Batu Kelenjar Air Liur

Ditinjau drg. Nina Hertiwi Putri
Kebanyakan batu timbul di bawah lidah atau pada saluran kelenjar produksi air liur untuk mulut
Kebanyakan batu timbul di bawah lidah atau pada saluran kelenjar produksi air liur untuk mulut

Pengertian Batu Kelenjar Air Liur

Penyakit batu kelenjar air liur adalah suatu kondisi dimana aliran air liur terhambat akibat pembentukan batu kecil di dalam kelenjar air liur di dalam mulut. Penyakit ini bukanlah penyakit yang berbahaya dan dapat disembuhkan dengan mudah. Kondisi ini disebut juga dengan sialolitiasis.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Kebanyakan batu timbul di bawah lidah pada salah satu saluran kelenjar yang memproduksi air liur untuk mulut. Batu kelenjar ini tidak selalu dapat dilihat dari luar. Batu tersebut dapat menyebabkan:

  • Sakit pada mulut yang hilang timbul
  • Pembengkakan pada mulut yang semakin membesar dari waktu ke waktu
  • Infeksi di area sekitar kelenjar liur yang tersumbat

Jika penderita merasakan sakit saat makan yang dapat bertahan selama 1-2 jam, hal ini berarti ada kemungkinan batu telah menutupi kelenjar air liur.

Penyebab

Beberapa bahan yang terkandung di air liur seperti kalsium fosfat dan kalsium karbonat dapat mengkristal sehingga menyebabkan terbentuknya batu pada kelenjar air liur. Ukuran batu tersebut dapat bervariasi mulai dari beberapa milimeter hingga mencapai 2 sentimeter. Saat batu tersebut menghambat saluran air liur, kelenjar air liur di rongga mulut dapat membengkak.

Penyebab terbentuknya batu kelenjar air liur hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa hal kerap dikaitkan dengan kondisi ini, yaitu:

  • Mengonsumsi obat-obatan seperti obat penurun tekanan darah dan antihistamin yang dapat menyebabkan berkurangnya produksi air liur.
  • Dehidrasi. Kondisi ini dapat membuat air liur menjadi lebih kental.
  • Kurang makan, sehingga produksi air liur berkurang.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis penyakit batu kelenjar air liur, umumnya diawali dengan pemeriksaan rongga mulut secara langsung oleh dokter gigi. Pada keadaan tertentu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti rontgen, CT scan, atau pemeriksaan ultrasound.

Pengobatan

Untuk menghilangkan batu kelenjar air liur, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah merangsang pengeluaran air liur. Anda dapat menghisap buah lemon atau permen yang memiliki rasa asam. Dengan begitu, diharapkan batu tersebut akan hanyut di saluran air liur dengan sendirinya.

Apabila ukuran batu tersebut kecil, dokter gigi mungkin akan mengeluarkannya dengan cara memencetnya agar dapat keluar dari saluran. Sebaliknya, untuk batu yang berukuran cukup besar dokter akan membuat sayatan kecil di lokasi penyumbatan untuk mengeluarkannya.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

  • Jika tidak dapat menghilangkan batu sendiri atau dengan perawatan rumah
  • Ketika batu menyebabkan infeksi. Tanda-tanda infeksi termasuk sakit, kemerahan atau ada nanah di sekitar batu dan demam.
Referensi

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/salivary-gland-stones-symptoms-causes-treatments
Diakses 26 November 2018

Healthline. https://www.healthline.com/health/salivary-duct-stones
Diakses 26 November 2018

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/salivary-gland-stones/
Diakses 26 November 2018

Back to Top