Flek Hitam

Ditinjau dr. Indra Wijaya
Flek hitam sering ditemukan di bagian kulit yang terkena sinar matahari langsung, seperti hidung dan pipi.
Flek hitam sering ditemukan di bagian kulit yang terkena sinar matahari langsung, seperti hidung dan pipi.

Pengertian Flek Hitam

Flek hitam atau yang disebut juga sebagai ephelis merupakan bintik yang terdapat pada kulit. Bintik-bintik ini permukaannya rata, berbentuk bulat. Biasanya muncul pada kulit yang terkena paparan sinar matahari yang berulang. Flek hitam paling sering ditemukan pada orang-orang berkulit putih. Penggunaan tabir surya (sunblock) secara berkala ketika terdapat paparan sinar matahari dapat menekan munculnya flek hitam.

Kebanyakan flek hitam memiliki warna yang seragam dan selalu lebih gelap dari kulit sekitarnya. Namun, pada beberapa kasus dapat pula ditemukan warnanya dapat berbeda-beda seperti kemerahan, kuning, coklat, atau hitam. Timbulnya flek hitam disebabkan oleh peningkatan jumlah pigmen (pewarna) gelap, yaitu melanin dan peningkatan jumlah sel yang memproduksi pigmen, yaitu sel melanosit. Peningkatan jumlah ini dapat distimulasi oleh radiasi ultraviolet (UV). Pada umunya, flek hitam tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan sehingga tidak memerlukan pengobatan.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Ciri-ciri flek hitam:

  • Berukuran kecil, ukuran 3-10 mm.
  • Permukaannya rata.
  • Berwarna coklat dan kadang agak kemerahan.
  • Biasanya muncul pada musim panas.
  • Tepinya tidak jelas dan bergabung dengan bintik flek hitam lainnya.
  • Biasanya berbentuk bulat.
  • Biasanya ditemukan pada area kulit yang terkena sinar matahari, terutama hidung dan pipi.
  • Tidak terasa sakit.
  • Ukuran tidak semakin membesar.

Penyebab

Flek hitam muncul sebagai akibat dari paparan sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya. Biasanya flek hitam ini akan muncul di wajah dan paling sering pada individu dengan kulit  putih dan warna rambut yang terang seperti orang Kaukasia dan Asia. Flek hitam disebabkan oleh kombinasi genetik dan paparan sinar matahari.

Flek hitam dapat muncul pada semua orang yang tidak melindungi kulitnya dari paparan sinar UV. Sinar matahari  untuk berjemur memancarkan sinar UV yang ketika diserap oleh kulit memicu melanosit kulit untuk memproduksi pigmen melanin. Individu dengan rambut pirang atau merah, mata berwarna terang, dan kulit putih sangat rentan terhadap efek sinar UV sehingga lebih cenderung untuk memiliki flek hitam. Flek hitam disebabkan oleh penumpukan atau deposit pigmen melanin pada satu titik di kulit.

Selain itu, penumpukan melanin juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan, maka tidak jarang seseorang dengan flek hitam pada wajah juga memiliki orang tua dengan kondisi yang sama.

Diagnosis

Diagnosis flek hitam biasanya dilakukan berdasarkan keadaan klinis atau karakteristik bintik yang muncul. Namun, pemeriksaan biopsi kulit dari bintik kulit diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Karena terdapat gangguan kulit yang mengarah pada keganasan dan mirip dengan gejala flek hitam seperti melanoma. Hasil biopsi pada pemeriksaan untuk flek hitam akan mendapatkan ciri sebagai berikut:

  • Adanya peningkatan jumlah pigmen tetapi kondisi kulit lainnya normal.
  • Tidak ada peningkatan jumlah sel melanosit.

Pengobatan

Flek hitam biasanya jarang diobati karena tidak berbahaya, tetapi pada sebagian orang akan mengalami penurunan kepercayaan diri dengan adanya flek hitam ini. Terdapat beberapa metode untuk meringankan serta mencegah munculnya flek hitam. Penggunaan tabir surya dengan SPF 50 sangat dianjurkan. Terlebih lagi, kosmetik juga dapat digunakan untuk menutupi dan menyamarkan flek hitam. Biasanya diperlukan kombinasi dari beberapa metode untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  • Krim Pemutih: produk yang mengandung hidrokuinon dan asam kojik. Produk ini dapat membantu menyamarkan flek hitam jika digunakan secara konsisten selama beberapa bulan. Krim pemutih paling efektif jika individu tersebut juga menghindari sinar matahari dan melindungi diri dari paparan sinar matahari. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum penggunaan krim ini agar tidak terjadi efek samping seperti kulit kering, terkelupas dan iritasi.
  • Retinoid: kadang produk ini dipakai bersamaan dengan krim pemutih lainnya dan dapat membantu menyamarkan flek hitam jika dipakai terus menerus selama beberapa bulan. Retinoid merupakan vitamin A dan tentu saja memiliki beberapa efek samping berupa kulit  mengelupas, kering dan kemerahan.
  • Cryosurgery: tindakan pembekuan dengan nitrogen cair yang dilakukan di ruang dokter. Namun, tindakan ini hanya dapat digunakan untuk tipe flek hitam tertentu.
  • Terapi Laser: beberapa tipe laser dapat memudarkan dan mengurangi munculnya flek hitam secara aman dan efektif. Sama seperti cryosurgery, terapi ini memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi dan risiko adanya perubahan warna serta bekas luka rendah. Walaupun aman, namun efek samping juga dapat terjadi maka diperlukan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan terapi ini.
  • Intense Pulsed Light: metode ini juga dapat menyamarkan dan menghilangkan flek hitam dengan cara memancarkan gelombang terhadap sel pigmen.
  • Chemical Peeling: pada terapi ini, larutan kimia akan dioleskan di wajah dan larutan ini akan menyebabkan kulit wajah bagian luar menjadi terkelupas. Terapi ini dapat menyamarkan flek hitam. Perlu diketahui efek samping dari terapi ini yaitu kulit mengelupas, kemerahan dan akan terasa perih.

Pencegahan

Cara pencegahan flek hitam yang utama adalah menghindari sinar matahari dan melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara:

  • Menggunakan tabir surya dengan SPF 30-50 yang tahan air. Tunggu 15 menit sebelum keluar rumah untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Tetap gunakan tabir surya saat musim dingin untuk mencegah pigmentasi yang lebih lanjut.
  • Menggunakan topi bertepi lebar.
  • Menggunakan payung saat berpergian dapat menjadi alternatif agar terhindar dari sinar UV.
  • Menggunakan pakaian dan celana dengan lengan panjang.
  • Menghindari saat sinar matahari paling panas, yaitu antara jam 10 pagi sampai 4 sore.
  • Berteduh dan tetap di dalam ruangan atau gedung.

Individu yang memilliki keturunan flek hitam perlu melakukan pencegahan sejak kecil. Kebanyakan kerusakan yang disebabkan sinar matahari dan UV terjadi ketika berumur di bawah 18 tahun. Pencegahan juga penting karena biasanya individu yang terkena flek hitam (berkulit putih dan berwarna rambut pirang atau merah) juga lebih rentan terhadap kanker kulit.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Flek hitam tidak berbahaya, tetapi jika terdapat satu atau lebih karakteristik di bawah ini, maka perlu diperiksakan ke dokter. Berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi bercak hitam yang dicurigai kanker kulit :

  • A (asimetris)

 Pengertian dari asimetris adalah bentuk dari bercak kehitaman yang tidak beraturan. Untuk mengetahuinya Anda dapat membagi dua bercak dengan  membentuk gambar garis pada bagian tengah bercak, Apabila bentuk kedua sisi yang tidak sama, maka bintik tersebut asimetris.

  • B (border/tepi)

       Tepi bintik atau batas pada bercak yang bersifat kanker cenderung tidak rata, dan bergelombang. Batas dari bercak kehitaman tidak jelas.

  • C (color/warna)

        Adanya warna yang berbeda-beda pada satu bercak merupakan tanda bahaya.

  • D (diameter)

        Tanda keganasan adalah ketika bercak kehitaman lebih besar dari 6 milimeter.

  • E (evolving/berkembang)

        Catat perubahan pada bentuk, ukuran, warna atau tinggi permukaan dan laporkan ke dokter. Kanker kulit dapat membesar, nyeri, gatal bahkan berdarah.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkonsultasi dengan Dokter?

Lakukan pemeriksaan sendiri terhadap bintik atau tanda yang muncul dan bandingkan dengan ciri-ciri yang ada di atas (ABCDE). Apabila ada satu karakteristik yang sesuai, buatlah janji untuk berkonsultasi dengan dokter.

Apa yang Akan Dilakukan Dokter pada Saat Konsultasi?

Dokter akan memeriksa karakteristik dari bintik yang timbul untuk membuat diagnosis. Kadang biopsi kulit juga dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosis.

Selain itu, dokter akan melakukan anamnesa atau tanya-jawab yang berkenaan dengan kondisi tubuh yang berhubungan dengan keganasan yaitu apakah Anda mengalami penurunan berat badan yang drastis, tidak  nafsu makan, dan tubuh terasa lemas.

Referensi

Dermnet NZ. https://www.dermnetnz.org/topics/ephelis/
diakses pada 4 Desember 2018.

Healthline. https://www.healthline.com/health/what-are-freckles#when-to-see-a-doctor
diakses pada 4 Desember 2018.

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/freckles/article.htm#why_do_freckles_form_on_body_areas_not_exposed_to_the_sun
diakses pada 4 Desember 2018.

Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/moles -freckles-skin-tags#1
diakses pada 4 Desember 2018.

Back to Top