Degenerasi Makula

Ditinjau dr. Miranda Rachellina
Bagian tengah retina disebut sebagai makula dan berfungsi melihat obyek secara detail.
Bagian tengah retina disebut sebagai makula dan berfungsi melihat obyek secara detail.

Pengertian Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah gangguan penurunan penglihatan sentral. Penglihatan sentral adalah apa yang Anda lihat ketika Anda sedang melihat lurus kedepan. Sedangkan, penglihatan periferal adalah apa yang Anda lihat di sudut mata ketika Anda melihat lurus ke depan. Degenerasi makula tidak menyebabkan kebutaan total karena tidak memengaruhi penglihatan periferal Anda.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Gejala-gejala yang dialami penderita degenerasi macula, antara lain:

  • Penglihatan menjadi buram
  • Pandangan kabur di area penglihatan. Misalnya saat melihat 3 tiang di depan, dalam sekali pandangan lurus hanya bisa melihat tiang di sisi kanan dan kiri, tapi tiang di tengah tidak jelas dan dapat terlihat gelap.
  • Menurunnya kualitas penglihatan sehingga menjadi buram dan memiliki kesulitan untuk membaca huruf, serta melihat garis lurus seperti bergelombang atau tidak rata.
  • Mengalami kesulitan saat menyetir
  • Menurun atau berubahnya persepsi saat melihat

Penyebab

Degenerasi makula terjadi ketika bagian tengah retina memburuk. Retina adalah lapisan dalam bola mata bagian belakang yang fungsinya adalah merekam gambar yang kita lihat dan mengirim gambar tersebut ke otak melalui saraf optik. Retina bagian tengah disebut sebagai makula, yang berfungsi untuk penglihatan sentral dan mengontrol kemampuan untuk membaca, menyetir mobil, mengenali wajah atau warna, dan melihat obyek secara detail.

Penyebab terjadinya degenerasi pada macula ini tidak diketahui. Degenerasi makula dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain memiliki riwayat keluarga yang juga menderita degenerasi makula, merokok, kelebihan berat badan, memiliki penyakit kardiovaskular, dan faktor usia diatas 65 tahun.

Diagnosis

Degenerasi macula didiagnosis dengan beberapa cara. Dokter mata dapat menggunakan tetes mata khusus untuk melebarkan pupil Anda dan memeriksa bagian belakang mata Anda untuk melihat apakah terdapat tanda-tanda adanya cairan, darah, atau endapan lain.

Selama pemeriksaan mata berlangsung, dokter mata juga dapat memeriksa bidang penglihatan pusat Anda dengan meminta Anda untuk melihat gambar. Jika beberapa garis pada gambar nampak luntur atau patah, ini merupakan salah satu tanda degenerasi makula.

Dokter mata dapat juga melakukan tes lainnya,yaitu:

  • Fluorescein angiography. Dokter mata menyuntikkan pewarna ke dalam pembuluh darah di lengan Anda untuk memeriksa pembuluh darah di mata Anda. Kemudian, mereka akan menggunakan kamera khusus untuk mengambil foto mata Anda. Dokter mata akan memeriksa foto-foto ini untuk mencari masalah dan perubahan pada pembuluh darah dan retina mata Anda.
  • Indocyanine green angiography. Dokter mata menggunakan tes ini untuk mengonfirmasi hasil dari tes fluorescein angiography.
  • Optical coherence tomography. Pemeriksaan ini untuk memeriksa kondisi retina dan dapat digunakan sebagai evaluasi respon pengobatan .

Pengobatan

Cara mengobati degenerasi makula antara lain dengan:

  • Pemberian obat anti-angiogenik. Obat-obatan golongan ini berfungsi untuk mencegah pembentukan pembuluh darah baru dan kebocoran dari pembuluh darah yang abnormal di mata yang dapat menyebabkan degenerasi makula.
  • Terapi laser. Terapi ini dapat menghancurkan pembuluh darah abnormal yang tumbuh secara aktif dari AMD.
  • Terapi laser fotodinamis. Dokter akan menyuntikkan obat ke aliran darah, yang diserap oleh pembuluh darah abnormal di mata Anda. Kemudian dokter akan menyinarkan laser ke mata penderita untuk mengaktifkan obatnya yang merusak pembuluh darah abnormal.
  • Pemberian vitamin. Pemberian vitamin C dan E, beta karoten, zinc, dan copper pada pasien tertentu dengan level intermediate sampai advance degenerasi makula dinilai bermaanfaat pada sebuah studi.
  • Pemberian alat bantu penglihatan Anda dapat memperoleh perangkat yang memiliki lensa khusus atau sistem elektronik untuk memperbesar gambar dari objek terdekat.
  • Operasi submakula. Dokter bedah mengangkat pembuluh darah, jaringan parut, atau darah yang tidak normal.
  • Translokasi retina mata. Ini merupakan prosedur yang menghancurkan pembuluh darah abnormal di mata Anda yang berada langsung di bawah pusat makula Anda. Itu adalah titik yang tidak bisa di jangkau dokter dengan sinar laser.

Pencegahan

Cara mencegah terjadinya degenerasi macula adalah dengan memelihara gaya hidup sehat, antara lain dengan berhenti merokok jika selama ini Anda merokok, makan makanan sehat, menjaga berat badan ideal, dan banyak berolahraga. Degenerasi makula pada umumnya tidak dapat dicegah, tetapi dapat didiagnosis kondisinya sejak dini dengan pemeriksaan mata secara teratur. Pengobatan lebih awal dapat memperlambat perkembangan penyakit dan meminimalkan hilangnya penglihatan.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter mata ketika Anda mengalami gejala-gejala degenerasi makula dan memastikan Anda melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Apa yang Akan Dilakukan Dokter pada Saat Konsultasi?

Dokter mata akan menggunakan kaca pembesar dengan cahaya untuk melihat bagian belakang mata Anda dan memeriksa penglihatan Anda. Dokter mata juga mungkin akan memberikan obat tetes mata untuk mempermudah mereka melihat masalahnya. Ini dapat membuat penglihatan Anda buram selama beberapa jam.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/macular-degeneration
Diakses pada 16 November 2018

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/age-related-macular-degeneration-amd/getting-diagnosed/
Diakses pada 16 November 2018

WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/macular-degeneration/age-related-macular-degeneration-overview#2
Diakses pada 16 November 2018

Back to Top