Tolnaftate

03 Sep 2019| Anita Djie
Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Daftar merek obat yang beredar di Indonesia

Naftate

Deskripsi obat

Tolnaftate adalah obat antijamur yang digunakan di kulit dan berfungsi untuk mengatasi infeksi karena jamur, seperti kurap, penyakit kutu air, dan infeksi jamur tinea cruris.

Tolnaftate bekerja dengan menghambat pertumbuhan jamur. Tolnaftate juga dapat digunakan bersama obat antijamur lain untuk mengobati infeksi pada kulit kepala, telapak kaki dan tangan, serta pada kuku. Namun, tolnaftate tidak efektif untuk infeksi bakteri dan jamur Candida spp.

Tolnaftate (Tolnaftat, Tolnaftate Topical)
Golongan

Antifungal topikal dan antiparasit

Kategori obat

Obat bebas

Bentuk sediaan obat

Semprotan, krim, bubuk, gel, dan larutan

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori kehamilan dan menyusui belum ditentukan karena belum ada penelitian mengenai efek tolnaftate terhadap kehamilan dan menyusui.

Dosis obat

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

 

Infeksi dermatofit superfisial

  • Dewasa: Oleskan gel, larutan, bubuk, atau krim tolnaftate 1% secara tipis pada daerah yang mengalami infeksi sebanyak dua kali sehari. Tolnaftate dalam bentuk semprotan bubuk atau cairan disemprotkan secara tipis pada daerah yang terinfeksi sebanyak dua kali sehari. Jangka waktu penanganan berlangsung selama 2 minggu untuk infeksi jamur tinea cruris dan 4 minggu untuk kurap dan penyakit kutu air.
  • Anak di atas dua tahun: Gunakan tolnaftate dengan dosis yang sama dengan orang dewasa.

Efek samping obat

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping yang berlebih, harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Hubungi dokter apabila terdapat reaksi alergi, seperti penyempitan tenggorokan, ruam, pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah. Anda juga harus menghubungi dokter bila terjadi iritasi pada kulit.

Tolnaftate dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

Ada beberapa efek samping lain yang mungkin belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek samping selain dari yang terdaftar di atas, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Perhatian Khusus

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Infeksi pada kuku dan kulit kepala
  • Anak-anak

 

Kontraindikasi

Jangan menggunakan tolnaftate jika mempunyai kondisi medis di bawah ini:

  • Kehamilan dan menyusui
  • Alergi tolnaftate
  • Memiliki kulit yang sensitif (hipersensitif)

Interaksi obat (jangan digunakan bersamaan dengan)

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Bila perlu, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Tolnaftate merupakan jenis obat yang ditaruh di kulit dan karenanya, kecil kemungkinannya berinteraksi dengan obat yang dikonsumsi secara oral atau yang disuntikkan. 

Meskipun demikian, Anda tetap harus memberitahukan dokter mengenai vitamin, obat, atau produk herbal yang dikonsumsi atau digunakan.

Informasi yg diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Drugs.com. https://www.drugs.com/mtm/tolnaftate-topical.html
Diakses pada 02 September 2019


MIMS Indonesia. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/tolnaftate/?type=brief&mtype=generic
Diakses pada 02 September 2019

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email