Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Sumatriptan (Alias: Sumatriptan)

Ditulis oleh Arif Putra
Terakhir ditinjau oleh dr. Reni Utari

Merk dagang yang beredar:

Imitrex, Imitrex Nasal, Onzetra Xsail

Sumatriptan adalah obat yang digunakan untuk mengatasi kondisi migrain akut pada orang dewasa. Sumatriptan juga membantu meringankan gejala lain yang muncul bersamaan dengan migrain, seperti mual dan muntah, sensitivitas terhadap cahaya maupun bunyi-bunyian.

Sumatriptan hanya dipakai untuk meredakan nyeri akibat migrain, sehingga tidak bisa digunakan untuk jenis nyeri lain. Biasanya sumatriptan dikonsumsi, jika migrain yang diderita pasien tidak bisa ditangani dengan aspirin, parasetamol, dan obat pereda nyeri lainnya. Sumatriptan tidak dapat digunakan untuk mencegah migrain dan sakit kepala cluster.

Sumatriptan (Sumatriptan)
Golongan

Antimigrain preparat

Kategori Obat

Obat resep

Bentuk Obat

Tablet, injeksi, dan semprotan hidung

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori C: Penelitian pada binatang percobaan menunjukkan efek samping terhadap janin dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita; atau belum ada penelitian pada wanita hamil atau binatang percobaan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya risiko yang mungkin timbul pada janin.

Dosis

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Migrain
Semprot hidung

  • Usia 12-17 tahun: 10 mg ke 1 lubang hidung, diulangi 2 jam berikutnya setelah dosis pertama, jika gejala masih muncul. Gunakan maksimal 20 mg per 24 jam.
  • Usia di atas 18 tahun: 20 mg ke 1 lubang hidung, diulangi 2 jam berikutnya setelah dosis pertama, jika gejala masih muncul. Gunakan maksimal 40 mg per 24 jam.

Oral

  • Usia di atas 18 tahun: 50-100 mg, diulangi dalam interval 2 jam berikutnya jika migrain masih muncul. Dosis maksimal 300 mg per 24 jam.

Injeksi subkutan

  • Usia di atas 18 tahun: 6 mg sebagai dosis tunggal, diulangi 1 jam setelah dosis pertama, jika gejala masih muncul. Gunakan maksimal 12 mg per 24 jam.

Aturan pakai Sumatriptan dengan benar

Selalu ikuti anjuran dari dokter atau baca petunjuk di kemasan Sumatriptan sebelum penggunaan.

Sumatriptan boleh diminum dengan atau tanpa makanan.

Efek Samping

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Efek samping yang berlebihan harus segera mendapat penanganan medis.

Sumatriptan dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

Peringatan

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila pernah mengalami kondisi berikut ini.

Interaksi

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Bila perlu, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Mengonsumsi Sumatripan dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi yang meliputi:

  • Risiko reaksi vasospastik,atau penyempitan pembuluh darah jika digunakan bersamaan dengan ergotamin dan obat dengan bahan yang sejenis.

Potensi yang bersifat fatal:

  • Daapr meingkatkan risiko sindrom serotonin, jika digunakan bersamaan dengan SSRI, MAOIs, atau dalam 14 hari setelah mengonsumsi MAOIs
  • Konsumsi obat ergotamin dan obat dengan bahan sejenis, dalam 24 jam sebelumnya

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus sesuai dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Penyakit
Referensi

Drugs.com. https://www.drugs.com/sfx/sumatriptan-side-effects.html
Diakses pada 18 Agustus 2019

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/sumatriptan/?type=brief&mtype=generic
Diakses pada 18 Agustus 2019

Artikel Terkait:
Back to Top