Mata

Pandangan Kabur

10 May 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Pandangan Kabur
andangan mata kabur atau berbayang dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata
Pandangan kabur terjadi ketika ketajaman penglihatan menurun sehingga membuat objek penglihatan terlihat tidak fokus dan buram. Hal ini dapat terjadi karena ada salah satu komponen mata, seperti kornea, retina, atau saraf optik yang bermasalah.Pandangan mata kabur atau berbayang dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata, tergantung penyebabnya. Waktu terjadinya dapat datang secara tiba-tiba karena suatu peristiwa atau muncul perlahan sebagai komplikasi dari kondisi medis yang diderita sedari lama.Penyebab pandangan mata yang kabur dapat sangat beragam. Terkadang, pandangan yang buram ini juga muncul dengan gejala lainnya seperti sakit kepala, sensitif terhadap cahaya, atau iritasi pada mata. Untuk mengatasi pandangan mata yang buram, diagnosis yang tepat dari dokter diperlukan terlebih dahulu agar dapat menentukan penyebabnya.
Pandangan mata kabur, buram atau berbayang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Berikut 25 penyebab pandangan kabur pada mata:

1. Miopi (rabun jauh)

Jika perlu menyipitkan mata agar bisa melihat sesuatu yang jaranya jauh dengan jelas, kemungkinan Anda mengidap rabun jauh atau myopia. Rabun jauh terjadi akibat kelainan pada struktur mata. Sehingga, cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus dengan benar dan mengakibatkan pandangan yang kabur.

2. Hipermetropi (rabun dekat)

Rabun dekat merupakan gangguan penglihatan yang membuat penderitanya dapat melihat objek yang jaraknya jauh dengan jelas, tetapi objek yang jaraknya dekat malah terlihat buram.

3. Astigmatisme

Astigmatisme atau sering juga disebut mata silinder adalah kelainan penglihatan yang mengakibatkan mata tidak bisa memfokuskan cahaya secara merata. Akibatnya, pandangan mata dapat menjadi kabur.

4. Presbiopi (rabun tua)

Presbiopi biasanya terjadi pada seseorang yang berusia di atas 40 tahun. Penderitanya dapat merasakan penglihatan yang kabur atau berbayang saat mencoba untuk membaca tulisan.

5. Sindrom mata kering

Mata kering dapat memengaruhi kondisi mata sedemikian rupa, termasuk menyebabkan pandangan kabur.

6. Migrain kepala dan migrain okular (mata)

Salah satu gejala migrain kepala mau pun okular adalah penglihatan yang kabur. Umumnya gejala ini tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

7. Floaters mata

Floaters adalah bayangan berupa bintik-bintik kecil yang melayang pada bidang penglihatan. Bintik-bintik tersebut dapat mengakibatkan pandangan berbayang pada penglihatan penderitanya.

8. Ablasi retina

Ablasi retina adalah kondisi retina mata yang terlepas dari jaringan di sekitarnya. Ketika hal itu terjadi, seseorang yang mengalaminya akan melihat kilatan cahaya dan bintik hitam, diikuti oleh area penglihatan kabur atau hilang.

9. Degenerasi macular basah (wet macular degeneration)

Makula adalah pusat retina mata. Wet macular degeneration dapat terjadi akibat pertumbuhan pembuluh darah yang baru dan abnormal di bawah retina. Salah satu gejala penyakit ini adalah penglihatan yang kabur atau buram.

10. Glaukoma Sudut Tertutup Akut

Glaukoma sudut tertutup akut adalah salah satu jenis glaukoma yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa muncul saat tekanan di bola mata menjadi terlalu tinggi dan menyebabkan berbagai gejala, termasuk pandangan kabur.

11. Mata lelah (eye strain)

Saat dipakai untuk menatap sesuatu dalam waktu lama, mata akan mengalami eye strain atau mata lelah. Kondisi ini dapat menghasilkan pandangan yang kabur dan tidak fokus.

12. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan atau infeksi pada konjungtiva, yakni membran transparan yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan bagian putih bola mata. Salah satu gejalanya berupa mata merah yang menyebabkan pandangan buram.

13. Abrasi kornea

Abrasi kornea merupakan sebuah luka goresan pada lapisan jernih terluar mata yang disebut kornea. Kornea dapat tergores akibat kontak dengan benda asing. Kondisi ini berisiko membuat pandangan mata kabur.

14. Keratitis

Keratitis mata adalah suatu peradangan yang terjadi pada kornea. Gejala yang dialami penderita keratitis antara lain adalah penglihatan kabur.

15. Hifema

Hifema adalah terkumpulnya darah di ruang antara kornea dan iris. Kumpulan darah tersebut dapat menghalangi sebagian atau seluruh penglihatan penderitanya.

16. Iritis

Iritis adalah peradangan pada iris yang ditandai dengan pandangan kabur atau berbayang.

17. Uveitis

Uveitis adalah penyakit radang mata yang mengenai lapisan tengah jaringan pada dinding mata (uvea). Salah satu gejala penyakit ini adalah penglihatan yang kabur.

18. Neuritis optik

Neuritis optik adalah kondisi peradangan pada saraf mata (saraf optik), yang dapat terjadi secara tiba-tiba akibat infeksi, penyakit autoimun, maupun gangguan saraf tertentu.

19. Stroke

Penglihatan kabur di kedua mata dapat terjadi saat Anda mengalami stroke. Kondisi ini memengaruhi bagian otak yang mengontrol penglihatan.

20. Transient ischaemic attack(TIA)

TIA atau stroke ringan adalah serangan stroke yang terjadi dengan durasi singkat. Salah satu gejalanya bisa berupa penglihatan kabur di salah satu atau kedua mata.

21. Giant Cell Arteritis (temporal arteritis)

Giant cell arteritis adalah inflamasi pada lapisan pembuluh darah arteri, terutama arteri di pelipis. Kondisi ini dapat menyebabkan pandangan yang kabur pada mata.

22. Kehamilan

Penglihatan berbayang sering terjadi selama kehamilan yang terkadang disertai dengan penglihatan ganda (diplopia). Perubahan hormonal dapat mengubah bentuk dan ketebalan kornea Anda sehingga menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Selain itu, mata kering juga sering menimpa wanita hamil dan bisa menyebabkan pandangan kabur pada mata.

23. Komplikasi setelah operasi refraksi mata

Sesaat setelah selesai menjalani operasi mata, misalnya LASIK, penglihatan Anda dapat terlihat kabur atau berbayang. Biasanya, penglihatan akan membaik dan kembali terfokus dalam beberapa hari. Namun mungkin perlu lebih banyak waktu untuk memulihkan penglihatan.

24. Efek samping obat-obatan

Beberapa obat tetes mata, khususnya yang mengandung pengawet, dapat menyebabkan iritasi dan mata kabur. Selain itu, obat minum seperti obat-obatan alergi juga dapat memberikan efek samping yang sejenis.

25. Penggunaan softlens yang terlalu lama

Mengenakan lensa kontak yang lebih lama dari seharusnya akan menyebabkan protein dan kotoran lainnya di lapisan air mata menjadi menumpuk di lensa. Akibatnya, penglihatan akan terlihat kabur.
Mata kabur akibat kondisi ringan dan bersifat sementara, umumnya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun beberapa kasus memerlukan pengobatan dan alat bantu seperti kacamata. Penanganan lainnya akan bergantung pada penyebab yang mendasarinya.Pada beberapa penyebab pandangan kabur yang lebih serius, seperti lepasnya retina, Anda harus segera mendapatkan penanganan dokter. Sebab jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat mengakibatkan kebutaan.Selain itu, perhatikan apabila penglihatan kabur disertai dengan gejala-gejala berupa:
  • Sakit kepala yang parah
  • Kesulitan berbicara
  • Kehilangan kendali otot di satu sisi tubuh
  • Kulit wajah yang seakan turun
Berbagai gejala di atas menandakan serangan stroke yang membutuhkan penanganan darurat medis.  
Healthline. https://www.healthline.com/health/hazy-vision#when-to-see-a-doctor
Diakses pada 29 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/sudden-blurred-vision
Diakses pada 29 Januari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/why-is-my-vision-blurry#1
Diakses pada 29 Januari 2021
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/blurry-vision.htm
Diakses pada 29 Januari 2021
Medicinenet. https://www.medicinenet.com/blurred_vision/symptoms.htm
Diakses pada 29 Januari 2021
Healthdirect. https://www.healthdirect.gov.au/blurred-vision
Diakses pada 29 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email