Kulit & Kelamin

Bercak Putih pada Kulit

Diterbitkan: 16 Jun 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Bercak Putih pada Kulit
Bercak putih pada kulit sering terjadi bahkan tanpa disadari. Kebanyakan penyebabnya adalah hal yang tidak membahayakan. Penyebab paling sering dari kondisi ini adalah paparan sinar matahari yang berlebihan.Jika tidak membahayakan, bercak putih pada kulit biasa disebut sebagai hypomelanosis guttate idiopatik. Meski kebanyakan jinak, kehadiran bintik-bintik ini bisa juga karena sesuatu yang membahayakan.Terkadang bintik putih pada kulit seperti panu bisa muncul. Hal tersebut biasanya terjadi karena bagian tersebut muncul lebih terang daripada kulit di sekitarnya.Hal tersebut dapat terjadi ketika protein kulit atau sel-sel mati terperangkap di bawah permukaan kulit. Selain itu, munculnya bintik putih bisa juga akibat dari depigmentasi, atau kehilangan warna. 
Ada banyak penyebab bercak putih pada kulit baik itu berupa kondisi medis atau faktor tertentu. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan hal tersebut antara lain:
 
Bercak putih pada kulit umumnya akan hilang dengan sendirinya. Namun jika kondisi ini hadir berlarut-larut, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Mereka akan menentukan penyebab dan membantu mengatasi hal yang dianggap banyak orang sebagai penyakit kulit ini.Anda juga harus menemui dokter jika kondisi ini menimbulkan beberapa kondisi di bawah ini:
  • Menimbulkan rasa tidak nyaman
  • Muncul gejala gatal dan kulit kering
  • Bercak tampak merah atau meradang
  • Kondisi kulit terlihat seperti tambalan bersisik yang mengandung atau mengeluarkan cairan
  • Anda merasa terganggu dan stres karena hal ini mengganggu penampilan
 
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/white-spots-on-skin
Diakses pada 16 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319887
Diakses pada 16 Juni 2021
Medicinenet. https://www.medicinenet.com/what_causes_small_white_spots_on_skin/article.htm
Diakses pada16 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email