Leptospirosis

Ditinjau dr. Miranda Rachellina
Gejala leptospirosis mirip dengan gejala flu dan meningitis, meliputi demam, sakit kepala, dan nyeri otot
Leptospirosis disebarkan oleh infeksi bakteri Leptospira dari urin anjing, tikus, dan hewan ternak

Pengertian Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Leptospira yang disebarkan dari urin (air seni) hewan terutama dari anjing, hewan pengerat (seperti tikus), dan hewan ternak. 

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Gejala-gejala yang dialami penderita leptospirosis antara lain adalah demam, sakit kepala, nyeri otot, jaundice (menguningnya kulit dan bagian putih mata), muntah, diare, dan ruam kulit. Beberapa gejala leptospirosis mirip dengan gejala penyakit lain seperti flu dan meningitis (radang selaput otak), jadi penting untuk diperiksa lebih lanjut.

Penyebab

Leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira. Anda dapat terinfeksi bakteri jika mata, mulut, hidung, atau luka yang terbuka pada kulit Anda bersentuhan dengan urin, darah, atau jaringan dari hewan yang membawa bakteri, air yang terkontaminasi dengan bakteri, dan tanah yang terkontaminasi dengan bakteri. Anda juga dapat mengidap leptospirosis jika Anda digigit oleh hewan yang terinfeksi bakteri tersebut.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis leptospirosis, dokter akan melihat riwayat kesehatan Anda. Informasikan kepada dokter jika Anda baru saja bepergian, baru saja melakukan olahraga air, telah bersentuhan dengan sumber air tawar, dan memiliki pekerjaan yang melibatkan bekerja dengan hewan atau produk hewani. Jika dokter mencurigai Anda terkena leptospirosis atau infeksi bakteri lainnya, dokter dapat menganjurkan Anda untuk menjalani pemeriksaan laboratorium darah dan tes urin. 

Pengobatan

Dokter mengobati leptospirosis dengan meresepkan obat antibiotik untuk mengobati infeksi. Antibiotik yang diberikan dokter sebaiknya dihabiskan walaupun gejala sudah berangsur-angsur membaik. Obat-obatan seperti parasetamol atau ibuprofen dapat diresepkan dokter untuk meredakan sakit, nyeri atau demam. Jika Anda memiliki infeksi yang lebih serius, Anda mungkin perlu untuk dirawat di rumah sakit. Leptospirosis perlu ditangani dengan baik oleh tenaga medis karena dapat menyebabkan komplikasi (penyulit) yang dapat mengancam nyawa seperti perdarahan paru dan kerusakan ginjal.

Pencegahan

Leptospirosis dapat dicegah dengan beberapa cara, antara lain dengan menghindari air yang terkontaminasi, menghindari hewan yang terinfeksi (terutama tikus liar), mewaspadai lingkungan sekitar terutama ketika Anda sedang bepergian, dan menggunakan disinfektan.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Segera temui dokter jika Anda baru saja terpapar urin hewan yang terinfeksi dan Anda memiliki suhu badan yang sangat tinggi atau merasa gemetaran, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, mata memerah, dan kehilangan nafsu makan.

 

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/weils-disease
Diakses pada 11 Desember 2018

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/leptospirosis/#
Diakses pada 12 Desember 2018

Back to Top