Mata juling ditandai tidak sejajarnya kedua mata dan dapat disebabkan kondisi medis seperti stroke
Kedua mata yang tidak sejajar adalah tanda mata juling.

Mata juling atau strabismus adalah kondisi ketika mata seseorang tidak sejajar dan tidak melihat ke arah yang sama saat memandang ke sebuah objek. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak-anak, meski dapat juga terjadi pada orang dewasa. Pada orang dewasa, mata juling dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis, seperti cerebral palsy atau stroke.

Gejala-gejala yang umumnya terjadi pada kondisi mata juling antara lain penglihatan terganggu, penglihatan ganda, penurunan persepsi kedalaman, dan terjadi ketegangan mata atau sakit kepala.

Mata juling terjadi karena adanya kerusakan saraf atau ketika otot di sekitar mata tidak berfungsi akibat adanya otot yang lebih lemah dari yang lain. Ketika otak menerima pesan visual yang berbeda dari masing-masing mata, ia mengabaikan sinyal yang berasal dari mata Anda yang lebih lemah. Jika kondisi ini tidak diobati, Anda mungkin akan mengalami kehilangan penglihatan pada mata yang lebih lemah.

Mata juling biasanya terjadi pada anak-anak, tetapi dapat juga terjadi pada orang dewasa. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan fisik, seperti cedera mata, cerebral palsy, atau stroke. Anda juga mungkin dapat mengalami mata juling jika memiliki kondisi mata malas atau rabun.

Untuk menghindari hilangnya penglihatan, diagnosis dan pengobatan awal untuk mata juling merupakan hal yang penting. Dokter mata akan melakukan serangkaian pemeriksaan mata untuk mengecek kesehatan mata Anda yang meliputi corneal light reflex test, tes ketajaman penglihatan, cover/uncover test, dan pemeriksaan retina mata. Jika Anda memiliki gejala fisik lainnya bersama dengan mata juling, dokter mungkin akan memeriksa otak dan sistem saraf Anda.

Cara mengobati mata juling antara lain adalah dengan menggunakan kacamata, olahraga mata khusus untuk melatih otot-otot yang mengontrol pergerakan bola mata. Selain itu, ada prosedur operasi untuk menggerakkan otot mata yang mengontrol pergerakan bola mata agar kondisi mata dapat sejajar, dan suntikan pada otot mata agar dapat membantu mata menjadi sejajar. Pengobatan untuk mata juling adalah hal yang penting karena kondisi ini dapat memicu masalah lainnya jika tidak diobati, seperti penglihatan menjadi kabur dan terjadi penglihatan ganda secara terus menerus, mata malas, hingga timbul perasaan malu atau rendah diri.

Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter mata jika Anda atau anak Anda mengalami kondisi-kondisi berikut ini:

1. Mata juling setiap saat

2. Anak berusia lebih dari tiga bulan dan memiliki mata juling yang tidak terjadi setiap saat

3. Anak menunjukkan gejala mata juling

4. Mata juling atau penglihatan ganda yang berkembang di kemudian hari

Healthline. https://www.healthline.com/symptom/crossed-eyes
diakses pada 6 November 2018.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/squint/#
diakses pada 6 November 2018.

Artikel Terkait