Patent foramen ovale adalah kondisi di mana lubang pada jantung janin tidak menutup seperti yang seharusnya setelah dilahirkan. Saat di dalam kandungan, jantung janin memiliki lubang kecil pada dinding antara ruang jantung kanan dan kiri janin yang disebut foramen ovale. Dalam kondisi normal, lubang ini biasanya tertutup dengan sendirinya saat bayi lahir.

Ketika foramen ovale tidak menutup, hal ini disebut patent foramen ovale (PFO). Kondisi medis ini ditemukan pada 25% dari populasi normal. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap PFO karena tidak merasakan gejala.

Penderita patent foramen ovale tidak mengetahui bahwa mereka menderita penyakit ini. Pasalnya, PFO biasanya tidak menyebabkan gejala apapun.

Saat in masih belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan patent foramen ovale pada beberapa orang. Namun banyak yang berpendapat bahwa kondisi ini berhubungan dengan genetik.

Untuk mendiagnosa patent foramen ovale, dokter dapat melakukan salah satu atau lebih tes berikut:

  • Ekokardiogram

    Tes ini menunjukan anatomi, struktur dan fungsi jantung. Yang umum dilakukan adalah pemeriksaan ekokardiogram transtorakal. Dalam tes ini, gelombang suara diarahkan langsung ke jantung dari alat tertentu untuk memproduksi gambar video dari pergerakan jantung. Dokter akan menggunakan tes ini untuk mendiagnosis patent foramen ovale dan mendeteksi masalah jantung lain.
  • Ekokardiogram transesofageal 

    Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendapatkan gambar jantung dan aliran darah pada jantung yang lebih detail. Pada tes ini, transducer dipasangkan pada ujung pipa yang dimasukan ke dalam mulut menuju ke kerongkongan (esophagus). Umumnya orang dengan kondisi PFO tidak membutuhkan pengobatan. Dalam keadaan tertentu, dokter akan merekomendasikan operasi untuk menutup patent foramen ovale.

Prosedur untuk menutup patent foramen ovale dapat direkomendasikan untuk mengatasi beberapa kondisi seperti mengobati hipoksemia, yang sering dikaitkan dengan kondisi ini. Sementara itu, operasi menutup patent foramen ovale untuk mencegah migrain tidak direkomendasikan.

Kondisi PFO dapat diatasi dengan menutup lubang pada jantung. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan cara operasi. Ada dua jenis operasi jantung yang biasa dilakukan. Cara tersebut adalah:

  • Penutupan dengan alat

    Menggunakan kateterisasi jantung, dokter akan memasukan alat yang dipasangkan pada patent foramen ovale untuk menutupnya.
  • Operasi tanpa pemasangan alat.

    Operasi dapat menutup patent foramen ovale dengan membuka jantung dan menjahit katup yang terbuka. Prosedur ini dapat dilakukan dengan Teknik sayatan kecil atau dengan teknik robotik.

Umumnya, patent foramen ovale tidak menyebabkan komplikasi. Namun penelitian menemukan bahwa kelainan ini sering ditemukan pada orang yang mengalami kondisi tertentu seperti migrain dan stroke yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Meskipun demikian, pada kebanyakan kasus, stroke dan migrain tersebut dipicu oleh faktor lain dan kebetulan saja penderitanya memiliki kondisi PFO.

Dalam kasus lainnya, penggumpalan darah di jantung dapat bergerak menuju ke otak melalui patent foramen ovale, dan menyebabkan penyumbatan yang berakibat stroke.

Namun apakah PFO dapat menyebabkan stroke atau migrain? Hal masih kontroversial dan sedang diteliti lebih lanjut. Dalam kasus yang langka, PFO dapat menyebabkan level oksigen dalam darah menurun (hipoksemia). Selain itu, kondisi ini juga dapat disertai dengan kecacatan jantung yang lain.

Karena penyebabnya masih belum bisa diketahui secara pasti, pencegahannya pun menjadi sulit. Sampai saat ini belum ditemukan cara pencegahan terjadinya patent foramen ovale.

Kondisi PFO tidak memiliki gejala yang jelas. Oleh karena itu bisa saja Anda sebenarnya memiliki kondisi ini tetapi tidak merasakan apa-apa. Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mengalaminya atau tidak adalah dengan berkonsultasi dan meminta pemeriksaan oleh dokter. 

Jika Anda memiliki kondisi seperti ini, ada baiknya mempersiapkan beberapa pertanyaan untuk ditanyakn kepada doktor. Beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan adalah:

  • Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?
  • Seberapa parah kondisi ini?
  • Pengobatan apa yang tersedia dan apa yang dokter rekomendasikan?
  • Apa risiko dari prosedur penutupan patent foramen ovale?
  • Apakah ada aktivitas yang harus dihindari?
  • Apakah kondisi ini dapat menurun kepada anak?

Dokter akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah Anda merasakan sakit pada dada atau kepala?
  • Apakah ada perubahan tertentu pada saat Anda menghirup napas dalam-dalam?
  • Apakah batuk atau bersin memperburuk rasa sakit Anda?
  • Apakah rasa sakit mengganggu siklus tidur atau profesi Anda?

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/patent-foramen-ovale/symptoms-causes/syc-20353487
Diakses pada 29 April 2019.

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17326-patent-foramen-ovale-pfo
Diakses pada 29 April 2019.

American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/congenital-heart-defects/about-congenital-heart-defects/patent-foramen-ovale-pfo
Diakses pada 29 April 2019.

Artikel Terkait