Kepala

Muka Merah dan Panas

16 Feb 2022 | Lucia PriandariniDitinjau oleh dr. Anandika Pawitri
image Muka Merah dan Panas
Muka memerah dapat dipicu kondisi psikologis
Muka merah dan panas adalah tanda seseorang sedang malu, cemas, atau kepanasan. Penyebab muka merah dan panas adalah meningkatnya aliran darah ke wajah sehingga pembuluh darah melebar. Ini yang membuat wajah tampak merah.Muka merah umumnya paling terlihat pada area pipi di mana pembuluh darah paling dekat dengan permukaan kulit. Saat terjadi peningkatan aliran darah, muka juga bisa merasa hangat atau panas ketika disentuh.Muka merah dan panas umumnya tidak berbahaya dan hanya sementara. Namun, pasien perlu memeriksakan diri ke dokter jika kondisi ini sering terjadi atau disertai gejala lain. Ada kalanya kondisi ini menjadi tanda adanya kondisi medis lain.
Penyebab muka merah dan panas adalah meningkatnya aliran darah ke wajah sehingga pembuluh darah melebar. Namun secara spesifik, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan muka jadi memerah.Berikut ini adalah beberapa penyebab muka merah dan terasa panas, yaitu:Penyebab umum:
Muka merah dan panas biasanya hanya bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, muka merah dan panas yang terus-menerus terjadi atau disertai dengan gejala lain memerlukan penanganan medis.Beberapa pilihan perawatan untuk mengatasi muka merah dan panas di antaranya adalah:

1. Obat-obatan

  • Beta-blocker, adalah obat yang dapat membantu mengelola beberapa gejala kecemasan, seperti wajah memerah dan jantung berdebar.
  • Clonidine dapat digunakan untuk mengobati wajah memerah yang tidak terkendali. Obat ini bekerja dengan mengubah respons tubuh terhadap bahan kimia alami, seperti noradrenalin, yang mengontrol pelebaran dan penyempitan pembuluh darah.
  • Suntikan botox ke kulit wajah dapat melumpuhkan saraf di kulit yang menyebabkan rona merah. Efeknya bisa bertahan hingga enam bulan.

2. Perawatan laser

Perawatan laser dapat membantu mengatasi wajah yang memerah. Secara khusus, laser vaskuler dapat mengecilkan pembuluh darah melebar yang berkontribusi pada memerahnya kulit muka.  

3. Operasi

Pada kasus muka merah yang parah dan pengobatan lain tidak membuahkan hasil, operasi simpatektomi toraks endoskopik (ETS) dapat direkomendasikan. Operasi ini melibatkan pemotongan saraf simpatik yang dapat menghentikan memerahnya wajah. ETS merupakan pilihan perawatan muka merah yang efektif. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 90% pasien yang menjalani ETS mengalami efek yang memuaskan perihal muka merah yang mereka alami.

4. Terapi psikologi

Wajah memerah sering kali disebabkan oleh faktor emosional, seperti malu, gugup, atau marah. Hal ini umum terjadi pada orang yang memiliki fobia sosial. Dalam kebanyakan kasus, gangguan ini merespon dengan baik terhadap pengobatan seperti terapi perilaku kognitif (CBT), teknik pernapasan dan terapi untuk menghadapi ketakutan (dengan bimbingan seorang profesional).
Umumnya cara mengatasi muka merah dan panas adalah menghindari pemicunya, seperti paparan sinar matahari atau cuaca panas. Akan tetapi, muka merah dan terasa panas adalah gejala kondisi medis tertentu yang perlu penanganan dokter.Konsultasikan diri/pasien ke dokter jika:
  • Muka merah dan panas tidak segera reda dalam beberapa minggu
  • Terlalu sering terjadi
  • Muka memerah tanpa sebab 
  • Disertai gejala diare
  • Wajah dipenuhi jerawat
Dan segera bawa ke UGD jika kerabat Anda mengalami muka merah dan panas disertai gejala serius seperti:
  • Gatal-gatal
  • Mengi
  • Mulut bengkak
  • Pusing
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323219
Diakses pada 1 Februari 2022
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-blushing-flushing
Diakses pada 1 Februari 2022
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/rosy-cheeks
Diakses pada 1 Februari 2022
The Annals of Thoracic Surgery. https://www.researchgate.net/publication/7148504_Thoracoscopic_Sympathectomy_for_Isolated_Facial_Blushing#
Diakses pada 1 Februari 2022
Betterhealth. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/blushing-and-flushing
Diakses pada 1 Februari 2022
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email