Giardiasis

Ditinjau dr. Reni Utari
Giardiasis biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun untuk kondisi yang parah, dapat menggunakan obat antibiotik atau antiparasit.
Orang yang terinfeksi oleh parasit giardia lamblia biasanya akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare, mual, dan nyeri perut.

Pengertian Giardiasis

Giardiasis adalah infeksi usus yang disebabkan oleh parasit Giardia lamblia. Seseorang dapat terinfeksi giardia jika mengonsumsi makanan atau air yang tercemar dengan kotoran manusia atau hewan atau melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Infeksi giardia biasanya hilang dalam beberapa minggu, namun seseorang mungkin tetap memiliki masalah usus setelah parasit hilang. Beberapa obat umumnya efektif melawan parasit giardia, namun tidak semua orang dapat meresponnya dengan baik.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Beberapa orang yang mengalami giardiasis tidak pernah mengalami gejala apapun, namun tetap membawa parasit dan dapat menyebarkannya kepada orang lain melalui feses mereka. Gejala giardiasis biasanya muncul pada satu hingga tiga minggu setelah paparan, gejala tersebut diantaranya adalah:

  • Diare cair, berbau busuk, bergantian dengan feses lunak dan berminyak
  • Kelelahan atau merasa tidak enak badan
  • Kram perut, perut bergas dan terasa kembung
  • Nyeri perut
  • Mual
  • Penurunan berat badan
  • Sakit perut
  • Sendawa

Penyebab

Giardia lamblia dapat ditemukan dalam kotoran hewan dan manusia. Parasit ini dapat tumbuh subur dalam makanan, air, dan tanah yang terkontaminasi, dan dapat bertahan hidup di luar mahluk hidup yang ditempatinya untuk jangka waktu yang lama.

Penyebab paling umum giardiasis adalah meminum air yang mengandung parasit tersebut. Air yang terkontaminasi biasanya terdapat di kolam renang, spa dan danau. Sumber kontaminasi termasuk kotoran hewan, popok, dan limbah pertanian.

Kurangnya kebersihan saat memasak makanan atau membilas makanan dengan air yang terkontaminasi dapat memungkinkan parasit menyebar.

Giardiasis juga menyebar melalui kontak seksual, misalnya seks anal tanpa kondom.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis giardiasis, dokter akan meminta sampel feses untuk diteliti di laboratorium. Dokter juga dapat melakukan enteroskopi. Prosedur ini dilakukan dengan memasukan selang tipis yang fleksibel ke tenggorokan dan masuk ke usus kecil. Hal ini membantu dokter untuk memeriksa saluran pencernaan dan mengambil sampel jaringan.

Pengobatan

Kebanyakan kasus giardiasis dapat sembuh dengan sendirinya. Dokter akan meresepkan obat jika infeksi parah atau berkepanjangan. Kebanyakan dokter akan merekomendasikan perawatan dengan obat-obatan anti parasit, daripada membiarkannya sembuh dengan sendirinya. Antibiotik dapat digunakan untuk mengobati giardiasis.

  • Metronidazole adalah antibiotik yang dapat diminum selama lima hingga tujuh hari. Obat ini dapat menyebabkan mual dan meninggalkan rasa logam di mulut sementara. Wanita hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi obat ini. 
  • Tinidazole dapat mengobati giardiasis dalam dosis tunggal.
  • Nitazoxanide adalah pilihan pengobatan populer untuk anak-anak karena tersedia dalam bentuk cair dan hanya perlu diminum selama tiga hari.
  • Paromomycin dapat diberikan dalam tiga dosis selama 5 sampai 10 hari.

Konsultasikan dengan dokter tentang pengobatan giardiasis yang paling sesuai dengan Anda.

Pencegahan

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah giardiasis, diantaranya adalah:

  • Jangan minum air dari sungai atau danau secara langsung, masaklah air hingga matang.
  • Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan.
  • Mencuci sayur dan buah-buahan sebelum di konsumsi.
  • Lakukan hubungan seks yang aman.
  • Menghindari konsumsi makanan yang tidak matang.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Hubungi dokter jika Anda memiliki feses yang lembek, perut kembung dan mual yang berlangsung lebih dari seminggu, atau jika Anda mengalami dehidrasi. Pastikan untuk memberi tahu dokter jika Anda berisiko terinfeksi giardia, seperti telah menelan air dari danau atau sungai.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkonsultasi dengan Dokter?

Sebelum berkonsultasi dengan dokter, ada baiknya jika Anda menyiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dokter, seperti:

  • Kapan gejala Anda mulai?
  • Apakah ada sesuatu yang membuat gejala Anda lebih baik atau lebih buruk?
  • Apakah Anda bekerja atau hidup dengan anak kecil?
  • Apa ada obat dan suplemen makanan yang Anda konsumsi?

Apa yang Akan Dilakukan Dokter pada Saat Konsultasi?

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan meminta Anda untuk berbaring dan memeriksa perut Anda dengan hati-hati. Dokter juga dapat memeriksa gejala-gejala dehidrasi dan dapat memberikan instruksi kepada Anda untuk melakukan tes feses.

Referensi

Family Doctor. https://familydoctor.org/condition/giardiasis/?adfree=true
Diakses pada 28 Desember 2018

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/giardiasis-directory
Diakses pada 28 Desember 2018

Healthline. https://www.healthline.com/health/giardiasis
Diakses pada 28 Desember 2018

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/giardiasis/
Diakses pada 28 Desember 2018

MAYO CLINIC. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/giardia-infection/symptoms-causes/syc-20372786
Diakses pada 28 Desember 2018

Back to Top