Bioneuron, Biocombin.Biocombin 5000, Laktafit, Liveril, Mecola, Milmor, Neuraxon 5000, Neurobat A, Neurobat/Neurobat Forte, Neurobion, Neurobion Forte 5000, Neurofenac Plus, Neuromed 5000, Neuro Panstop, Neurosanbe, Neurosanbe plus, Neurotropic, Neurotropic Plus.

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air dan penyerapannya terjadi di usus. Setelah diserap, vitamin B12 berfungsi dalam pembentukan DNA dan sel darah merah. Vitamin B12 yang tidak dipakai disimpan dalam bentuk cadangan di liver.

Salah satu dampak kekurangan vitamin B12 adalah anemia pernisiosa. Anemia pernisiosa adalah sebuah kondisi di mana tubuh tidak dapat membuat sel darah merah normal karena kekurangan vitamin B12 dan jika tidak diobati dengan baik akan menyebabkan gangguan pada tubuh. Gejalanya mulai dari yang ringan seperti cepat lelah, pusing, sakit kepala, kaki dan tangan dingin dan kulit pucat sampai kerusakan permanen pada saraf dan organ lain serta meningkatkan risiko kanker lambung

Vitamin B12 adalah salah satu komposisi yang sering terdapat pada banyak produk vitamin atau nutrisi. Vitamin B12 tersedia dalam bentuk obat tablet minum dan suntik. 

Karena seringkali penderita anemia pernisiosa tidak dapat menyerap vitamin B12 dengan baik lewat sistem pencernaannya, maka pada keadaan ini yang diberikan adalah vitamin B12 sediaan injeksi agar dapat beredar di peredaran darah tanpa harus melewati sistem pencernaan terlebih dahulu.

Vitamin B12 (Cyanocobalamin)
Golongan

Vitamin

Kategori obat

Obat bebas

Bentuk sediaan obat

Obat minum, obat suntik

Dikonsumsi oleh

Dewasa, anak-anak dan bayi

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori C: Penelitian pada binatang percobaan menunjukkan efek samping terhadap janin dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita; atau belum ada penelitian pada wanita hamil atau binatang percobaan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya risiko yang mungkin timbul pada janin.

Vitamin B12 diekskresikan melalui ASI. Diberikan bila manfaat pemberiannya melebihi risiko yang mungkin ditimbulkan.

Dosis obat

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau membaca dengan baik petunjuk kemasan sebelum mengonsumsi obat.

Anemia Pernisiosa

Dewasa 

  • Injeksi: 100 mcg sehari sekali sampai 6-7 hari, dilanjutkan dengan dosis pemeliharaan yaitu diberikan tiap 2 hari sekali selama 7 kali pemberian, dilanjutkan lagi pemberian tiap 3-4 hari sekali selama 3 minggu. Lalu injeksi vitamin B12 100 mcg dapat diberikan sebulan sekali selama seumur hidup. 

Defisiensi Vitamin B12

  • Dewasa: 25-2000 mcg tablet minum setiap hari atau 30 mcg injeksi di bawah kulit dan otot vitamin B12 setiap hari selama 5-10 hari dilanjutkan dengan dosis pemeliharaan injeksi 100-200 mcg vitamin B12 sebulan sekali
  • Anak-anak: 0,5-3 mcg tablet minum setiap hari atau injeksi vitamin B12 0,2 mcg/kg sehari sekali selama 2 hari dilanjutkan dengan injeksi 1000 mcg setiap hari selama 2-7 hari kemudian 100 mcg seminggu sekali selama 4 minggu.

Selalu ikuti anjuran dari dokter atau baca petunjuk di kemasan obat sebelum penggunaan.

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping yang berlebih, harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Vitamin B12 dapat menyebabkan efek samping. Efek samping dapat terjadi akibat penggunaan vitamin B12 terutama jenis suntikan adalah sebagai berikut:

  • Diare ringan
  • Gatal-gatal, ruam pada kulit
  • Sakit kepala
  • Pusing 
  • Mual dan muntah
  • Edema paru dan penyakit jantung kongestif 
  • Trombosis vena 
  • Pembengkakan
  • Polisitemia vera 
  • Reaksi alergi berat

Vitamin B12 masih mungkin menimbulkan efek samping lain selain yang tertera di atas. Jadi bila Anda mengalami efek samping yang tidak tertera di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter Anda.

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya.

Hati-hati penggunaan vitamin B12 pada kondisi:

  • Penyakit mata tertentu (neuropati optik Leber)
  • Penyakit darah tertentu seperti polisitemia vera
  • Penyakit sendi akibat asam urat tinggi
  • Anemia defisiensi besi atau asam folat
  • Kadar kalium tubuh yang rendah

Kontraindikasi 

Hindari penggunaan obat ini jika Anda mengalami kondisi berikut ini:

  • Alergi terhadap vitamin B12 atau derivatnya
  • Kadar kalium tubuh yang rendah
  • Penyakit mata (penyakit Leber)
  • Gastritis atrofi
  • Riwayat operasi pengangkatan lambung sebelumnya

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Menggunakan vitamin B12 dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi yang menyebabkan efek vitamin B12 meningkat atau malah menurun. 

Vitamin B12 dapat mengalami interaksi dengan obat:

  • Obat yang berdampak pada sumsum tulang seperti antibiotik kloramfenikol dan vitamin serta suplemen yang mengandung faktor intrinsik
  • Obat-obatan ini dapat menurunkan penyerapan vitamin B12: kolkisin, metformin, suplemen kalium sediaan lepas lambat, antibiotik (gentamisin, neomisin, tobramisin), obat antikejang (fenobarbital, fenitoin, primidone), obat untuk mengatasi gejala naiknya asam lambung/heartburn (penghambat reseptor H2 seperti simetidin/famotidin, obat golongan PPI seperti omeprazole/lansoprazole)

Masih banyak kemungkinan interaksi obat yang dapat terjadi karena penggunaan vitamin B12 dengan obat lain secara bersamaan. Oleh karena itu beritahukanlah semua obat yang sedang Anda konsumsi kepada dokter sebelum penggunaannya untuk menghindari interaksi.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merk tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Drugs https://www.drugs.com/dosage/cyanocobalamin.html

Diakses 12 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/vitamin-b12-side-effects
Diakses 12 September 2019

Medicinet. https://www.medicinenet.com/pernicious_anemia/article.htm

Diakses 12 September 2019

RX List https://www.rxlist.com/vitamin_b12/supplements.htm#Dosing
Diakses 12 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1010/cyanocobalamin-vitamin-b-12-oral/details
Diakses 12 September 2019

Artikel Terkait