Kulit & Kelamin

Kulit Kepala Gatal

04 Aug 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kulit Kepala Gatal
Istilah medis untuk menggambarkan kondisi kulit kepala gatal adalah pruritus kulit kepala. Hal ini merupakan masalah umum yang dapat mendera setiap orang. Meski umum, namun gatalnya bisa menyebabkan gejala frustasi, seperti sering menggaruk dan ketidaknyamanan.Pada kondisi tertentu, kulit kepala yang terasa gatal disertai dengan aneka tanda yang jelas. Kulit kepala kadang seperti berkeropeng atau mengelupas. Bisa juga kulit kepala terlihat biasa saja namun muncul rasa gatal yang mengganggu.Pada kebanyakan kasus, kondisi ini bukan sebuah hal yang harus dikhawatirkan. Namun, bisa saja kondisi ini merupakan tanda dari kondisi medis dalam tubuh yang mendasarinya. 
Penyebab kulit kepala gatall sangat beragam mulai dari hal yang biasa hingga kondisi medis yang harus diwaspadai. Beberapa penyebab terjadinya kondisi ini antara lain:
 
Secara umum, kulit kepala gatal bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Anda harus menghubungi dokter jika mengalami situasi berikut:
  • Tidak bisa diatasi dengan menggunakan sampo biasa
  • Kemunculan kondisi ini mengganggu waktu tidur sehingga mengganggu sekolah atau pekerjaan
  • Terdapat kutu atau telur kutu di rambut
  • Terdapat bintik-bintik gatal yang sakit ketika disentuh
Jika gatal pada kulit kepala terjadi terus-menerus, sebaiknya Anda menemui dokter kulit. Hal ini patut dilakukan bahkan ketika Anda hanya mengira ketombe sebagai penyebabnya. Dengan menemui dokter kulit, Anda akan mendapatkan jawaban yang lebih baik serta pengobatan apa yang bisa dilakukan. 
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-scalp-itch
Diakses pada 4 Agustus 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/itchy-scalp-5-common-problems-and-fixes/
Diakses pada 4 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-scalp
Diakses pada 4 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email