Kulit & Kelamin

Kuku Kaki Bergelombang

Diterbitkan: 18 Apr 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kuku Kaki Bergelombang
Kuku kaki bergelombang dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena proses penuaan atau sebagai gejala dari suatu penyakit. Oleh karena itu, terkadang, kondisi kuku dapat menjadi petunjuk kondisi kesehatan yang dimiliki seseorang.Perubahan pada kuku akibat penuaan adalah hal yang wajar untuk terjadi. Biasanya, proses penuaan dapat mengakibatkan kuku bergelombang dengan bentuk garis vertikal. Bentuk kuku bergelombang dengan tonjolan vertikal adalah jenis yang paling umum dan biasanya tidak berbahaya.Anda harus mewaspadai kuku bergelombang dengan arah horizontal. Sebab, hal ini dapat menandakan penyakit tertentu, seperti malnutrisi, penyakit hati, infeksi parah atau gangguan metabolisme.Mengetahui penyebab kuku kaki bergelombang adalah langkah utama guna mendapatkan perawatan yang tepat dan agar dapat menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.         
Kuku kaki yang bergelombang secara vertikal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi berikut ini:

Kuku kaki bergelombang ke arah vertikal

1. PenuaanSeiring bertambahnya usia, kelembapan di kulit dan kuku akan berkurang dengan sendirinya. Kekeringan pada kuku kaki dapat menyebabkan berubahnya tekstur kuku menjadi tidak rata dan mungkin terlihat bergelombang.Selain itu, saat usia bertambah, proses pergantian sel di tubuh, termasuk sel kulit yang ada di bawah kuku, akan melambat. Akibatnya, tekstur kulit di bawah kuku jadi tidak rata karena banyak tempat yang tidak terisi oleh sel-sel baru. Hal ini membuat permukaan kuku pun ikut tidak rata atau bergelombang.2. AnemiaBeberapa jenis anemia dapat mempengaruhi tekstur kuku dan membentuk tonjolan vertikal pada kuku atau sebaliknya, membuat kuku menjadi penyok. Sering kali, perubahan tekstur tersebut disertai dengan perubahan warna pada kuku. Hal ini terjadi karena anemia dapat menyebabkan defisiensi zat besi yang memicu perubahan pada kuku.3. Trachyonychia Trachyonychia adalah kelainan kuku yang paling sering muncul dengan gejala berupa kuku menjadi kasar bergerigi atau berlubang sehingga terlihat seperti bergelombang. Kondisi ini dapat berkembang secara idiopatik (tidak diketahui pasti penyebabnya). Namun juga dapat berhubungan dengan berbagai macam penyakit kulit ataupun penyakit lainnya.4. Penyakit pembuluh darah periferPenyakit pembuluh darah perifer dapat menyebabkan masalah sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang buruk kemudian akan mempengaruhi pertumbuhan berbagai sel tubuh, termasuk pada kuku kaki.Kekurangan oksigen dan nutrisi pada kuku dapat menyebabkan kuku tumbuh sangat lambat, atau berhenti tumbuh sepenuhnya. Hal ini dapat mengakibatkan kuku tumbuh tidak sempurna dan membentuk gelombang.5. Rheumatoid arthritis Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan atau inflamasi kronis. Salah satu gejala yang ditimbulkan adalah perubahan pada pertumbuhan kulit dan kuku.Apabila peradangan menjalar hingga ke area pangkal kuku, di mana sel-sel yang mendukung pertumbuhan kuku diproduksi, maka hal ini dapat menyebabkan terbentuknya lekukan dan tonjolan pada kuku. Hal ini dapat terjadi di kuku tangan maupun kuku kaki. 

Kuku kaki bergelombang ke arah Horizontal

Kuku yang bergelombang secara horizontal disebut juga sebagai Beau’s line. Sering kali, gelombang ini dibentuk oleh garis yang dalam dan beberapa garis dapat muncul bersamaan di seluruh bagian kuku.Beau’s line dapat menjadi gejala beberapa penyakit, seperti:1. Gangguan tiroidJari yang bengkak, kuku melengkung hingga terlihat bergelombang, dan kulit yang menebal di sekitar kuku sering kali merupakan tanda penyakit tiroid.2. DiabetesPerubahan pada kuku kaki penderita diabetes biasanya disebabkan oleh:
  • Sirkulasi darah yang buruk
  • Benturan atau cedera yang sering tidak disadari karena saraf yang rusak akibat diabetes
  • Penderita diabetes rentan terkena infeksi jamur akibat tingginya kadar glukosa dalam darah
3. Penyakit ginjal akut Penyakit ginjal dapat menyebabkan komplikasi berupa hypoalbuminemia, yakni rendahnya kadar albumin dalam darah. Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan kulit dan kuku yang memicu perubahan pada tekstur kuku.4. Gondongan (mumps), campak dan demam berdarahPerubahan pada bentuk kuku kaki bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan demam tinggi seperti gondongan, campak atau demam berdarah.5. Infeksi pada endokardium (endokarditis)Endokarditis adalah infeksi pada endokardium, yaitu lapisan bagian dalam jantung. Kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan di bawah kuku yang memicu terbentuknya gumpalan sehingga menyebabkan permukaan kuku tidak rata dan membentuk gelombang.6. Subungual MelanomaSubungual melanoma adalah kanker kulit yang terjadi pada kulit di bawah kuku. Hal ini dapat menyerang kuku tangan ataupun kuku kaki sehingga mengubah bentuk dan warna dari kuku tersebut.7. Efek samping kemoterapiPenggunaan zat obat yang diberikan saat kemoterapi dapat berefek pada perubahan kuku, termasuk kuku kaki yang menjadi bergelombang.8. SifilisMeski langka untuk terjadi, Beau’s lines dapat menjadi salah satu gejala sifilis.Selain penyebab-penyebab spesifik seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa penyebab lain dari kuku kaki yang bergelombang, antara lain:
  • Psoriasis kuku dapat mengubah tampilan kuku, termasuk kuku kaki.
  • Eksim yang menjangkiti kulit kuku dapat menghasilkan kuku yang bergelombang
  • Benturan keras yang terjadi di kuku kaki
  • Gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn dan penyakit celiac
  • Penyakit Darier (keratosis follicularis) adalah kelainan kulit langka yang diwariskan secara genetik. Penyakit ini dapat ditandai dengan terbentuknya lesi hitam bersisik pada kulit. Lesi seperti kutil ini bisa berbau busuk dan juga mempengaruhi bentuk kuku.
  • Infeksi kulit yang terjadi pada kulit di bawah kuku dapat memicu kuku berubah bentuk.
  • Osteo-onicodisplasia bawaan, juga dikenal sebagai sindrom patela kuku
  • Gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia nervosa dapat menyebabkan malnutrisi yang menyebabkan perubahan tekstur pada kuku, termasuk kuku kaki.
  • Lichen planus, ditandai dengan pembengkakan pada kulit, rambut, kuku, dan membrane mukosa.
  • Onicofagia, yaitu kebiasaan sering menggigiti kuku.
Cara mengobati kuku rusak bergelombang akan tergantung pada penyebabnya berdasarkan diagnosis dari dokter. Oleh karena itu, konsultasikan pada dokter apabila kuku kaki yang bergelombang tidak kunjung hilang dan telah mengganggu kenyamanan, terlebih jika disertai dengan gejala berikut:
  • Adanya luka di kuku
  • Kuku tertancap paku besi atau serpihannya yang hancur
  • Perdarahan di bawah kuku

The American Academy of Dermatology https://www.aad.org/public/diseases/a-z/kidney-disease-warning-signs
Diakses pada 12 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/ridges-in-fingernails#diagnosis
Diakses pada 12 April 2021
USA Vascular Centers. https://www.usavascularcenters.com/toenails-can-tell-vascular-health/
Diakses pada 12 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319867#diagnosis
Diakses pada 12 April 2021
Walkin Lab. https://www.walkinlab.com/blog/nails-say-kidney-disease/
Diakses pada 12 April 2021
The American Academy of Dermatology https://www.aad.org/public/diseases/a-z/thyroid-disease-skin-changes
Diakses pada 12 April 2021
Wound Care Education Institute. https://blog.wcei.net/diabetic-toenails-watch-for-change#
Diakses pada 12 April 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/nail-abnormalities-2#beaus-lines
Diakses pada 12 April 2021
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/nail-psoriasis
Skin Cancer. https://skincancer.net/clinical/melanoma-nails
Diakses pada 12 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5264362/#:~:text=Syphilitic%20nails%20can%20take%20the,and%20nail%20loss%20%5B7%5D.
American Osteopathic Association. https://www.aocd.org/page/DarierDisease
Diakses pada 12 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email