Henoch-Schonlein Purpura

Ditinjau dr. Widiastuti
Penyakit ini biasanya terjadi pada anak umur 2-6 tahun.
Penyakit ini biasanya terjadi pada anak umur 2-6 tahun.

Pengertian Henoch-Schonlein Purpura

Henoch-Schonlein Purpura adalah gangguan yang menyebabkan peradangan dan perdarahan pada pembuluh darah kecil di kulit, sendi, usus dan ginjal. Ciri yang paling menonjol dari penyakit ini adalah munculnya ruam keunguan terutama pada kaki dan bokong. Penyakit ini dapat pula menyebabkan sakit perut dan nyeri sendi.

Henoch–Schonlein Purpura dapat terjadi pada semua orang, tetapi paling umum terjadi pada anak–anak yang berusia antara 2-6 tahun. Kondisi ini biasanya dapat membaik dengan sendirinya. Perawatan medis diperlukan jika kondisi ini telah mengenai ginjal.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Empat tanda Henoch-Schonlein Purpura yaitu:

  • Munculnya ruam / bintik kemerahan dan keunguan seperti memar terutama pada kaki, bokong tetapi dapat pula timbul pada lengan, muka, badan dan pada area yang mendapat tekanan seperti garis pinggang, dan area kaki yang mendapat tekanan dari kaus kaki. Bintik kemerahan tersebut jika ditekan akan tetap berwarna keunguan.
  • Terjadi bengkak dan nyeri sendi (arthritis) biasanya menyerang lutut dan pergelangan sendi kaki. Nyeri sendi dapat mendahului ruam sekitar satu atau dua minggu sebelumnya.
  • Mengalami sakit perut, mual, muntah dan tinja berdarah
  • Adanya protein atau darah dalam urin. Biasanya gejala ini dapat hilang tetapi pada beberapa kasus, penyakit pada ginjal dapat menetap.

Penyebab

Henoch-Schonlein Purpura terjadi karena beberapa pembuluh darah di tubuh meradang menyebabkan pendarahan pada kulit, perut dan ginjal. Penyebab dari reaksi radang tidaklah jelas, tetapi kondisi ini mungkin akibat dari sistem kekebalan tubuh yang tidak dapat mengenali penyakit. Kondisi ini dapat terjadi setelah terkena infeksi saluran pernapasan seperti pilek. Selain itu dapat terjadi setelah terserang infeksi seperti cacar, sakit tenggorokan karena streptokokus, campak, dan hepatitis. Pemicu lainnya dapat termasuk obat-obatan tertentu, makanan, gigitan serangga atau paparan terhadap udara dingin.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini yaitu:

  • Kondisi ini paling banyak menyerang anak–anak dan dewasa muda, dengan mayoritas anak–anak yang terkena kondisi ini berusia antara 2–6 tahun. Penyakit ini biasanya lebih ringan pada anak–anak dibandingkan pada orang dewasa. Orang dewasa yang menderita kondisi ini biasanya mengalami luka yang penuh nanah pada ruam mereka, dan lebih sering menderita kerusakan ginjal dibandingkan dengan anak–anak.
  • Jenis Kelamin. Kondisi ini lebih banyak terjadi pada anak berjenis kelamin laki-laki dibanding perempuan.
  • Anak-anak ras kaukasia (orang kulit putih) dan Asia lebih rentan terkena penyakit ini.
  • Penyakit ini menyerang terutama pada musim gugur, dingin dan musim semi.

Diagnosis

Diagnosis dapat dilakukan jika terdapat ruam yang klasik, nyeri sendi dan sakit pada perut. Jika tanda atau gejala tidak lengkap, maka akan dilakukan beberapa pemeriksaan untuk membantu diagnosis.

Pemeriksaan Laboratorium.

Tidak ada pemeriksaan laboratorium yang dapat memastikan diagnosis Henoch – Schonlein Purpura. Tetapi pemeriksaan tertentu dapat dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan adanya penyakit lain yang menyebabkan gejala yang serupa dan membantu mendiagnosis penyakit ini. Pemeriksaan tersebut meliputi:

  • Tes darah
    Dilakukan jika tanda dan gejala tidak jelas. Pemeriksaan ini dapat meliputi pemeriksaan sel darah merah, sel darah putih, dan fungsi ginjal.
  • Tes urine
    Untuk melihat protein dan darah yang terkandung di dalam urine dan memastikan ginjal bekerja dengan baik.

Pemeriksaan lainnya meliputi:

Mengambil sampel untuk diuji (Biopsi).

Dokter mengambil sampel jaringan dari kulit Anda. Selain itu akan dilakukan biopsi pada ginjal jika terdapat kondisi ginjal yang serius untuk membantu menentukan pengobatan yang terbaik.

Tes pencitraan.

Umumnya digunakan untuk membantu mendiagnosis gejala Henoch-Schonlein Purpura dan untuk melihat kondisi organ di dalam perut dan ginjal serta melihat komplikasi. Beberapa tes pencitraan yang mungkin disarankan dokter yaitu USG, computerized tomography (CT Scan), dan magnetic resonance imaging (MRI).

Pengobatan

Henoch-Schonlein Purpura dapat hilang dengan sendirinya dalam sebulan tanpa ada efek samping yang berarti. Namun, penyakit ini dapat muncul kembali. Istirahat yang cukup, mendapatkan asupan cairan yang cukup dan obat-obatan untuk meringankan rasa sakit dapat membantu.

Penggunaan kortikosteroid (prednisone) untuk mengobati dan mencegah komplikasi purpura Henoch-Schonlein masih dipertanyakan.

Orang dengan kondisi kerusakan ginjal yang berat akan membutuhkan dialisa atau transplantasi ginjal. Jika terdapat komplikasi pada usus seperti intususepsi, yaitu kondisi dimana usus terlipat dan menyusup ke dalam bagian usus lainnya sehingga mengakibatkan penyumbatan, maka diperlukan operasi untuk menangani kondisi ini.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Apabila terjadi ruam atau bintik kemerahan atau keunguan pada kulit Anda yang mengarah ke Henoch Schonlein Purpura dan mempunyai masalah serius dengan pencernaan Anda, maka segera berkonsultasi ke dokter.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkonsultasi dengan Dokter?

Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu termasuk apa saja yang mungkin tampak berhubungan dengan gejala yang Anda alami. Jadi menyiapkan daftar pertanyaan dapat membuat kunjungan Anda lebih efektif. Untuk Henoch Schonlein Purpura, berikut pertanyaan dasar untuk ditanyakan kepada dokter Anda:

  • Pemeriksaan apa saja yang saya butuhkan?
  • Apakah kondisi ini hanya sementara atau menahun?
  • Bagaimana saya bisa tahu jika telah terjadi kerusakan pada ginjal saya?
  • Pengobatan apa yang saya perlukan?
  • Apakah efek samping dari pengobatan?

Apa yang Akan Dilakukan Dokter pada Saat Konsultasi?

Dokter mungkin akan memberikan beberapa pertanyaan kepada Anda dan sebaiknya Anda memberikan informasi yang jelas agar dokter dapat mendiagnosis dengan baik. Berikut pertanyaan yang mungkin diajukan:

  • Kapan Anda mengalami gejala pertama kali? Dan ruam yang timbul pertama kali tampak seperti apa? Apakah ruam tersebut sakit dan gatal?
  • Apakah Anda mengalami gejala lainnya seperti sakit pada perut atau nyeri sendi?
Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/henoch-schonlein-purpura
Diakses pada 19 November 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/henoch-schonlein-purpura/symptoms-causes/syc-20354040
Diakses pada 19 November 2018

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/henoch-schonlein-purpura-causes-symptoms-treatment#1
Diakses pada 19 November 2018

Back to Top