Penyakit Lainnya

Jari Kaki Bengkak

27 Jan 2021 | Lucia PriandariniDitinjau oleh dr. Anandika Pawitri
image Jari Kaki Bengkak
Jari kaki bengkak adalah kondisi saat jari kaki berukuran lebih besar dari normal. Keluhan ini bisa terjadi karena beragam hal, dari penumpukan cairan, radang sendi, penyakit asam urat, cedera, hingga cantengan. Tiap penyebab ini butuh penanganan yang berbeda pula.Jari kaki bengkak dan sakit sering disertai dengan gejala lain yang meliputi jari yang kaku atau gerakannya menjadi terbatas, serta terasa hangat saat disentuh dan berwarna kemerahan.Pembengkakan juga bisa muncul di sekitar jari kaki yang terdampak. Misalnya, pada pergelangan kaki atau jari-jari kaki lain.Meskipun kecil, terdapat 14 buah tulang pada seluruh jari kaki. Jadi gangguan pada jari kaki dapat memengaruhi kemampuan penderita untuk berjalan maupun menjaga keseimbangan.Pada beberapa kasus, jari kaki bengkak bisa menandakan kondisi medis yang lebih serius seperti penyakit jantung. Meski sangat jarang, ada kalanya infeksi di jari kaki dapat menyebar ke anggota tubuh lain dan membahayakan nyawa penderita.    
Penyebab jari kaki bengkak bisa berupa beragam hal dan kondisi. Apa sajakah itu?
 
Segera periksakan diri Anda ke dokter apabila Anda mengalami jari kaki bengkak dengan penyebab yang tidak jelas, terutama jika disertai:
  • Nyeri yang berkepanjangan
  • Kaku atau sulit digerakkan
  • Bengkak dan gatal
  • Perubahan bentuk jari kaki
  • Sulit diluruskan
  • Perubahan warna kulit (semakin merah atau justru pucat)
Cara mengobati jari kaki bengkak akan ditentukan oleh dokter berdasarkan penyebab dan tingkat keparahan penyakit, serta kondisi kesehatan pasien secara umum. Dokter bisa memberikan obat jari kaki bengkak yang tepat untuk menyembuhkannya.Sebagai contoh, cara mengobati jari kaki bengkak tentu berbeda bila penyebabnya adalah gout. Keseleo mungkin hanya membutuhkan kompres, sedangkan gout memerlukan perubahan pola makan serta obat-obatan tertentu. 
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326819
Diakses pada 27 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/swollen-toe
Diakses pada 27 Januari 2021
Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/symptoms-and-conditions/toe-swelling
Diakses pada 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email