Gigi & Mulut

Lidah Gatal

07 Mar 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Lidah Gatal
Meski sangat jarang terjadi, lidah gatal akibat alergi dapat berkembang menjadi anafilaksis
Lidah gatal adalah suatu sensasi yang muncul sebagai gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Gatal di area lidah sering terjadi bersamaan di tenggorokan dan bagian mulut lainnya. Rasa gatal yang muncul dapat berbeda pada tiap individu, mulai dari yang terasa ringan hingga dapat mengancam jiwa.Umumnya, rasa gatal pada lidah muncul ketika tubuh mengeluarkan reaksi alergi atau mengalami infeksi. Pemicu alergi pada mulut bisa beragam, misalnya makanan, serbuk sari, lateks, obat-obatan, atau zat pemicu alergi (alergen) lainnya.Lidah yang gatal karena infeksi jamur atau virus umumnya membutuhkan pengobatan dari dokter. Sementara itu, sebagian kasus lidah gatal akibat alergi biasanya akan hilang dengan sendirinya apabila paparan alergen telah dihentikan. Beberapa orang mungkin harus mengonsumsi obat antialergi untuk menghentikan gejala ini. Meski sangat jarang terjadi, lidah gatal akibat alergi dapat berkembang menjadi anafilaksis, yaitu suatu kondisi yang membutuhkan pertolongan darurat. Oleh karena itu, selalu waspada apabila Anda mengalami lidah yang gatal. Mengetahui penyebabnya adalah langkah awal untuk mendapatkan penanganan lidah gatal yang tepat.
                                   
Beberapa kondisi berikut ini, merupakan penyebab lidah gatal:
  • Alergi
Alergi adalah bentuk respons sistem imun terhadap benda asing yang dianggap berbahaya oleh tubuh. Bentuk alergi terdiri dari banyak macam, tergantung zat pemicunya. Misalnya, rhinitis alergi yang disebabkan alergen berupa serbuk bunga, tungau, kutu kucing atau anjing dan bulu binatang.Lidah gatal akibat alergi juga dapat disebabkan karena jenis makanan tertentu seperti kiwi, apel, pir, melon atau seledri. Alergi tipe ini disebut sindrom alergi oral. Biasanya, sindrom alergi oral menyerang seseorang yang sebelumnya telah mengidap rhinitis alergi. Sebab, beberapa makanan mengandung jenis protein tertentu yang sangat mirip dengan protein pada serbuk sari.Jika protein tersebut masuk ke mulut, tubuh akan mengidentifikasi zat tersebut sebagai alergi dan rasa gatal di lidah muncul sebagai upaya pertahanan tubuh melawan zat tersebut.
  • Mulut kering (xerostomia)
Mulut kering terjadi akibat berkurangnya produksi air liur di rongga mulut. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai masalah di mulut termasuk lidah kering, nyeri, dan gatal.
  • Kandidiasis oral (oral thrush)
Oral thrush adalah infeksi jamur Candida albicans yang terjadi di dalam mulut. Kandidiasis oral lebih sering terjadi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau belum terbentuk sempurna seperti pada bayi dan balita. Salah satu gejala dari kondisi ini adalah lidah yang gatal.
  • Canker sore
Canker sore adalah salah satu jenis sariawan. Luka yang ditimbulkan oleh sariawan di lidah dapat memicu rasa gatal.
  • Infeksi virus
Ketika infeksi virus yang menyerang mulut, seperti herpes oral atau cacar air terjadi, sistem kekebalan tubuh akan mengirimkan sel-sel khusus untuk menangkap dan menghancurkan virus yang masuk ke dalam tubuh. Proses ini dapat menyebabkan lidah terasa gatal.
  • Cedera pada lidah
Cedera akibat gigitan atau benda yang tajam pada lidah dapat menimbulkan luka. Dalam proses penyembuhan luka, saraf-saraf yang ada di lidah akan merespons bahan kimia yang dinamakan histamin. Salah satu fungsi zat tersebut adalah untuk mendorong pertumbuhan sel baru yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Di sisi lain, histamin juga dapat menimbulkan efek berupa rasa gatal.
  • Perubahan hormon
Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, pubertas, menstruasi atau pun menopause dapat menyebabkan rasa gatal pada mulut termasuk di lidah. Pasalnya, hormon dapat memengaruhi respons tubuh terhadap toksin (racun) yang dihasilkan oleh penumpukan plak di mulut. Adanya perubahan pada hormon menjadikan tubuh lebih sensitif akan respons tersebut, sehingga rasa gatal dapat muncul di lidah.
Hubungi dokter apabila Anda mencurigai rasa gatal pada lidah muncul karena infeksi jamur atau virus. Biasanya, lidah gatal karena infeksi pada mulut disertai juga dengan gejala berupa:
  • Mulut kering
  • Luka menggumpal berwarna kekuningan
  • Perdarahan di mulut
  • Kulit pecah-pecah di bagian luar mulut
  • Demam
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri badan
Pertolongan gawat darurat dibutuhkan sesegera mungkin apabila lidah gatal terjadi karena anafilaksis atau syok anafilaksis. Kondisi ini muncul sebagai reaksi alergi yang parah.Gejala utama yang ditunjukkan meliputi:
  • Kesulitan bernapas (pola napas menjadi cepat dan lemah)
  • Kulit tangan dan kaki dingin serta berkeringat
  • Penurunan tingkat kesadaran
  • Ruam-ruam gatal dan bengkak pada kulit
  • Pembengkakan pada bibir atau lidah
  • Muntah, diare, kram perut
Tindale Dental. https://www.tindaledental.com.au/reasons-why-your-tongue-is-itchy/
Diakses pada 1 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-mouth
Diakses pada 1 Februari 2021
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325959#when-to-see-a-doctor
Diakses pada 1 Februari 2021
University of Utah. https://healthcare.utah.edu/the-scope/shows.php?shows=1_9ux5hpz3
Diakses pada 1 Februari 2021
BuoyHealth. https://www.buoyhealth.com/learn/itchy-mouth
Diakses pada 1 Februari 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/why-do-scabs-itch
Diakses pada 1 Februari 2021
Patientinfo. https://patient.info/news-and-features/itchy-roof-of-mouth-oral-allergy-syndrome
Diakses pada 1 Februari 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4655061/
Diakses pada 1 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email