Penyakit Lainnya

Bau Kaki

05 Apr 2021 | Lucia PriandariniDitinjau oleh dr. Anandika Pawitri
image Bau Kaki
Bau kaki bisa muncul akibat bakteri
Bau kaki atau bromodosis adalah aroma tidak sedap pada kaki akibat banyaknya keringat. Kaki adalah organ yang memiliki kelenjar keringat lebih banyak daripada anggota tubuh lain. Kelenjar ini terus mengeluarkan keringat sepanjang hari untuk menjaga agar kulit tetap lembab.Namun penyebab utama bau kaki adalah bakteri yang tinggal di dalam sepatu yang lembap oleh keringat. Bakteri ini akan berkembang biak, terutama jika Anda tidak mengenakan kaos kaki.Untuk mengurangi risiko bau kaki, Anda dapat mencuci sepatu lebih sering, mengenakan kaos kaki, dan hindari mengenakan sepatu yang terbuat dari plastik. Namun pada beberapa kasus, bau kaki dapat menjadi tanda kondisi medis yang perlu penanganan dokter. 
Penyebab utama bau kaki adalah bakteri Kyetococcus sedentarius yang mengonsumsi sel-sel kulit mati dan minyak dari kulit kaki. Jika berkembang biak, bakteri akan mengeluarkan asam organik yang membuat kaki mengeluarkan bau.Jika terus berkembang, bakteri ini akan mengeluarkan senyawa belerang yang mudah menguap dan beraroma menyengat. Kondisi ini semakin buruk pada orang yang mengalami hiperhidrosis atau berkeringat berlebihan.Penyebab lain:
  • Tinea pedis atau kurap kaki
  • Konsumsi obat-obatan
  • Terlalu lama mengenakan alas kaki tertutup
  • Mengenakan sepatu yang terlalu sempit
  • Sedang stress
  • Hiperhidrosis
  • Kurang menjaga kebersihan kaki
  • Sepatu dan kaos kaki tertentu dapat meningkatkan produksi keringat
Remaja dan ibu hamil lebih berisiko mengalami bau kaki. 
Bau kaki dapat mengganggu kepercayaan diri. Infeksi jamur yang tidak ditangani juga dapat menyebar ke jari kaki yang butuh waktu lama untuk ditangani.Anda dapat berkonsultasi  ke dokter jika berbagai penanganan mandiri tidak berhasil meredakan bau kaki. Atau jika bau kaki telah memengaruhi keseharian Anda.Dokter dapat meresepkan antiprespirant yang lebih kuat dan saran penanganan untuk mengatasi kelebihan keringat. Dokter juga dapat mendiagnosa penyebab lain seperti hiperhidrosis dan memberikan penanganan.  
NHS. https://111.wales.nhs.uk/Bromodosis(smellyfeet)
Diakses pada 17 Februari 2021
Netdoctor. https://www.netdoctor.co.uk/conditions/skin-and-hair/a30678595/smelly-feet-bromodosis/
Diakses pada 17 Februari 2021
Kids ealth. https://kidshealth.org/en/kids/feet-stink.html
Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email