Coxsackie

Ditinjau dr. Indra Wijaya
Gejala infeksi coxsackie virus pada bayi dan anak-anak diantaranya adalah demam, ruam, sakit tenggorokan dan sakit kepala.
Infeksi virus coxsackie biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Pengertian Coxsackie

Coxsackie merupakan salah satu virus dari keluarga enterovirus. Enterovirus juga disebut sebagai picornavirus atau virus RNA kecil. Bayi dan anak-anak lebih rentan terkena virus coxsackie. Virus ini menular melalui tangan atau permukaan benda yang telah terkontaminasi feses.

Contoh penyakit yang disebabkan oleh virus coxsackie adalah Penyakit Tangan Kaki dan Mulut (Hand Foot and Mouth Disease), Herpangina, dan Konjungtivitis Hemoragik. Infeksi virus coxsackie biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun pada sebagian kasus yang langka virus ini dapat menimbulkan infeksi yang serius pada penderita.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Sekitar 90% infeksi tidak menimbulkan gejala, adapula gejala yang timbul merupakan gejala ringan. Gejala infeksi coxsackie virus, diantaranya adalah:

Pengobatan

Tidak ada pengobatan spesifik untuk infeksi virus coxsackie. Antibiotik tidak efektif dalam pengobatan virus coxsackie. Dokter biasanya merekomendasikan pasien untuk beristirahat, minum banyak air, atau memberikan obat penghilang rasa sakit atau demam jika diperlukan.

Referensi

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/coxsackie.html
diakses pada 9 Oktober 2018.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/coxsackievirus/expert-answers/faq-20058531
diakses pada 9 Oktober 2018.

Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/coxsackie-virus
diakses pada 9 Oktober 2018.

Back to Top