Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Zinc Sulphate

Ditulis oleh Lenny Tan
Terakhir ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Merk dagang yang beredar:

Daryazinc, Interzinc, L-Zinc, Orezinc, Zircum Kid

Zinc sulphate adalah obat yang digunakan untuk menangani dan mencegah kadar zinc yang rendah. Kekurangan zat ini terjadi pada seseorang ketika terkena diare yang parah.

Zinc sulphate biasanya terdapat dalam daging merah (seperti daging sapi dan daging domba), daging ayam, maupun kacang-kacangan.

Zinc Sulphate ()
Golongan

Mineral

Kategori Obat

Obat bebas

Bentuk Obat

Tablet dan infus

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori C: Penelitian pada binatang percobaan menunjukkan efek samping terhadap janin dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita; atau belum ada penelitian pada wanita hamil atau binatang percobaan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya risiko yang mungkin timbul pada janin.

Dosis

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Defisiensi zinc

Intravena 

Dewasa: 6,5 mg unsur zinc (100 micromoles) setiap hari.

Oral

Dewasa: 50 mg elemen zinc sebanyak 3 kali sehari.

Untuk dosis anak-anak, selalu konsultasikan pada dokter sebelum menggunakannya.

Aturan pakai Zinc Sulphate dengan benar

Baca petunjuk di kemasan atau ikuti sesuai dari anjuran dari dokter sebelum menggunakan obat zinc sulphate. Dosis akan diberikan sesuai dengan kondisi medis pada masing-masing pasien. 

Zinc sulphate sebaiknya dikonsumsi pada 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan. Jangan mengunyah atau menghancurkan tablet ketika meminumnya. Hindari konsumsi susu, biji-bijian, atau sereal dalam waktu 2 jam setelah mengonsumsi obat ini.

Pemantauan hitung jenis darah dan kadar kolesterol darah perlu dilakukan, untuk mengetahui defisiensi tembaga akibat penggunaan zinc dosis tinggi dalam jangka panjang.

Efek Samping

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping yang berlebih, harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Zinc sulphate dapat menyebabkan efek samping yang jarang terjadi. Misalnya, sakit perut, mual, muntah, diare, dan iritasi lambung. Sementara penggunaan zinc untuk jangka panjang, dapat mengakibatkan defisiensi tembaga. Kondisi ini dapat berujung pada anemia sideroblastik dan neutropenia.

Jika efek samping semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

Meski jarang terjadi, carilah bantuan medis secepat mungkin bila terjadi efek samping yang serius di bawah ini:

Ada beberapa efek samping lain yang mungkin belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek samping selain dari yang terdaftar di atas, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Peringatan

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

Interaksi

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Bila perlu, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Mengonsumsi zinc sulphate dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi berikut ini:

  • Dapat menurunkan penyerapan zinc dan zat besi, penicillamine, dan tetracycline ketika dikonsumsi secara bersamaan.
  • Dapat mengurangi penyerapan zinc jika dikonsumsi bersama obat yang mengandung fosfor atau fosfat.
  • Dapat menurunkan penyerapan tembaga dan antibiotik flurokuinolon (misalnya, siprofloksasin, levofloksasin, moksifloksasin, norfloksasin, dan ofloksasin) jika dikonsumsi secara bersamaan dengan zinc.
  • Dapat menurunkan penyerapan zinc jika dikonsumsi bersama kalsium.
  • Dapat menurunan penyerapan bisfosfonat bila dikonsumsi bersama bisfosfonat.

 

Informasi yg diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Referensi

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-4086/zinc-sulfate-oral/details
Diakses pada 9 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/zinc-supplement-oral-route-parenteral-route/proper-use/drg-20070269
Diakses pada 9 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-982/zinc
Diakses pada 9 April 2019

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/zinc%20sulfate/?type=brief&mtype=generic
Diakses pada 9 April 2019

Artikel Terkait:
Back to Top