Triclosan

10 Mei 2019| Olivia
Ditinjau oleh dr. Wisniaty

Phisohex R, Red-A, Ponds, Hi-derm, Skinnova

Triclosan merupakan antiseptik yang aktif melawan bakteri dan jamur. Triclosan dapat ditemukan pada produk – produk seperti sabun mandi, deterjen, pembersih alat – alat di rumah sakit untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Triclosan (Triklosan)
Golongan

Antiseptik

Kategori obat

Obat bebas

Bentuk sediaan obat

Cair

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori N: Tidak ada penelitian terkontrol pada wanita, atau tidak ada penelitian pada wanita hamil atau hewan. Penelitian menunjukkan bahwa obat ini tidak menimbulkan risiko minimal pada bayi ketika digunakan selama menyusui.

Dosis obat

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk.

Jerawat, Desinfeksi tangan dan luka, Kebersihan mulut, Desinfeksi kulit

Topical/Kutan

  • Dewasa: Tersedia dalam bentuk sabun, krim, dan larutan dengan konsentrasi hingga 2%. Gunakan sesuai petunjuk.

Baca petunjuk di kemasan Triclosan sebelum menggunakan. Triclosan dalam bentuk sabun kesehatan dapat digunakan dalam kondisi tangan yang basah. Aplikasikan produk tersebut pada tangan lalu usaplah hingga berbusa. Setelah itu bilaslah dengan baik dan keringkan tangan.

Dalam setiap pemakaian produk dapat timbul efek samping tertentu. Efek samping belum tentu terjadi pada setiap pemakaian produk akan tetapi jika terjadi efek samping yang berlebihan, harus langsung ditangani oleh medis.

Triclosan dapat menyebabkan efek samping yang sering terjadi jika digunakan seperti: dermatitis kontak. Jika efek samping semakin memburuk segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Produk – produk yang memiliki kandungan triclosan hanya untuk pemakaian  luar saja. Apabila produk tersebut mengenai daerah sensitif seperti bagian mata, segera bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Mims. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/triclosan/?type=brief&mtype=generic
Diakses pada 10 Januari 2019

Drugs. https://www.drugs.com/otc/106449/cardinal-health-antimicrobial-soap-with-triclosan.html
Diakses pada 10 Januari 2019

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email

Artikel Terkait

Seputar Escherichia Coli dan Gangguan Kesehatan yang Ditimbulkannya

Bakteri Escherichia Coli alias E.Coli bisa memcu berbagai penyakit di tubuh, seperti keracunan makanan, diare, hingga gagal ginjal dan infeksi saluran kemih. Infeksi ini cukup sering terjadi sehingga Anda perlu lebih waspada.
03 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Baca selengkapnya
Seputar Escherichia Coli dan Gangguan Kesehatan yang Ditimbulkannya

11 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Mungkin Pernah Anda Alami

Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan, namun memiliki banyak masalah kesehatan. Salah satunya adalah benjolan. Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker.
03 Sep 2019|Dina Rahmawati
Baca selengkapnya
11 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Mungkin Pernah Anda Alami

7 Penyakit Akibat Infeksi Staphylococcus Aureus, dari Ringan hingga Mematikan

Infeksi bakteri Staphylococcus aureus sebenarnya cukup sering terjadi. Namun tahukah Anda, jika bakteri ini bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga parah? Bahkan pada kondisi tertentu, bakteri ini bisa menyebabkan kematian.
10 Feb 2020|Nina Hertiwi Putri
Baca selengkapnya
7 Penyakit Akibat Infeksi Staphylococcus Aureus, dari Ringan hingga Mematikan