Penyakit Lainnya

Benda Asing Dalam Rektum

Diterbitkan: 07 Nov 2019 | dr. Reisia Palmina BrahmanaDitinjau oleh dr. Anandika Pawitri
image Benda Asing Dalam Rektum
Rektum adalah bagian paling akhir dari saluran pencernaan. Seharusnya, rektum hanya diisi oleh tinja. Namun kadang ditemukan benda selain tinja di dalamnya. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal sebagai benda asing dalam rektum.Benda ini dapat berupa makanan yang tidak dicerna dengan baik seperti sayuran atau benda yang dimasukkan melalui lubang anus (dubur) seperti sex toy.
Benda Asing Dalam Rektum
Dokter spesialis Umum
Benda asing dalam rektum umumnya tidak memberikan gejala yang khusus. Penderita dapat menyadari adanya benda asing di dalam rektum, kecuali jika penderita mengalami gangguan kejiwaan atau masih anak-anak.Keluhan penderita umumnya sebatas rasa tidak nyaman dan nyeri di area sekitar dubur. Jika penyakit ini telah berkembang dan menimbulkan infeksi, maka dapat ditemukan keluhan berupa:
Benda asing dalam rektum dapat disebabkan oleh 2 hal yaitu:

Mengonsumsi makanan atau benda yang tidak dapat dicerna dengan baik

Umumnya makanan akan dicerna oleh tubuh dan sisanya dari zat yang tidak berguna akan dijadikan tinja yang bertekstur lembut. Namun ada juga benda yang tidak dapat dicerna dengan baik sehingga menjadi benda asing dalam rektum. Beberapa contoh dari benda tersebut adalah:
  • Tulang.
  • Perhiasan seperti cincin.
  • Koin.
  • Sayuran.
  • Tusuk gigi.

Memasukkan benda melalui dubur

Benda yang sering dimasukan melalui dubur dan kemudian menyebabkan penyakit ini adalah:
  • Sex toy seperti vibrator.
  • Termometer (termometer yang pecah di dalam rectum tidak dapat dikeluarkan sehingga menjadi benda asing dalam rektum).
  • Botol. 
Penyakit ini didiagnosis berdasarkan tanya jawab, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Dokter akan mencurigai adanya benda asing di dalam rektum terutama pada pasien yang memiliki masalah kejiwaan dan anak-anak.Keakuratan diagnosis penyakit ini sangat ditentukan dari tanya jawab antara dokter dan penderita, oleh karena itu pasien diharapkan menjawab pertanyaan dengan sejujur-jujurnya.Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik seperti:
  • Pemeriksaan perut

Dokter akan melihat dan menekan beberapa area di perut untuk memastikan apakah timbul nyeri saat ditekan.
  • Pemeriksaan dubur

Dokter akan meminta Anda membuka celana dan berbaring di meja pemeriksaan. Dokter akan mengamati apakah ada luka di sekitar dubur dan kemudian akan memasukkan jarinya ke dalam dubur. Pemeriksaan ini dinamakan rectal touche atau colok dubur.Dokter juga akan meminta untuk dilakukan pemeriksaan penunjang jika hal ini dianggap perlu. Pemeriksaan penunjang tersebut ialah:
  • Protoscope examination

Dokter akan memasukkan pipa kecil dengan kamera melalui dubur. Tujuan dari prosedur ini adalah melihat apakah ada benda asing atau tidak.
  • Foto sinar X

Dokter akan meminta foto X-ray untuk memastikan diagnosis dan juga untuk menentukan tingkat keparahan penyakit. Anda tidak perlu melepas pakaian dan hanya diminta untuk berbaring.
Penanganan benda asing dalam rektum tergantung dari letak benda tersebut di dalam rektum. Jika benda tersebut ada di dekat dubur maka pengambilan benda asing dapat dilakukan di IGD (Instalasi Gawat Darurat), namun jika jauh dari dubur maka pengambilan benda asing harus dilakukan di kamar operasi.Jika terdapat tanda-tanda infeksi seperti nyeri perut, demam dan BAB berdarah maka penderita akan diberikan antibiotik.Pemeriksaan penunjang dapat dianjurkan kembali setelah pengambilan benda asing untuk memastikan bahwa benda asing benar telah diambil dari rektum.
Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi terutama pada anak-anak dan penderita masalah kejiwaan. Pastikan mereka tidak mengonsumsi benda yang tidak dapat dicerna seperti cincin. Anda juga harus berhati-hati jika memasukkan benda seperti termometer ke dalam dubur.
Segera kunjungi dokter bila merasa menelan sesuatu yang keras atau ada benda yang menyangkut di dubur.
Sebelum pemeriksaan, Anda dapat mempersiapkan beberapa hal di bawah ini:
  • Buat daftar seputar gejala yang Anda rasakan.
  • Catat riwayat penyakit yang pernah dan sedang Anda alami.
  • Catat obat-obatan yang anda konsumsi.
  • Catat pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan pada dokter.
Saat pemeriksaan, dokter mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini:
  • Apa saja gejala yang Anda rasakan?
  • Apakah Anda sudah mencari pertolongan medis sebelumnya dan apa saja hal yang sudah Anda coba?
  • Apakah Anda telah berusaha mengeluarkan benda asing tersebut?
Setelah itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin menganjurkan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis.
WebMd. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/foreign-body-rectum#3Diakses 5 November 2019Medscape. https://emedicine.medscape.com/article/776795-treatmentDiakses 5 November 2019WJES. https://wjes.biomedcentral.com/articles/10.1186/1749-7922-8-11Diakses 5 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email

Artikel Terkait

Fungsi Membran Sel, Si Dinding Pelindung Sel Tubuh

Membran sel merupakan bagian terluar dari sel yang membentuk tubuh manusia. Meskipun hanya berupa lapisan tipis, tetapi fungsi membran sel sangat penting untuk menyokong pertumbuhan sel, membentuk struktur sel, dan sebagainya.
04 Nov 2019|Anita Djie
Baca selengkapnya
Selain melindungi sel, fungsi membran sel adalah menyokong struktur sel

Serotonin Adalah Senyawa yang Berperan Penting Dalam Tubuh

Serotonin adalah senyawa kimiawi yang berperan dalam rasa bahagia. Rendahnya kadar serotonin dikaitkan dengan gangguan psikologis. Zat ini harus selalu seimbang.
06 Dec 2019|Arif Putra
Baca selengkapnya
Serotonin adalah senyawa kimiawi yang dapat mengatur mood

Sitz Bath Adalah Merendam Area Genital dan Bokong, Apa Manfaatnya Bagi Ibu Melahirkan?

Mudah untuk dilakukan sendiri di rumah, sitz bath dapat membantu menyembuhkan masalah kesehatan pada area genital dan juga anus. Selain itu, terapi ini juga cocok untuk wanita yang baru saja melahirkan.
06 Sep 2020|Bayu Galih Permana
Baca selengkapnya
Tuangkan air hangat ke alat sitz bath agar Anda dapat merendam area genital dan anus dengan nyaman