Kulit & Kelamin

Bercak Hitam di Kulit

Diterbitkan: 16 Jun 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Bercak Hitam di Kulit
Bintik hitam di kulit biasa disebut dengan istilah medis hiperpigmentasi. Kondisi ini mungkin memiliki penyebutan berbeda yang tergantung penyebabnya. Kemunculan bintik hitam pada kulit bisa muncul pada usia berapa saja.Kondisi ini makin berpeluang diderita ketika seseorang menginjak usia paruh baya. Umumnya, sinar matahari yang bertanggung jawab. Namun, kondisi kulit tertentu juga bisa menjadi sebab kemunculannya.Bercak demikian umumnya tidak membahayakan dan bisa jadi muncul karena efek samping obat. Kehadirannya cenderung bisa dihilangkan jika memang sudah dianggap mengganggu atau membahayakan. Sebab, bintik hitam di kulit terkadang mengindikasikan kehadiran kanker. 
Penyebab bercak hitam di kulit ada beragam kondisi. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan munculnya bercak hitam di kulit antara lain:
 
Kehadiran bercak hitam di kulit biasanya tidak membahayakan. Hanya saja, beberapa kondisi mungkin mengindikasikan hal yang membahayakan. Untuk mengetahui dampaknya bagiJangan menunda konsultasi dengan dokter jika bercak hitam di kulit disertai dengan beberapa hal di bawah ini:
  • Muncul secara mendadak
  • Disertai dengan gejala kulit gatal
  • Mengalami kesemutan
  • Bercak hitam mengeluarkan darah
  • Bercak mengalami perubahan warna atau ukuran
 
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833
Diakses pada 16 Juni 2021
Verywell Health. http://www.verywellhealth.com/causes-of-dark-spots-1069545
Diakses pada 16 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email