondisi tersebut pada umumnya jarang membutuhkan perawatan medis. Dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, penyusutan bisa diatasi.Namun jika penyusutan penis terjadi bersama munculnya nyeri atau masalah seksual maka sebaiknya berkonsultasi denganj dokter. Demikian juga jika penderita khawatir hal itu terkait dengan kanker.Jika penyusutan ukuran penis dibarengi dengan gejala penbis melengkung, sakit, dan bengkak, bisa saja hal itu menandakan hadirnya penyakit Peyronie. Konsultasikan dengan dokter ahli urolog. Mereka merupakan spesialis dalam kaitannya dengan masalah saluran kemih. 
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/penis-shrinkage
Diakses pada 30 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320883
Diakses pada 30 Juni 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/can-a-penis-get-smaller-permanently-2328511
Diakses pada 30 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email