Penyakit Lainnya

Jari Tangan Kaku

Diterbitkan: 03 Mar 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Jari Tangan Kaku
Keluhan jari tangan kaku merupakan salah satu keluhan umum orang-orang yang berkonsultasi dengan dokter spesialis tangan. Kondisi ini sendiri merupakan keadaan di mana jari tangan kehilangan mobilitas dan gerakan.Pada kebanyakan kasus, kondisi ini biasanya tidak datang tiba-tiba, namun hadir secara bertahap. Kaku pada jari tangan dan hilangnya mobilitas mungkin akan berkaitan dengan hadirnya nyeri, meski tidak selalu. Gejala yang paling sering diderita oleh pasien adalah hilangnya kemampuan untuk menggenggam atau keterampilan motorik halus.Kondisi ini tidak disebabkan oleh hal tunggal. Sebaliknya, banyak kondisi yang bisa membuat jari seseorang terasa kaku atau hilang mobilitasnya. Beruntung, banyak cara untuk mengobati kondisi yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari ini. 
Penyebab jari tangan kaku yang membatasi penggunaan dan fungsi jari yang selama ini sering diabaikan banyak sekali. Kekakuan sendiri bisa terjadi ketika ada masalah di dalam atau sekitar struktur sendi, termasuk ligament dan otot.Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan jari seseorang terasa kaku antara lain:
  • Radang sendi
  • Fraktur
  • Dislokasi
  • Keseleo parah
  • Cedera tendon
  • Cedera otot
  • Ketegangan parah
  • Stenosing tenosinovitis
  • Kontraktur Dupuytren
 
Mengingat banyak penyebab kondisi ini yang bersifat membahayakan, jangan menganggap enteng masalah ini. Kunjungilah dokter jika mengalami jari tangan kaku untuk mendapatkan cara mengobati jari tangan kaku yang tepat. Untuk mengetahui pengobatan yang tepat, dokter akan mendiagnosis kondisi ini dengan seksama.Saat berkonsultasi, dokter mungkin akan menanyakan sejak kapan kekakuan dimulai dan bagaimana perkembangannya. Dokter juga akan menanyakan aktivitas penggunaan tangan, cedera yang dialami, kondisi medis yang diderita, dan perawatan lainnya.Pemeriksaan secara seksama akan dilakukan termasuk memeriksa sejauh mana efek yang dirasakan. Pasien mungkin akan diperiksa mengenai kemampuan gerak, pembengkakan yang terjadi, serta tekanan seperti apa yang bisa menimbulkan nyeri. Selain itu, tendon dan otot juga akan dievaluasi sejauh mana kemampuannya.Pada kondisi tertentu, pemindaian mungkin dibutiuhkan. Oleh karena itu, penggunaan sinar-X dilakukan guna mengetahui apakah ada radang sendi atau distorsi tulang dan sendi lainnya. Untuk situasi khusus, penggunaan MRI atau CT scan mungkin diperlukan guna memperjelas masalah yang diderita.Saat mengalami kekakuan pada jari, tak ada salahnya bertanya kepada spesialis ortopedi tangan. Mereka mungkin akan memberitahu pasien tentang diagnosis khusus dan pilihan perawatan yang tersedia untuk mengatasi masalah ini. 
The Orthopedic Institute. https://www.toi-health.com/physician-articles/common-causes-finger-stiffness/
Diakses pada 3 Maret 2021
American Society of Surgery of the Hand. https://www.assh.org/handcare/condition/stiff-hands
Diakses pada 3 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326867
Diakses pada 3 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email