Hemangioma

Ditinjau dr. Widiastuti pada 14 Jan 2019
Perawatan hemangioma dapat dilakukan dengan pemberian obat seperti beta blocker.
Pertumbuhan pembuluh darah secara abnormal adalah tanda hemangioma.

Pengertian Hemangioma

Hemangioma adalah pertumbuhan pembuluh darah abnormal yang terjadi di kulit dan tidak bersifat kanker. Hemangioma umumnya terjadi pada anak-anak dan tumbuh untuk jangka waktu yang panjang (biasanya dimulai pada tahun pertama anak) dan kemudian mereda tanpa perawatan. Hemangioma biasanya dapat timbul di berbagai lokasi, tetapi biasanya sering ditemui pada muka, kulit kepala, dada atau punggung.

Kebanyakan kasus hemangioma tidak menyebabkan masalah pada bayi dan anak-anak. Namun beberapa kasus dapat menyebabkan pembuluh darah terbuka dan mengeluarkan darah. Kondisi ini mungkin akan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, hemangioma mungkin dapat menyebabkan cacat, tergantung dari ukuran dan lokasi hemangioma tersebut. Selain itu, dapat juga timbul dengan abnormalitas lain, seperti pada tulang belakang atau sistem saraf pusat.

Hemangioma dapat mengenai organ dalam seperti hati, ginjal, bagian dari sistem pencernaan seperti kolon (usus besar), otak, dan paru-paru. Hemangioma yang mengenai organ dalam biasanya tidak menimbulkan masalah. Hemangioma umumnya tidak membutuhkan pengobatan, kecuali bila mengganggu penglihatan atau pernapasan.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Hemangioma biasanya tidak menyebabkan gejala apapun selama dan setelah pembentukannya. Namun, hemangioma yang tumbuh besar atau tumbuh di daerah sensitif dapat menimbulkan gejala. Hemangioma pada kulit biasanya terdapat saat lahir, tetapi biasanya paling sering timbul pada beberapa bulan pertama kehidupan anak. Hemangioma pada kulit biasanya muncul sebagai goresan (tanda yang datar) atau benjolan kecil berwarna merah.

Ketika tumbuh, hemangioma akan terlihat seperti tanda lahir berwarna ungu. Hemangioma kulit sering kali dikenal sebagai hemangioma stroberi, karena warnanya yang merah gelap. Hemangioma tipe ini seringkali terjadi pada leher, wajah, punggung atau dada. Hemangioma pada anak biasanya hanya ada satu, walaupun pada beberapa anak, terdapat hemangioma ganda atau lebih dari satu.

Pada tahun pertama anak, tanda merah tersebut tumbuh dengan cepat dan menjadi massa yang timbul seperti spons pada kulit. Lalu hemangioma akan memasuki masa istirahat dan pada akhirnya akan menghilang dengan sendirinya secara perlahan. Sekitar setengah kasus dari hemangioma hilang dengan sendirinya ketika berumur 5 tahun. Hampir seluruh hemangioma hilang ketika anak berumur 10 tahun. Walaupun warnanya tidak hilang seluruhnya, dan hanya memudar.

Hemangioma pada organ internal (dalam) biasanya tidak menimbulkan gejala, sampai hemangioma tersebut tumbuh menjadi berukuran besar, atau sampai terbentuk hemangioma yang multipel (banyak). Beberapa gejala yang dapat menandakan bahwa terdapat hemangioma internal seperti mual, muntah, ketidaknyamanan daerah perut, hilangnya nafsu makan, turunnya berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan perasaan penuh pada perut.

Penyebab

Hemangioma terdiri dari kelompok pembuluh darah yang padat dan abnormal. Tidak ada penyebab jelas atas kondisi tersebut. Namun faktor keturunan mungkin berpengaruh. Hemangioma seringkali menyerang wanita, bayi prematur dan bayi berkulit putih.

Diagnosis

Tidak ada pemeriksaan khusus untuk mendiagnosis hemangioma kulit. Dokter akan membuat diagnosis berdasarkan pemeriksaan fisik. Hemangioma pada organ dalam biasanya terlihat selama tes pencitraan, seperti ultrasound (USG), MRI, atau CT scan.

Pengobatan

Hemangioma tunggal dan kecil biasanya tidak memerlukan pengobatan dan akan hilang dengan sendirinya. Namun beberapa kasus memerlukan perawatan, seperti hemangioma kulit yang menyebabkan lesi atau luka.

Perawatan tersebut termasuk:

  • Obat kortikosteroid, untuk mengurangi pertumbuhan dan menghentikan peradangan. Obat ini diberikan pada anak yang tidak merespons atau tidak dapat menggunakan beta-blocker.
  • Beta-blocker, seperti timolol gel (topikal) aman dan dapat digunakan beberapa kali per hari selama 6-12 bulan untuk mengobati hemangioma superfisial yang kecil. Obat ini juga berperan untuk mengobati hemangioma ulserasi yang kecil.
  • Perawatan laser digunakan untuk menghilangkan hemangioma atau untuk mengobati luka yang sakit pada hemangioma.
  • Pembedahan dilakukan jika hemangioma berukuran besar dan berada pada daerah sensitif, seperti mata.

Pengobatan hemangioma pada organ dalam tubuh dilakukan jika hemangioma tumbuh terlalu besar atau menyebabkan rasa sakit, melalui:

  • Operasi pengangkatan hemangioma
  • Operasi pengangkatan organ yang rusak atau area yang rusak
  • Pengikatan arteri utama yang memasok darah ke hemangioma

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Dokter akan memantau hemangioma dalam pemeriksaan rutin. Hubungi dokter anak Anda jika hemangioma tersebut berdarah, membentuk luka atau terlihat terinfeksi. Carilah perawatan medis jika kondisi tersebut mengganggu penglihatan, pernapasan, pendengaran atau proses buang air besar anak Anda.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/hemangioma
Diakses pada 26 November 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemangioma/symptoms-causes/syc-20352334
Diakses pada 26 November 2018

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/birthmarks/
Diakses pada 26 November 2018

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hemangioma-directory
Diakses pada 26 November 2018

Back to Top