Penyakit Lainnya

Kuku Bergelombang

21 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kuku Bergelombang
Kuku brgelombang baik vertikal maupun horizontal biasanya tidak membahayakan. Meski demikian, kondisi yang menimpa kuku ini penting dijadikan pengingat. Sebab, kuku dapat dijadikan patokan untuk kondisi kesehatan seseorang.Perubahan kuku seringkali menjadi petunjuk tentang keberadaan kondisi medis dalam tubuh seseorang. Beberapa penyakit mulai dari stres, penyakit ginjal, hingga tiroid bisa mengubah kondisi kuku penderitanya.Gelombang pada kuku juga sering tampak seperti kuku bergaris. Pada beberapa kasus, tonjolan gelombang pada kuku lebih dalam dan terasa agak kasar saat disentuh. Tak jarang, kondisi ini disertai kuku rapuh yang rentan pecah dan meninggalkan tepi bergerigi. 
Berbagai kondisi kesehatan yang ada di dalam tubuh bisa menjadi penyebab kuku bergelombang. Jika gelombang pada kuku berbentuk vertikal, umumnya tidak ada hal serius yang menyebabkannya. Bebrbeda halnya jika gelombang tersebut berpola horizontal. Ada banyak kondisi medis yang mendasari hal ini.Adapun kondisi yang bisa menyebabkan kuku bergelombang baik vertikal maupun horizontal, antara lain:
 
Jika memiliki kuku bergelombang, keputusan apakah harus ke dokter atau tidak tergantung pada arah tonjolan kuku. Jika pola gelombang vertikal, maka kondisi ini adalah hal yang umum dan tidak perlu dikhawatirkan.Kondisi ini biasanya terjadi seiring proses menuanya seseorang. Diduga, munculnya gelombang dengan pola demikian karena adanya variasi pergantian sel di dalam kuku.Sebaiknya Anda menghubungi dokter jika kuku memiliki gelombang dengan pola horizontal. Demikian juga jika kondisi kuku mengalami perubahan warna. Kedua tanda di atas bisa jadi menandakan Anda memiliki kondisi kesehatan yang serius. 
Healthline. https://www.healthline.com/health/ridges-in-fingernails
Diakses pada 21 Juli 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/nails/faq-20058541
Diakses pada 21 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319867
Diakses pada 21 Juli 2021
News Medical Life Sciences. https://www.news-medical.net/health/Longitudinal-Ridging.aspx
Diakses pada 21 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email