Amnesia

Ditulis oleh Tim SehatQ
Ditinjau dr. Reni Utari

Pengertian Amnesia

Amnesia adalah keadaan di mana seseorang kehilangan ingatan dan tidak dapat mengingat hal-hal seperti kejadian sebelumnya. Kadang orang yang mengalami amnesia masih dapat mengingat identitas pribadi, tetapi sulit menerima dan mengingat informasi baru. Kondisi ini dapat disebabkan oleh cedera atau kerusakan pada otak.

Penjelasan Lebih Lanjut

Gejala

Dua jenis gejala amnesia yang utama, antara lain:

  • Kesulitan belajar informasi baru setelah timbulnya amnesia (amnesia anterograde).
  • Kesulitan mengingat peristiwa masa lalu dan informasi yang sebelumnya sudah diketahui atau terjadi (amnesia retrograde).

Kebanyakan orang dengan amnesia memiliki masalah ingatan jangka pendek sehingga mereka tidak dapat menyimpan informasi baru. Kejadian yang baru saja terjadi tidak dapat diingat, tapi kenangan dan ingatan lama, seperti pengalaman dari masa anak-anak, biasanya masih dapat diingat. 

Berbeda dengan demensia, orang-orang dengan amnesia biasanya dapat memahami kata-kata tertulis dan lisan, serta tetap memiliki keterampilan seperti mengendarai atau bermain piano.

Amnesia tidak memengaruhi intelegensi, kepribadian, fokus perhatian, fungsi kehidupan sehari-hari, serta pengetahuan umum yang sudah diketahui sebelumnya. Sementara, demensia dapat memengaruhi dalam proses berpikir yang dapat menyebabkan gangguan dalam fungsi kehidupan sehari-hari, seperti makan dan mandi.

Gejala lain dari amnesia, di antaranya:

  • Ingatan palsu (konfabulasi), entah benar-benar terjadi tapi diingat secara tidak tepat atau sekedar hasil imajinasi
  • Kebingungan atau disorientasi.

Penyebab

Kehilangan memori dalam derajat ringan bisa menjadi tanda dari bertambahnya usia. Terkadang juga dapat disebabkan oleh sesuatu yang umum dan dapat diobati, seperti:

Beberapa penyebab amnesia, di antaranya:

  • Anoksia, yaitu kondisi otak kekurangan oksigen
  • Kerusakan pada hipokampus akibat anoksia atau keracunan. Hipokampus adalah bagian otak yang tergabung dalam sistem yang mengatur memori
  • Cedera kepala yang memengaruhi otak
  • Kelainan otak, seperti stroke, infeksi, atau tumor
  • Penggunaan alkohol yang dapat menyebabkan amnesia anterograd sementara
  • Trauma atau stres
  • Terapi elektrokonvulsif. Terapi ini biasanya diindikasikan untuk gangguan kejiwaan dan dapat menyebabkan amnesia sementara.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis amnesia dan mencari penyebabnya, dokter akan mengajukan pertanyaan mengenai gejala yang dialami pasien. Dokter juga dapat melakukan tes kognitif (proses berpikir) untuk memeriksa memori atau melakukan tes diagnostik lainnya.

MRI dan CT scan dapat digunakan untuk memeriksa tanda-tanda kerusakan otak yang dapat menyebabkan amnesia. Tes darah juga dapat digunakan untuk memeriksa kekurangan nutrisi, infeksi, atau masalah lain.

Pengobatan

Pengobatan amnesia akan difokuskan pada penyebab yang mendasari kondisi tersebut.

Amnesia yang diinduksi secara kimia, misalnya akibat penggunaan alkohol, dapat diatasi dengan detoksifikasi. Amnesia yang terjadi akibat trauma kepala ringan biasanya hilang tanpa perawatan setelah beberapa lama.

Amnesia yang disebabkan cedera kepala berat mungkin tidak akan membaik dalam waktu singkat dan tidak dapat diprediksi kapan ingatan dapat pulih kembali.

Pencegahan

Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan di bawah ini dapat menurunkan risiko cedera kepala, demensia, stroke, dan penyebab potensial kehilangan ingatan lainnya:

  • Hindari penggunaan alkohol atau obat-obatan secara berlebihan
  • Gunakan pelindung kepala saat berolahraga jika diperlukan
  • Tetap aktif secara mental dan fisik
  • Makan makanan yang sehat untuk jantung, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein rendah lemak
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air putih.

Informasi Dokter

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Siapa pun yang mengalami kehilangan ingatan tanpa alasan jelas, cedera kepala, kebingungan, atau disorientasi memerlukan perhatian medis segera.

Seseorang dengan amnesia tidak sadar bahwa dirinya perlu mendapatkan bantuan medis. Oleh karena itu, jika seseorang yang Anda kenal mengalami amnesia, bantulah mereka untuk mendapatkan perawatan medis segera.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkonsultasi dengan Dokter?

Beberapa hal yang dapat membantu Anda mempersiapkan janji dengan dokter, di antaranya:

  • Tuliskan gejala yang Anda alami
  • Tuliskan informasi pribadi utama Anda
  • Tuliskan daftar semua obat, vitamin, dan suplemen yang Anda konsumsi
  • Mintalah seorang anggota keluarga atau teman untuk menemani Anda saat kunjungan. Hal ini dapat membantu Anda mengingat informasi yang diberikan dokter.
  • Tuliskan pertanyaan yang akan Anda ajukan kepada dokter.

Apa yang Akan Dilakukan Dokter pada Saat Konsultasi?

Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk mencari penyebab masalah ingatan Anda. Dokter umum Anda akan merujuk ke spesialis memori untuk mendapatkan penilaian mendalam. Tes lebih lanjut, seperti pemindaian, terkadang juga diperlukan.

Referensi

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/memory-loss-amnesia/
Diakses pada November 2018

Healthline. https://www.healthline.com/health/amnesia
Diakses pada November 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/amnesia/symptoms-causes/syc-20353360
Diakses pada November 2018

WebMD. https://www.webmd.com/brain/qa/what-is-amnesia
Diakses pada November 2018

Back to Top