Kapalan terjadi karena gesekan atau tekanan berlebih pada area kulit tertentu.
Kapalan menyebabkan penebalan kulit dan rasa tidak nyaman.

Kapalan merupakan area kulit yang menebal, keras dan berwarna kekuningan yang terjadi ketika kulit terkena tekanan atau gesekan yang berlebihan. Kapalan umumnya terjadi pada kaki, telapak tangan, buku-buku jari dan dapat menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman ketika berjalan.

Gejala kapalan diantaranya adalah:

  • Kulit yang keras dan tebal
  • Benjolan yang bulat atau berbentuk kerucut pada kulit
  • Permukaan kering, bersisik, atau terkelupas
  • Menyebabkan rasa sakit pada kaki, mengganggu saat berjalan atau beraktivitas

Kapalan jarang terasa sakit. Mereka biasanya berkembang di telapak kaki, terutama di bawah tumit atau mata kaki, atau di telapak tangan atau lutut. Kapalan biasanya berukuran lebih besar dari biji jagung.

Kapalan terjadi ketika bergesekan dengan sesuatu, seperti tulang, sepatu atau tanah. Kapalan sering terbentuk di atas mata kaki karena area tersebut menahan sebagian besar berat tubuh ketika berjalan. Kegiatan seperti berlari atau berjalan tanpa alas kaki dapat menyebabkan kapalan. Atlet sangat rentan memiliki kapalan. Penyebab kapalan lainnya adalah:

  • Kulit kering
  • Memakai sepatu yang tidak pas
  • Tidak memakai kaus kaki
  • Sering memainkan instrumen atau menggunakan alat pertukangan

Tidak ada tes khusus untuk mendiagnosis kapalan. Diagnosis dapat dilakukan dengan mengamati perubahan karakteristik pada kulit. Dokter akan memeriksa kaki dan mengidentifikasi penyebab penebalan kulit. Pemeriksaan dengan foto rontgen dapat dilakukan jika dokter mencurigai kelainan fisik lainnya.

Pengobatan kapalan harus dilakukan setelah dokter atau ahli penyakit kaki (podiatrist) mengidentifikasi penyebab kapalan dan merekomendasikan pengobatan yang tepat.  Dokter dapat mengobati kapalan dengan menggunakan pisau tajam untuk mengangkat area kulit yang menebal. Prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit dan akan membantu pasien mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Dokter atau ahli penyakit kaki juga akan memberikan saran perawatan diri dan memberikan rekomendasi menggunakan sol khusus.

Langkah-langkah pencegahan kapalan, diantaranya adalah:

  • Memakai sepatu yang nyaman. Pakailah alas kaki yang nyaman dan pas. Pastikan untuk membeli sepatu pada sore hari, yaitu pada saat kaki berada pada posisi terluas.
  • Lakukan perawatan kaki. Keringkan kaki dengan hati-hati setelah mencucinya atau pada saat basah. Gunakan krim kaki pelembab secara teratur.
  • Temui dokter jika Anda merasakan sakit kaki atau ketidaknyamanan saat berjalan.

Segera konsultasi jika kapalan menjadi sangat sakit atau meradang. Jika anda merupakan penderita diabetes atau hipertensi, konsultasikan dengan dokter sebelum mengobati kapalan. Hal ini dapat mengakibatkan cedera ringan pada kaki dan luka terbuka yang terinfeksi.

Healthline. https://www.healthline.com/symptom/corns
diakses pada 28 November 2018.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/corns-and-calluses/symptoms-causes/syc-20355946
diakses pada 28 November 2018.

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/corns/article.htm
diakses pada 28 November 2018.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/corns-and-calluses/
diakses pada 28 November 2018.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/corns-and-calluses-directory
diakses pada 28 November 2018.

Artikel Terkait