Cari berdasarkan abjad
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Trilac bubuk injeksi 5 ml

Ditulis oleh Arif Putra
Golongan Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 146.700/botol (5 ml) per september 2019
Kemasan 1 botol @ 5 ml
Produsen Novell Pharmaceutical Laboratories

Deskripsi

Trilac bubuk injeksi adalah obat yang digunakan untuk menangani beberapa kelainan kulit, peradangan pada bagian mata dan sendi, pembengkakan, dan kondisi lainnya yang berhubungan dengan ketidak nyamanan pada kulit. Trilac bubuk injeksi merupakan obat keras yang mengandung zat aktif triamcinolone acetonide.

Indikasi (manfaat)

  • Intra artikular: Peradangan pada sendi panggul (sinovitis), nyeri sendi (osteoartritis) radang sendi, peradangan pada bursa yang menyebabkan sendi membengkak (bursitis) akut dan subakut, asam urat akut, rasa sakit pada siku karena rusaknya tendon (epikondilitis) peradangan selubung tendon (tendosinovitis) nonseptik akut dan osteoartritis pasca traumatik.
  • Intradermal: Pengobatan keloid, lupus, Penipisan kulit yang disebabkan karena terjadi perubahan kolagen dan lemak di dalam kulit (nekrobiosis lipoidika diabetikorum), kerontokan rambut yang disebabkan serangan sistem imunitas (alopecia areata), hipertrofi terlokalisir, peradangan yang terjadi pada kulit, rambut, kuku, dan selaput lendir (lesi lichen planus) yang mengalami inflitrasi dan inflamasi, penyakit kulit kronis yang terdiri dari ruam dengan benjolan kemerahan tersusun dalam sebuah lingkaran atau cincin (granuloma anulare), penyakit kulit kronis yang dimulai dengan bercak kulit yang terasa gatal (neurodermatitis) tumor-tumor statik pada aponeurosis atau tendon.

Komposisi

Tiap 1 ml: Triamcinolone acetonide 10 mg.

Dosis

Intra artikular atau Intra bursitis
Dosis awal:

  • Sendi-sendi kecil: 2,5-5 mg.
  • Sendi-sendi besar: 5-15 mg.

Intradermal:
Dosis awal: 1 mg/tempat injeksi.

Cara penggunaan

Kocok vial sebelum digunakan untuk memastikan larutan tersuspensi dengan sempurna. Sebelum diambil, periksa suspensi akan adanya penggumpalan atau tampilan-tampilan granul (aglomerasi). Produk yang teraglomerasi disebabkan oleh suhu beku dan tidak boleh digunakan. Setelah pengambilan, injeksikan dengan segera untuk mencegah pengendapan dalam siringe. Lakukan dengan hati-hati untuk mencegah masuknya obat ke pembuluh darah atau infeksi.

Peringatan

Efek samping

  • Rasa terbakar setelah injeksi,
  • Rasa sakit sementara.
  • Iritasi lokal yang kadang terjadi di lokasi injeksi.
  • Munculnya nanah atau cairan mengalir (abses steril).
  • Kondisi di mana kulit tampak lebih terang atau putih karena kekurangan pigmen (hipopigmentasi).
  • Penyakit kronis yang terjadi pada sendi tungkai seperti kaki dan pergelangan kaki (artropati), dan peningkatan rasa tidak nyaman di persendian.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Perhatian

Interaksi (jangan diberikan bersamaan dengan)

Efikasi obat dapat berkurang oleh adanya fenitoin, fenobarbital, rifampisin dan kortikosteroid dapat menngurangi efek diuretik, hipoglikemik, antikolinesterase, salisilat.

Sesuai kemasan per September 2019.

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/trilac/trilac?type=brief&lang=id
Diakses pada 4 September 2019

Back to Top