Gigi & Mulut

Lidah kuning

Diterbitkan: 11 Apr 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Lidah kuning
Lidah kuning dapat menjadi gejala dari suatu penyakit serius
Lidah kuning adalah suatu kondisi ketika lidah mengalami perubahan warna menjadi kuning. Biasanya warna kuning tersebut adalah pigmen berwarna yang dihasilkan bakteri yang tumbuh dari tumpukan sel kulit mati pada papila.Papila adalah tonjolan kecil yang terdapat di permukaan lidah. Apabila papila membesar atau memiliki ukuran yang lebih panjang dari seharusnya, sel mati, sisa makanan dan zat lain dapat terperangkap di antaranya. Akibatnya, bakteri dapat tumbuh di area tersebut dan menyebabkan berbagai kondisi, termasuk lidah kuning.Biasanya perubahan warna pada lidah tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan berbahaya serta dapat diatasi dengan perawatan gigi dan mulut yang tepat. Namun pada beberapa kasus, lidah kuning dapat menjadi gejala dari suatu penyakit serius seperti gangguan hati atau kandung empedu.Mengetahui penyebab lidah kuning adalah langkah utama untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.
Sejumlah kondisi berikut ini dapat menyebabkan lidah kuning:

1. Lidah berbulu

Lidah berbulu adalah suatu kondisi ketika lidah memiliki lapisan abnormal yang tampak seperti bulu. Biasanya “bulu-bulu” tersebut membuat lidah terlihat menguning  sebelum akhirnya berubah menjadi kehitaman.

2. Kebersihan gigi dan mulut yang buruk

Apabila Anda tidak menyikat gigi dengan benar, sel kulit dan bakteri dapat menumpuk di papila lidah. Akibatnya, bakteri dapat tumbuh dan melepaskan pigmen yang bisa membuat lidah menguning. Makanan, tembakau, dan zat lain yang tidak dibersihkan juga bisa terperangkap di lidah serta mengubahnya menjadi kuning.

3. Mulut kering

Xerostomia atau mulut kering adalah kondisi yang terjadi ketika mulut menjadi kering akibat kekurangan air liur di rongga mulut. Air liur berfungsi untuk membersihkan bakteri dari mulut. Kekurangan air liur dapat menyebabkan bakteri tumbuh di mulut dan mengeluarkan pigmen berwarna kuning di lidah.

4. Kebiasaan bernafas dengan mulut

Kebiasaan menghirup dan mengeluarkan napas melalui mulut saat tidur dapat menyebabkan mulut kering yang memicu lidah putih kekuningan.

5. Lidah geografik

Kondisi ini terjadi ketika papila di lidah menghilang akibat peradangan. Kondisi ini disebut lidah geografik karena area papila yang hilang akan membentuk bercak seperti pulau-pulau. Bercak ini sering kali berwarna merah, tetapi bisa juga berwarna kekuningan.

6. Penyakit kuning (jaundice)

Jaundice adalah kondisi kulit dan bagian putih mata yang berubah menjadi warna kuning. Karenanya, sering juga kondisi ini disebut penyakit kuning. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar bilirubin, yakni pigmen kuning yang terbuat dari pemecahan sel darah merah di dalam sel hati. Peningkatan ini dipicu oleh kerusakan organ hati yang membuatnya tidak dapat memproses produk limbah bilirubin dengan benar.

7. Obat-obatan tertentu

Beberapa obat dapat menimbulkan efek berupa lidah kuning, di antaranya adalah:
  • Obat pengencer darah, misalnya warfarin atau heparin
  • Antibiotik seperti minoksiklin
  • Lansoprazole
  • Chlorhexidine (ditemukan di beberapa larutan kumur disinfektan)
  • Garam besi
  • Bismuth subsalicylate (obat untuk masalah pencernaan)
  • Obat kanker dan terapi radiasi
  • Obat antipsikotik

8. Paparan asap rokok

Bahan kimia dalam asap tembakau bisa membuat warna lidah menguning.

9. Kandidiasis oral (oral thrush)

Beberapa kondisi autoimun dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang memungkinkan bakteri tumbuh di lidah dalam jumlah berlebih.

10. Gangguan lambung

Kondisi yang menyebabkan peradangan pada lapisan lambung diketahui menyebabkan lapisan lidah menjadi kuning. Penyakit yang menyerang lambung seperti gastritis yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori sering kali menimbulkan gejala berupa lapisan lidah yang kuning.

11. Zat-zat tertentu

Sejumlah zat berikut ini diketahui dapat menyebabkan lidah berubah warna menjadi kuning:

12. Pewarna makanan yang menempel di lidah

Banyak makanan mengandung pewarna yang dapat membuat lidah menjadi kuning. Biasanya kondisi ini hanya bersifat sementara dan dapat dibersihkan dengan mudah.
Lidah kuning biasanya tidak membutuhkan penanganan medis khusus. Hal ini dapat diatasi dengan menggosok lidah secara perlahan dengan air serta dapat dibantu menggunakan produk yang mengandung hidrogen peroksida.Sebagai langkah jangka panjang, kesehatan gigi dan mulut harus dijaga dengan benar. Selain itu, menghentikan kebiasaan seperti merokok maupun bernapas dengan mulut juga direkomendasikan.Akan tetapi, segera hubungi dokter apabila lidah kuning tidak juga hilang dalam jangka waktu dua minggu, terutama jika disertai dengan gejala infeksi atau kerusakan hati, seperti:
  • Sakit perut
  • Darah di tinja
  • Muntah
  • Demam
  • Mudah memar dan berdarah
NCH. https://www.nchmd.org/education/mayo-health-library/details/SYM-20050595
Diakses pada 9 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320022#who-is-at-risk-of-yellow-tongue
Diakses pada 9 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/yellow-tongue#call-a-doctor
Diakses pada 9 Maret 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/yellow-tongue/basics/causes/sym-20050595#
Diakses pada 9 Maret 2021
My Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21072-yellow-tongue
Diakses pada 9 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email