Gigi & Mulut

Lidah Berwarna Putih

Diterbitkan: 14 Mar 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Lidah Berwarna Putih
Penyebab paling umum dari lidah berwarna putih adalah kebersihan mulut yang buruk
Lidah berwarna putih adalah tampilan yang terlihat apabila papila di lidah mengalami gangguan. Papila merupakan bagian dari permukaan lidah yang menonjol, berbentuk seperti bintil-bintil berambut.Gangguan yang terjadi pada papilla dapat disebabkan oleh benda asing, jamur, bakteri, sisa makanan atau sel mati yang bersarang di antara papilla. Hal ini dapat menyebabkan papila tumbuh berlebih, membesar, atau mengalami pembengkakan sehingga menghasilkan lapisan putih.Lidah yang terlihat putih dan bukannya merah muda, mungkin dapat mencemaskan. Apalagi apabila bayi Anda yang mengalaminya. Namun jangan terlalu khawatir, karena kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Lidah putih pada bayi pun merupakan hal yang normal. Seringnya penyebab lidah bayi putih adalah sisa endapan susu yang tertinggal di lidah.Meski begitu, pada kasus yang jarang terjadi, lidah yang berwarna putih juga dapat menandakan kondisi lebih serius seperti infeksi atau tahap awal kanker. Perhatikan apabila lidah mengalami gejala lain yang tidak kunjung hilang.Diagnosis dokter mungkin diperlukan pada kondisi tersebut untuk mengetahui penyebab lidah menjadi putih guna mendapatkan perawatan yang tepat.
Lapisan putih pada lidah dapat muncul karena berbagai hal. Berikut ini berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab lidah putih:

1. Kebersihan dan kesehatan mulut yang buruk

Penyebab paling umum dari lidah berwarna putih adalah kebersihan mulut yang tidak dirawat dengan baik. Hal ini dapat mengarah pada papilla yang membengkak dan meradang. Masalah kesehatan dan kebersihan pada mulut dapat muncul karena:
  • Mulut kering akibat bernapas melalui mulut atau tidur dengan mulut terbuka
  • Tidak menyikat atau membersihkan gigi dengan benar
  • Tidak membersihkan lidah
  • Kurang minum sehingga dehidrasi
  • Iritasi akibat gesekan benda tajam seperti gigi palsu atau kawat gigi
  • Mengonsumsi alkohol secara berlebihan
  • Merokok atau mengunyah tembakau
  • Pola makan rendah serat (makanan lembek dan encer)

2. Leukoplakia

Leukoplakia adalah kondisi ketika muncul bercak putih pada bagian mulut, termasuk lidah. Bercak putih di lidah, pipi dan gusi pada penderita leukoplakia tidak dapat dihilangkan. Kebanyakan leukoplakia bersifat non-kanker, tapi dalam beberapa kasus dapat menunjukkan gejala-gejala awal kanker mulut.

3. Kandidiasis oral (oral thrush)

Candidiasis oral atau oral thrush adalah infeksi jamur yang terjadi di dalam mulut. Kondisi ini dapat menyebabkan lidah terlihat putih. Oral thrush lebih sering terjadi pada orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah atau belum terbentuk sempurna seperti pada bayi dan balita. Terkadang, gejala oral thrush dapat berupa lidah putih dan asam.

4. Lichen planus

Lichen planus adalah suatu kondisi autoimun yang menyerang kulit, rambut, kuku serta selaput lendir, termasuk bagian mulut seperti lidah. Salah satu gejala lichen planus adalah munculnya bercak putih di lidah.

5. Sifilis (raja singa)

Sifilis adalah salah satu infeksi menular seksual yang dapat menyebabkan luka di mulut. Sebab, sifilis juga dapat ditularkan melalui hubungan seks melalui mulut (oral). Jika sifilis tidak diobati, bercak putih dapat terbentuk di lidah.

6. Glossitis

Glositis adalah suatu kondisi ketika papilla nampak menghilang akibat peradangan. Peradangan ini dapat menyebabkan lidah bengkak, terasa lunak, dan mengalami perubahan warna termasuk lidah berwarna putih.

7. Lidah geografik (geographic tongue)

Lidah geografik adalah keadaan peradangan pada permukaan lidah akibat papilla yang hilang. Sebagai gantinya, lidah akan ditumbuhi bercak kemerahan dengan permukaan datar serta tepi agak naik seperti ‘pulau’.

8. Sariawan

Sariawan adalah luka terbuka berukuran kecil di dalam mulut. Sariawan biasanya terjadi di dalam mulut seperti pipi bagian dalam, lidah, atau langit–langit mulut. 

9. Obat-obatan tertentu

obat-obatan seperti antibiotik dapat menyebabkan infeksi jamur di mulut. Kondisi ini berisiko memicu munculnya lapisan putih di lidah.

10. Kanker lidah dan mulut

Meskipun jarang, lidah berwarna putih dapat menjadi salah satu gejala kanker yang berkembang di lidah atau mulut. Biasanya pada kondisi ini, lidah putih tidak kunjung hilang serta diikuti dengan gejala lain seperti ada luka di lidah atau bagian mulut yang lain dan nyeri yang bertahan lama.
Sebagian besar kasus lidah berwarna putih dapat hilang dengan mudah. Misalnya pada bayi yang lidahnya putih akibat sisa endapan ASI, Anda dapat membersihkan lidahnya dengan segera dan lapisan putih tersebut akan hilang.Jika Anda mengalami lidah putih tanpa gejala lainnya, perawatan dokter mungkin belum diperlukan. Anda bisa lebih menjaga kebersihan mulut dengan rajin menggosok gigi, membersihkan lidah dan tidak merokok.Namun, hubungi dokter apabila gejala lidah putih tidak juga kunjung hilang dalam dua minggu, terlebih apabila disertai gejala seperti berikut ini:
  • Lidah sakit atau terasa seperti terbakar.
  • Terdapat luka terbuka di mulut.
  • Kesulitan mengunyah, menelan, atau berbicara.
  • Demam
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba
  • Muncul ruam di kulit
  • Tidak dapat merasakan makanan dan minuman
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/sore-or-white-tongue/
Diakses pada 29 Januari 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/white-tongue/basics/causes/sym-20050676#
Diakses pada 29 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/white-tongue#
Diakses pada 29 Januari 2021
MyClevelandclinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17654-white-tongue/possible-causes
Diakses pada 29 Januari 2021
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319814#when-to-see-a-doctor
Diakses pada 29 Januari 2021

Medicinenet. https://www.medicinenet.com/white_tongue/symptoms.htm
Diakses pada 29 Januari 2021
Seattle Childrens. https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/thrush/
Diakses pada 29 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email