Astigmatisme adalah gangguan penglihatan yang disebabkan karena gangguan kelengkungan kornea mata. Hal ini menyebabkan pandangan mata seseorang menjadi kabur baik saat melihat jarak dekat atau jauh. Astigmatisme sering terjadi sejak lahir dan mungkin terjadi dalam kombinasi dengan rabun jauh atau rabun dekat.

Gejala yang terjadi pada pengidap astigmatisme antara lain:

  • Penglihatan kabur atau terdistorsi
  • Terjadi kelelahan atau ketidaknyamanan pada mata
  • Sakit kepala
  • Kesulitan untuk melihat di malam hari
  • Sering menyipitkan mata

Astigmatisme terjadi secara alami dan kebanyakan orang terlahir dengan itu. Tidak diketahui apa penyebab pastinya. Astigmatisma juga bisa didapatkan setelah mengalami cedera mata, penyakit mata, atau operasi mata. Ada mitos yang menyebutkan bahwa anda bisa mendapatkan itu jika anda membaca dalam cahaya redup atau duduk terlalu dekat dengan televisi, tetapi hal tersebut tidak benar.

Astigmatisme didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan mata. Pemeriksaan mata lengkap melibatkan serangkaian tes untuk memeriksa kesehatan mata anda dan pembiasan (refraksi), yang menentukan bagaimana mata anda membelokkan cahaya. Dokter mata anda dapat menggunakan berbagai instrumen, mengarahkan cahaya terang langsung ke mata anda dan meminta anda untuk melihat melalui beberapa lensa. Dokter anda menggunakan tes ini untuk memeriksa mata dan penglihatan anda serta menentukan ukuran kacamata atau lensa kontak yang diperlukan untuk memberikan penglihatan yang jelas.

Hampir semua kasus astigmatisme dapat diperbaiki dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Ada dua macam pengobatan untuk astigmatisme tingkat umum, yaitu dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Jika anda memiliki astigmatisme, dokter anda mungkin akan meresepkan jenis lensa kontak lunak khusus yang disebut toric. Jika kasus astigmatisma yang anda alami lebih berat, anda dapat menggunakan lensa kontak khusus yang dapat menyerap gas. Dokter mata anda akan mencari tahu yang mana yang terbaik untuk anda. Cara pengobatan kedua adalah dengan melakukan bedah refraktif. Operasi laser ini mengubah bentuk kornea mata anda. Ada lebih dari satu jenis pembedahan, jadi dokter akan membantu anda memilih salah satu yang tepat untuk anda. anda harus memiliki mata yang sehat tanpa masalah retina atau bekas luka kornea untuk dapat menjalani operasi tersebut.

Hal yang perlu disiapkan adalah membuat daftar gejala-gejala yang sudah dialami, membuat daftar informasi pribadi, dan membuat daftar semua obat, vitamin atau suplemen yang anda konsumsi, termasuk dosisnya.

Dokter biasanya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

  • Kapan pertama kali anda mulai mengalami gejala tersebut?
  • Apakah gejala yang anda alami terjadi terus menerus atau sesekali?
  • Seberapa parah gejala yang anda alami?
  • Apa, jika ada, yang tampaknya memperbaiki gejala anda?
  • Apa, jika ada, yang tampaknya memperburuk gejala anda?

Mayo Clinic
Web MD

Artikel Terkait