Brucellosis adalah infeksi bakteri dari genus Brucella yang disebarkan dari hewan ke manusia
Bakteri Brucella sp. tersebar melalui produk susu atau daging mentah.

Brucellosis adalah infeksi bakteri dari genus Brucella (bakteri gram negatif) yang disebarkan dari hewan ke manusia. Infeksi ini paling sering terjadi melalui susu yang tidak dipasteurisasi, keju dan produk susu lainnya, maupun makanan yang terkontaminasi seperti daging mentah. Bakteri penyebab brucellosis juga dapat menyebar melalui udara, atau lewat kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, serta luka yang terbuka.

Orang dengan pekerjaan yang mengharuskan kontak langsung dengan hewan mempunyai risiko paling tinggi untuk menderita brucellosis. Gejalanya dapat meliputi demam, nyeri sendi dan kelelahan berat. Infeksi ini biasanya diobati dengan antibiotik, dan dapat berlangsung dalam hitungan minggu hingga bulan. Selain itu, penyakit ini juga secara umum bisa kambuh.

Gejala-gejala yang dialami penderita brucellosis dapat timbul sewaktu-waktu, mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan setelah terinfeksi. Tanda dan gejala yang dialami penderitanya, serupa dengan tanda serta gejala flu. Misalnya demam, meriang, kehilangan nafsu makan, berkeringat, merasa lemas, kelelahan, nyeri pada sendi, otot dan punggung, serta sakit kepala.

Gejala brucellosis dapat hilang selama beberapa minggu atau bulan, tetapi kemudian kambuh. Pada beberapa orang, brucellosis dapat menjadi kronis. Gejalanya dapat bertahan selama bertahun-tahun walaupun sudah diobati. Tanda dan gejala brucellosis kronis antara lain kelelahan berat, demam yang berulang, arthritis, endokarditis (pembengkakan jantung), dan spondilitis (radang sendi pada tulang belakang dan sendi yang berdekatan).

Brucellosis disebabkan oleh bakteri Brucella sp., yaitu bakteri gram negatif. Brucellosis menginfeksi banyak hewan liar maupun domestik seperti sapi, kambing, domba, babi, anjing, unta, babi hutan dan rusa sangat rentan terhadap penyakit ini. Bakteri dapat menyebar dari hewan ke manusia dengan tiga cara utama yaitu:

Melalui produk susu

Susu, keju, mentega, es krim yang tidak dipasteurisasi, daging mentah atau kurang matang dari hewan yang terinfeksi.

Melalui inhalasi

Penghirupan udara yang terkontaminasi umumnya terjadi pada petani, teknisi laboratorium dan pekerja di rumah potong hewan.

Melalui kontak langsung

Kondisi ini bisa terjadi ketika bakteri dalam darah, semen atau plasenta dari hewan yang terinfeksi, masuk ke dalam peredaran darah manusia melalui luka terbuka, terutama pada individu dengan gangguan kekebalan tubuh.

Biasanya brucellosis tidak dapat menular antarmanusia. Namun dalam beberapa kasus, wanita dapat menularkannya kepada bayi pada saat melahirkan maupun menyusui. Brucellosis dapat menular melalui aktivitas seksual, darah yang terkontaminasi, maupun melalui transfusi sumsum tulang, walaupun jarang.

Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan antara lain terhadap kultur darah, kultur urine, sumsum tulang, cairan serebrospinal, dan antibodi terhadap brucellosis.

Brucellosis biasanya diobati dengan antibiotik seperti rifampicin dan doksisiklin. Anda perlu meminum antibiotik tersebut selama setidaknya 6 minggu.

Beberapa cara untuk mencegah brucellosis antara lain dengan menghindari konsumsi daging mentah atau susu, keju dan es krim yang tidak dipasteurisasi. Selain itu, Anda sebaiknya mengenakan sarung tangan dan kacamata pelindung saat menangani hewan, menutup luka terbuka pada kulit ketika bersentuhan dengan darah hewan, dan memakai pakaian pelindung serta sarung tangan saat membantu hewan melahirkan. Selain itu, hewan peliharaan Anda sebaiknya juga mendapatkan vaksin brucellosis.

Brucellosis dapat sulit diidentifikasi, terutama pada stadium awal, ketika muncul tanda dan gejala yang serupa dengan flu. Segera temui dokter jika Anda mengalami demam dengan peningkatan suhu yang cepat, nyeri otot atau kelemahan otot yang tidak biasanya, mempunyai faktor risiko, atau menderita demam yang persisten.

Anda juga sebaiknya segera menemui dokter jika mengalami gejala-gejala brucellosis dan telah mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi, daging mentah atau setengah matang, maupun berdekatan dengan hewan ternak.

Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menggerakkan sendi, dan memeriksa rasa sakit serta kekakuan di tubuh, memeriksa kekuatan dan relfleks otot Anda. Dokter juga akan menekan perut Anda untuk mencari kemungkinan adanya organ yang membesar atau melunak.

Healthline. https://www.healthline.com/health/brucellosis
Diakses pada 5 Desember 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/brucellosis/symptoms-causes/syc-20351738
Diakses pada 5 Desember 2018

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/brucellosis/#
Diakses pada 5 Desember 2018

Artikel Terkait