Bibir sumbing ditunjukkan dengan kelainan di bagian atas bibir atau langit-langit mulut
Bibir sumbing ditunjukkan dengan kelainan di bagian atas bibir dan/atau langit-langit mulut.

Bibir sumbing adalah kelainan di bagian atas bibir dan/atau langit-langit mulut. Kelainan ini terjadi karena kurangnya jaringan di daerah mulut atau bibir pada saat bayi masih di kandungan, sehingga jaringan yang tersedia tidak menutup dengan sempurna dan bercelah.

Bibir sumbing adalah salah satu cacat bawaan yang paling umum namun dapat diperbaiki. Serangkaian operasi dapat mengembalikan fungsi normal dan mengubah penampilan dari mulut dan bibir.

Biasanya, bibir sumbing dapat segera diidentifikasi saat bayi lahir. Bibir sumbing dapat muncul sebagai:

  • Belahan di bibir dan langit-langit mulut yang memengaruhi satu atau kedua sisi wajah
  • Belahan di bibir yang muncul seperti cekungan kecil atau dapat memanjang dari bibir ke gusi, dan ke bagian bawah hidung
  • Belahan di langit-langit mulut yang tidak memengaruhi penampilan wajah

Ada pula gejala bibir sumbing yang tidak diketahui pada saat lahir dan tidak dapat didiagnosa saat lahir. Tanda dan gejala sumbing langit-langit submukosa dapat meliputi:

  • Kesulitan untuk menyusui
  • Kesulitan menelan, makanan dan minuman dapat keluar dari hidung
  • Suara bindeng
  • Infeksi telinga kronis

Jaringan yang membentuk bibir biasanya terbentuk saat bulan kedua dan ketiga kehamilan. Namun pada kasus bibir sumbing, jaringan di wajah dan mulut bayi tidak menyatu dengan benar dan membuat celah antara bibir, gusi, hingga bawah hidung.

Para peneliti beranggapan bahwa kebanyakan kasus bibir sumbing disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Ibu dan ayah dapat mewariskan gen yang menyebabkan bibir sumbing.

Sebagian besar kasus bibir sumbing dapat langsung terlihat setelah lahir dan tidak memerlukan tes khusus untuk mendiagnosisnya. Namun, beberapa kasus bibir sumbing juga bisa terdeteksi melalui USG di sekitar minggu ke-13 kehamilan.

Jika USG prenatal menunjukan adanya kelainan fisik pada bayi, dokter Anda mungkin akan menawarkan prosedur untuk mengambil sampel cairan ketuban dari rahim (aminiocentesis). Tes cairan tersebut dapat membantu mengindikasikan bila janin mewarisi sindrom genetik yang dapat menyebabkan cacat lahir lainnya.

Tim untuk merawat bibir sumbing pada anak terdiri dari gabungan para ahli seperti dokter spesialis anak, dokter gigi spesialis bedah mulut, serta dokter spesialis bedah plastik. Bibir sumbing umumnya dirawat dengan prosedur operasi, namun perawatan lain seperti terapi bicara dan perawatan gigi juga akan dilakukan.

Perawatan bibir sumbing akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Secara umum, perawatan yang akan dilakukan untuk penderita bibir sumbing meliputi:

  • Bantuan untuk menyusui, pemberisan dukungan untuk orang tua, pemeriksaan pendengaran dan pemeriksaan kesehatan anak pada saat bayi baru lahir hingga berusia 6 minggu.
  • Operasi untuk memerbaiki sumbing pada bibir pada usia 3-6 bulan dan operasi untuk memperbaiki sumbing pada langit-langit mulut pada usia 6-12 bulan.
  • Pemeriksaan kemampuan bicara pada usia 18 bulan - 5 tahun.
  • Melakukan prosedur cangkok tulang pada celah sumbing di area gusi.
  • Perawatan kawat gigi dan pemantauan pertumbuhan tulang rahang  pada usia 12 - 15 tahun.

Anak dengan bibir sumbing juga perlu untuk melakukan kunjungan berkala ke dokter agar pertumbuhannya dapat dipantau dengan baik. Kunjungan ini disarankan terus dilakukan berkala hingga anak berusia 21 tahun, saat pertumbuhan telah berhenti.

Meski kebanyakan kasus bibir sumbing tidak dapat dicegah, risikonya dapat diturunkan dengan:

  • Konseling genetik. Jika anda memiliki riwayat keluarga bibir sumbing, beritahu dan konsultasikan dengan dokter.
  • Vitamin prenatal. Jika anda sedang merencanakan kehamilan, anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengonsumsi vitamin prenatal.
  • Jangan mengonsumsi tembakau atau alkohol. Penggunaan alkohol atau tembakau selama kehamilan akan meningkatkan risiko cacat lahir.

Bibir sumbing biasanya dapat terlihat saat lahir. Namun, jika bayi anda memiliki tanda dan gejala bibir sumbing, segera buat janji dengan dokter anak anda.

Ada beberapa persiapan yang perlu diketahui, diantaranya:

  • Tanyakan kepada suster atau cari tahu apa yang perlu anda persiapkan sebelum membuat janji
  • Tuliskan daftar tanda atau gejala apa pun yang dialami bayi Anda
  • Pertimbangkan untuk mengajak anggota keluarga terdekat. Memiliki pendamping akan memudahkan anda untuk mengingat semua informasi yang diberikan dokter.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cleft-palate/symptoms-causes/syc-20370985
diakses pada 27 September 2018.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/cleft-lip-and-palate/treatment/
diakses 18 Februari 2019.

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/cleft-lip-cleft-palate#1
diakses pada 27 September 2018.

Artikel Terkait