Mata Ikan

Ditulis oleh Lenny Tan
Ditinjau dr. Reni Utari
Mata ikan merupakan respons tubuh terhadap tekanan atau gesekan pada kulit
Mata ikan serupa dengan kapalan, namun biasanya lebih keras, lebih kecil, dan lebih menyakitkan.

Pengertian Mata Ikan

Mata ikan atau klavus atau corn adalah daerah kulit yang menebal dan keras akibat respons tubuh terhadap tekanan atau gesekan kulit yang terjadi berulang-ulang. Mata ikan dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mirip dengan kapalan atau kalus, namun biasanya mata ikan lebih keras, lebih kecil, dan lebih menyakitkan. Penyakit ini biasanya terjadi pada kaki.

Mata ikan tidak berbahaya dan empat kali lebih sering dialami oleh wanita ketimbang pria. Hal ini terjadi karena wanita terkadang menggunakan sepatu hak tinggi yang menyebabkan tekanan pada ibu jari kaki.

Area tubuh yang rentan mengalami mata ikan adalah daerah tulang pada kaki yang tergesek oleh sepatu, di antaranya adalah:

  • Telapak kaki
  • Bagian kelingking kaki

Walaupun kaki merupakan daerah yang rentan menderita mata ikan, namun mata ikan juga dapat muncul di tangan, jari atau di tempat lain yang sering tergesek atau tertekan.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Gejala mata ikan mirip dengan kapalan. Gejala-gejala yang ditimbulkan adalah:

  • Bercak tebal dan keras pada kulit
  • Benjolan di kulit
  • Area kulit yang kering dan bersisik
  • Rasa tidak nyaman atau sakit di area yang terkena

Perlu dibedakan antara mata ikan dan kapalan. Mata ikan lebih kecil dari kapalan dan terdapat bagian tengah yang keras dikelilingi oleh kulit yang meradang. Mata ikan juga biasanya terjadi pada kaki yang tidak menahan beban, misalnya di ibu jari bagian atas atau samping, bahkan di antara jari kaki. Rasa nyeri juga lebih terasa pada mata ikan.

Kapan jarang sekali menimbulkan nyeri. Selain itu, ukuran dan bentuk kapalan bervariasi dan lebih bisar dari mata ikan.

Beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya mata ikan adalah:

  • Bunion
    Benjolan tulang abnormal yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki.
  • Hammertoe
    Kelainan bentuk dimana jari kaki agak menekuk seperti cakar.
  • Kelainan anatomi kakiBeberapa kondisi seperti bone spur atau pertumbuhan tulang berlebih dapat mengakibatkan pergesekan terus menerus pada kaki

Penyebab

Klavus adalah lingkaran kecil kulit tebal yang biasanya berkembang di puncak dan sisi jari kaki atau di telapak kaki. Klavus sering disebabkan oleh:

  • Memakai sepatu yang tidak pas. Sepatu yang terlalu longgar dapat membuat kulit kaki bergesekan dan tergelincir.
  • Tidak memakai kaos kaki. Menggunakan sandal atau sepatu tanpa kaos kaki atau kaos kaki dengan ukuran yang salah dapat menyebabkan gesekan di kulit kaki.
  • Desain sepatu tertentu yang memberikan tekanan berlebihan pada area kaki. Misalnya sepatu hak tinggi yang dapat menekan jari-jari kaki.

Mata ikan terjadi karena hiperkeratosis atau penebalan kulit. Penebalan ini terjadi sebagai mekanisme pertahanan alami yang memperkuat kulit di area yang terkena gesekan atau tekanan yang berlebihan.

Diagnosis

Tidak diperlukan pemeriksaan khusus untuk mendiagnosis mata ikan. Dokter hanya perlu melakukan pengamatan fisik mata ikan dan kulit di sekitarnya. Mata ikan biasanya bulat dan berada di sisi dan bagian atas kaki. Perbedaan utama mata ikan dan kapalan adalah kapalan tidak menyakitkan jika disentuh, sedangkan mata ikan akan terasa menyakitkan ketika disentuh karena peradangan kulit.

Pengobatan

Pengobatan mata ikan dapat berupa terapi krim/salep yang mengandung asal salisilat, atau jika sangat mengganggu dan nyeri, mata ikan dapat diangkat melalui prosedur bedah kecil dengan bius lokal (bius hanya di sekitar tempat operasi). Dokter dapat merekomendasikan antibiotik jika ditemukan gejala infeksi.

Pencegahan

Untuk memastikan mata ikan tidak berkembang dan kembali setelah melakukan perawatan, Anda harus memastikan untuk menghindari kondisi yang menyebabkannya. Berikut beberapa cara yang dapat membantu Anda menjaga kaki Anda:

  • Mengenakan sepatu dan kaus kaki dengan ukuran yang sesuai dan benar
  • Memotong kuku kaki
  • Menggunakan bantalan sepatu atau sol empuk untuk melindungi kaki dari tekanan dan gesekan
  • Menjaga kebersihan kaki
  • Menggunakan krim pelembab secara teratur untuk mencegah kulit kaki kering

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Jika Anda memiliki mata ikan yang sangat menyakitkan atau jika Anda menderita diabetes, kulit yang rapuh, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengobati mata ikan Anda. Cari bantuan medis jika mata ikan yang Anda alami menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti:

  • Rasa sakit yang memburuk
  • Pembengkakan
  • Kemerahan
Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-corns
diakses pada 29 November 2018.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/corns-and-calluses/symptoms-causes/syc-20355946
diakses pada 29 November 2018.

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=8657
diakses pada 29 November 2018.

Medline Plus. https://medlineplus.gov/cornsandcalluses.html
diakses pada 29 November 2018.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/corns-and-calluses/
diakses pada 29 November 2018.

Back to Top