Kandungan

Bekas Jahitan Melahirkan Terasa Ngilu

13 Sep 2021 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Bekas Jahitan Melahirkan Terasa Ngilu
Bekas jahitan melahirkan yang terasa ngilu biasanya akan hilang dengan sendirinya
Bekas jahitan melahirkan terasa ngilu adalah hal yang wajar untuk terjadi, asalkan intensitasnya ringan dan tidak ada gejala lain yang menyertai. Biasanya rasa ngilu tersebut mulai muncul setelah pengaruh obat bius hilang.Sebagian besar proses kelahiran akan menghasilkan robekan di vagina dan area sekitarnya. Untuk menyatukan robekan tersebut, dokter perlu menjahitnya. Selain karena robekan alami, ada juga suatu prosedur yang disebut episiotomiProsedur episiotomy dilakukan dengan melibatkan pembuatan sayatan kecil di perineum, yakni area antara vagina dan anus. Tindakan ini dilakukan untuk melebarkan jalan lahir bayi pada kondisi tertentu. Umumnya, jahitan bekas melahirkan ini akan sembuh dengan sendirinya. Luka jahitan akan menyatu dengan daging dalam waktu 2-3 minggu setelah melahirkan, tapi rasa sakit mungkin masih bisa terasa hingga sebulan.Proses penyembuhan pada tiap individu pun bisa berbeda-beda. Jahitan yang berjumlah lebih banyak biasanya memerlukan waktu 6-8 minggu untuk sembuh seluruhnya. Untuk meringankan gejala yang mungkin muncul dari bekas jahitan ini, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya:
  • Berendam di air hangat
  • Duduk di permukaan yang empuk
  • Rajin cuci tangan 
  • Minum banyak air putih
  • Pastikan lokasi jahitan agar selalu kering
  • Jika menggunakan pembalut, hindari pembalut yang mengandung gel.
Apabila sudah merawat jahitan dengan baik, namun rasa ngilu dan perih tetap muncul, Sebaiknya segera hubungi dokter. Terlebih, jika ada keluhan lain yang datang bersamaan saat rasa ngilu muncul, misalnya area vagina yang bengkak, memerah, atau menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti demam, tercium bau menyengat dari bekas jahitan, keluar nanah, dan terasa nyeri yang intens. 
Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui pemicu atau penyebab bekas jahitan melahirkan terasa ngilu. Beberapa di antaranya adalah:

1. Duduk, jongkok, berjalan, batuk dan bersin

Rasa ngilu dapat terasa pada bekas jahitan melahirkan karena adanya nyeri yang ditimbulkan dari gerakan tubuh tertentu. Gerakan normal seperti duduk, berjalan, bersin, dan batuk adalah gerakan yang paling sering memicu rasa ngilu di bekas jahitan. Setelah beberapa waktu, rasa ngilu akibat gerakan tersebut akan menghilang seiring luka bekas jahitan sembuh.

2. Buang air kecil dan buang air besar

Sering kali, buang air kecil maupun buang air besar dapat membuat bekas jahitan melahirkan terasa ngilu.Untuk meredakan rasa ngilu tersebut, gunakan air hangat saat hendak membersihkan sisa urine. Pastikan juga agar tubuh terhidrasi dengan baik dan penuhi asupan serat yang cukup agar buang air besar lebih lancar hingga tidak perlu mengejan terlalu keras. Jika mengalami konstipasi alias sembelit, konsumsi obat yang dapat melunakkan tinja.

3. Melakukan aktifitas fisik atau olahraga yang terlalu berat

Olahraga dengan banyak gerakan atau mengangkat barang berat dapat memicu munculnya rasa ngilu pada bekas jahitan. Umumnya, olahraga ringan seperti jalan sehat aman untuk dilakukan 6 minggu setelah melahirkan. Untuk olahraga yang lebih berat, biasanya dapat dilakukan 12 minggu setelah melahirkan. Waktu yang tepat untuk berolahraga setelah melahirkan dapat berbeda pada tiap orang, tergantung proses penyembuhan luka jahitan.

4. Infeksi 

Robekan yang dihasilkan saat melahirkan dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang membuat area tersebut rentan terkena infeksi. Jahitan yang terinfeksi paling sering disebabkan oleh bakteri dari spesies Streptococcus, Staphylococcus, dan PseudomonasAdapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan terjadinya infeksi pada bekas jahitan setelah melahirkan, antara lain adalah:
  • Kesalahan saat tindakan, seperti luka jahitan tidak dibersihkan dengan benar sebelum dijahit atau ebersihan yang kurang terjaga sebelum melakukan tindakan
  • Ibu yang melahirkan tersebut berusia lebih tua.
  • Mengidap penyakit tertentu seperti diabetes yang tidak terkontrol atau obesitas 
  • Mengonsumsi obat kortikosteroid seperti prednison
  • Tidak menjaga kebersihan pribadi dengan baik

5. Merokok

Berbagai zat berbahaya yang terkandung dalam rokok dapat mengurangi suplai darah ke kulit. Hal ini membuat proses penyembuhan luka di bekas jahitan akan semakin lama karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh menjadi terhambat. Risiko terpapar infeksi pun semakin tinggi karena merokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Selain itu, suatu penelitian menyebutkan bahwa dengan merokok, jaringan tubuh dapat mengalami peradangan yang bekepanjangan. 

6. Aktivitas seksual

Dikarenakan lokasi bekas jahitan ada di vagina, berbagai aktivitas seksual di area tersebut pun dapat memicu rasa ngilu. Untuk menghindarinya, bagi wanita yang menjalani episiotomi, sebaiknya menunggu hingga 6-8 minggu setelah melahirkan untuk dapat melakukan hubungan seksual yang melibatkan vagina.
Segera hubungi dokter apabila bekas jahitan melahirkan yang terasa ngilu sudah begitu mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama bila terdapat tanda dan gejala infeksi.
Babycentre. https://www.babycentre.co.uk/a536343/stitches-pain-and-bruising-after-birth
Diakses pada 10 Agustus 2021
Medscape. https://www.medscape.com/answers/796892-194117/what-are-the-risk-factors-for-postpartum-infections
Diakses pada 10 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326584#seeing-a-doctor
Diakses pada 10 Agustus 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/11307-pain-control-after-surgery
Diakses pada 10 Agustus 2021
Annals of Surgery. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22566015/
Diakses pada 10 Agustus 2021
Practical Pain Management. https://www.practicalpainmanagement.com/persistent-postsurgical-pain
Diakses pada 10 Agustus 2021
Ovia Health. https://www.oviahealth.com/guide/10673/peeing-and-pooping-after-birth/
Diakses pada 10 Agustus 2021
The American Journal of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1323208/
Diakses pada 10 Agustus 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/007645.htm
Diakses pada 10 Agustus 2021
Patient Info. https://patient.info/infections/wound-infection
Diakses pada 10 Agustus 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-not-to-do-after-surgery-3156899
Diakses pada 10 Agustus 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/recovering-delivery.html
Diakses pada 10 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/infected-stitches#outlook
Diakses pada 10 Agustus 2021
NHS. https://www.nhs.uk/pregnancy/labour-and-birth/what-happens/episiotomy-and-perineal-tears/
Diakses pada 10 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email