Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Trypsin (Alias: Tripsin)

Ditulis oleh Olivia
Terakhir ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri
Trypsin adalah obat yang digunakan untuk penyembuhan jaringan mati dan luka di kulit

Trypsin merupakan suatu enzim. Enzim adalah protein yang mempercepat reaksi biokimia tertentu. Trypsin dapat ditemukan  di usus kecil. Trypsin juga dapat diproduksi dari jamur, tumbuhan, dan bakteri. Biasanya trypsin diproduksi dari pankreas hewan ternak. Trypsin dapat dioleskan langsung ke luka dan ulkus untuk menghilangkan jaringan mati serta membantu penyembuhan. Penggunaan trypsin dengan balsam dan castor oil dapat mengatasi rasa sakit dan membantu penyembuhan luka di kulit.

Trypsin (Tripsin)
Golongan

Enzim proteolitik

Kategori Obat

Obat resep

Bentuk Obat

Gel, salep, dan semprot

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori N:Tidak ada penelitian terkontrol pada wanita, atau tidak ada penelitian pada wanita hamil atau hewan. Penelitian menunjukkan bahwa obat ini tidak menimbulkan risiko minimal pada bayi ketika digunakan selama menyusui.

Dosis

Obat ini biasanya digunakan 2 sampai 3 kali sehari atau sesuai instruksi dari dokter. Untuk obat semprot, semprotkan dari jarak 30 cm.

Aturan pakai Trypsin dengan benar

Obat ini hanya untuk digunakan di kulit saja. Jika dokter memberikan instruksi untuk membersihkan area luka, maka bersihkan luka terlebih dahulu sebelum pemakaian obat. Hati-hati saat penyemprotan obat, jangan sampai terhirup dan hindari penyemprotan ke daerah mata. Jika jadwal pemakaian obat terlewatkan, segera oleskan atau semprotkan obat secepatnya. Jika sudah saatnya bagi Anda untuk beralih ke dosis berikutnya, tidak disarankan untuk mengakumulasikannya dengan dosis yang terlewatkan.

Efek Samping

Penggunaan trypsin oleh dokter untuk membersihkan dan penyembuhan luka biasanya aman. Namun, trypsin dapat menimbulkan efek samping sebagai berikut:

  • Rasa sakit dan perih sementara di sekitar luka
  • Gejala infeksi yaitu demam, peningkatan laju nafas dan detak jantung, kulit terasa hangat, serta kelemahan tubuh.
  • Reaksi alergi (ruam, gatal, bengkak, pusing, dan kesulitan bernafas)

Segera konsultasi ke dokter jika muncul gejala infeksi dan reaksi alergi atau efek samping yang parah.

Peringatan

Sebelum menggunakan obat ini, beritahukan kepada dokter jika Anda memiliki alergi terhadap bahan obat atau alergi lainnya. Beritahukan juga riwayat medis kepada dokter Anda. Untuk ibu hamil dan menyusui, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan obat ini. Obat ini dapat membahayakan jika terhirup atau tertelan. Jika terhirup atau tertelan segera ke rumah sakit.

Kontraindikasi

Penggunaan trypsin merupakan kontraindikasi bagi individu yang alergi terhadap trypsin.

Interaksi

Interaksi trypsin dengan obat lain belum diketahui. Namun, tetap informasikan ke dokter semua obat atau suplemen yang dipakai terutama untuk pengobatan luka.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penyakit
Referensi

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-879/trypsin
Diakses pada 04 Januari 2018

RXWiki. https://www.rxwiki.com/trypsin
Diakses pada 04 Januari 2018

Lybrate. https://www.lybrate.com/medicine/trypsin
Diakses pada 04 Januari 2018

Medicinenet. https://www.medicinenet.com/trypsin-balsam_peru-castor_oil-topical_spray/article.htm
Diakses pada 04 Januari 2018

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5861/trypsin-bulk/details/list-contraindications
Diakses pada 04 Januari 2018

Artikel Terkait:
Back to Top