Mata

Floaters

Diterbitkan: 02 Dec 2018 | Lenny TanDitinjau oleh dr. Fridawati
image Floaters
Floaters seharusnya tidak mengganggu penglihatan Anda
Floaters adalah bintik-bintik kecil yang melayang pada bidang penglihatan Anda. Floaters akan terlihat lebih jelas ketika Anda melihat suatu objek yang cerah, seperti kertas putih atau langit biru. Meski mungkin akan terasa mengganggu, floaters seharusnya tidak mengganggu penglihatan Anda.
Floaters
Dokter spesialis Mata
Gejala-gejala yang dialami penderita floaters antara lain:
  • Bentuk-bentuk kecil dalam penglihatan Anda yang muncul sebagai bintik gelap atau benang transparan yang melayang
  • Bintik-bintik yang bergerak ketika Anda menggerakkan mata. Jadi ketika Anda mencoba untuk melihatnya, bintik-bintik tersebut bergerak cepat keluar dari bidang visual Anda
  • Bintik-bintik paling terlihat nyata ketika Anda melihat latar belakang terang, seperti langit biru atau dinding berwarna putih
  • Bentuk kecil yang akhirnya menetap dan melayang keluar dari garis penglihatan
Penyebab floaters antara lain adalah perubahan mata karena penuaan, ada peradangan di bagian belakang mata, pendarahan di mata, retina mata yang robek, dan pernah menjalani operasi mata.
Dokter mata Anda akan mengadakan tes pemeriksaan mata secara lengkap, termasuk memberi obat tetes mata untuk melebarkan pupil mata. Ini bertujuan untuk melihat bagian belakang mata lebih jelas, agar dapat mengetahui penyebab floaters.
Pengobatan untuk penderita floaters antara lain adalah operasi untuk menyingkirkan vitreous dan penggunaan laser untuk menghancurkan floaters. Sebagian besar kasus penyakit floaters tidak memerlukan pengobatan. Jika tidak menyebabkan masalah lain, Anda dapat mengabaikan floaters tersebut.
Jika hanya memiliki beberapa floaters yang tidak berubah seiring berjalannya waktu, Anda tidak perlu merasa khawatir mengenai hal tersebut. Segera berkonsultasi dengan dokter mata jika Anda menyadari ada peningkatan jumlah floaters di mata, ada kilatan cahaya, merasakan kehilangan penglihatan samping, ada perubahan yang datang dengan cepat dan memburuk seiring berjalannya waktu, ada floaters setelah Anda menjalani operasi mata, dan terdapat luka pada mata.
Anda dapat membuat daftar gejala-gejala yang dialami, serta obat, vitamin, dan suplemen yang Anda konsumsi.
Dokter biasanya akan memberikan beberapa pertanyaan antara lain:
  • Kapan Anda mulai mengalami floaters?
  • Mata sebelah mana yang memiliki floaters?
  • Apakah gejala yang Anda alami terjadi terus menerus atau sesekali?
  • Apakah akhir-akhir ini Anda memperhatikan ada peningkatan jumlah floaters?
  • Pernahkah Anda melihat cahaya berkedip?
  • Adakah hal-hal yang tampaknya memperbaiki atau memperburuk gejala Anda?
  • Pernahkah Anda menjalani operasi mata?
  • Apakah Anda memiliki penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi?
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eye-floaters/symptoms-causes/syc-20372346Diakses pada 29 Oktober 2018Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/benign-eye-floaters#1Diakses pada 29 Oktober 2018
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email

Artikel Terkait

Penyebab Mata Bayi Berair dan Cara Aman Mengatasinya

Mata bayi berair bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti saluran air mata yang tersumbat hingga flu. Mengatasi kondisi ini tak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan penyebabnya.
29 Jul 2020|Dina Rahmawati
Baca selengkapnya
Tersumbatnya saluran air mata bisa menyebabkan mata bayi berair

Tersiksa Karena Mata Perih? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketika mata perih, Anda mungkin merasa tidak nyaman, sensasi terbakar atau bahkan sulit membuka mata. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kebiasaan sehari-hari maupun kondisi serius.
26 Dec 2019|Dina Rahmawati
Baca selengkapnya
Jangan mengucek mata perih karena akan memperburuk kondisi mata Anda

Pro dan Kontra Prosedur Lasik untuk Rabun Tua

Prosedur lasik biasanya dilakukan untuk mengoreksi beberapa gangguan penglihatan. Lasik untuk rabun tua memiliki banyak kelebihan, seperti penglihatan dapat membaik dengan cepat dan aman dilakukan pada usia tua.Baca selengkapnya
Prosedur lasik aman dan efektif bahkan pada usia tua (40-69 tahun)