Vitamin B5 dapat ditemukan di daging, sayuran, biji-bijian sereal, kacang polong, telur dan susu

Cernevit, Nephrovite FE, Megazing

Vitamin B5 termasuk salah satu vitamin yang terlibat dalam proses metabolisme energi dengan mengatur sintesis dan degradasi karbohidrat, protein, lemak, dan senyawa bioaktif lainnya. Vitamin B5 dapat ditemukan di daging, sayuran, biji-bijian sereal, kacang polong, telur dan susu. Vitamin B5 digunakan pada orang yang memiliki kadar asam pantothenat yang rendah seperti pada penyakit gangguan struktur kulit dan mukosa, gangguan muskuloskeletal, dan beberapa gangguan pada sistem saraf.

Vitamin B5 (Vitamin B5)
Golongan

Vitamin

Kategori obat

Suplemen

Bentuk sediaan obat

Tablet dan suntik

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori C: Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan efek buruk terhadap janin dan tidak ditemukan studi yang memadai pada manusia. Namun, mengingat efektivitasnya, penggunaannya dapat dipertimbangkan pada wanita hamil sekalipun berisiko.

Dosis obat

Dosis diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis. Dosis yang diberikan mungkin bervariasi berdasarkan kondisi individu. Selama pengobatan, dokter akan melihat respon terhadap pengobatan dan melakukan penyesuasian dosis bila diperlukan.

Oral
Defisiensi asam pantotenat

  • Dewasa: Dosis harian yang direkomendasikan: 4-7 mg / hari.

Baca sesuai petunjuk kemasan atau sesuai arahan dari dokter Anda sebelum menggunakan obat vitamin B5. Obat ini dikonsumsi dengan makanan atau sesuai yang disarankan oleh dokter. Dosis diberikan sesuai kondisi medis. Jangan mengubah dosis jika tidak disarankan oleh dokter. Beritahu dokter jika kondisi semakin memburuk atau tidak membaik.

Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat akan tetapi jika terjadi efek samping yang berlebihan, harus langsung ditangani oleh medis.

Vitamin B5 dapat menyebabkan efek samping yang jarang terjadi jika dikonsumsi seperti: sakit perut, diare, demam, muntah. Jika efek samping semakin memburuk segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Segera cari bantuan medis jika terjadi efek samping yang sangat jarang terjadi namun serius seperti:

  • Sulit bernafas
  • Sesak
  • Suara serak yang tidak biasa
  • Sulit menelan

Ada beberapa efek samping lain yang belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek lain seperti di atas, tanyakan kepada profesional perawatan kesehatan Anda.

Beritahukan dokter Anda mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Kehamilan dan menyusui
  • Hipersensitivitas
  • Obstruksi saluran pencernaan

Interaksi pada obat mungkin akan terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Jika ingin menggunakan obat secara bersamaan harap konsultasi ke dokter Anda, dokter akan mengganti dosis obat tersebut.

Mengonsumsi obat vitamin B1 dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi seperti:

  • Penggunaan bersamaan dengan obat seperti eritromycin, clarithromycin dapat menurunkan kadar atau efek vitamin B5.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Artikel Terkait