Squalene terbuat dari minyak hati ikan hiu dan dijadikan sebagai suplemen alami
Squalene terbuat dari minyak hati ikan hiu dengan isoprenoid alami.

Biomoist, Cebelia Intensive Anti-Aging, Hukimed Care Cream, Hydrabio Gel-Crème/ Hydrabio Essence Lotion, Nustella, Nutraplus Hand Cream, Sebium Global, Xpeditions Eye Wrinkle Reducer

Squalene didapatkan dari minyak hati ikan hiu. Squalene merupakan senyawa isoprenoid alami. Suplemen ini dapat melindungi kulit dan sedang diteliti efeknya untuk pengobatan kanker. Squalene dapat ditemukan pada berbagai macam produk makanan, kosmetik, obat komersil, suplemen kesehatan dan sebagai komponen tambahan pada vaksin untuk meningkatkan respon imunitas.

Squalene (Spinacene)
Golongan

Emolien, suplemen

Kategori obat

Obat bebas

Bentuk sediaan obat

Kapsul dan obat topikal (obat oles)

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori N: Tidak ada penelitian terkontrol pada wanita, atau tidak ada penelitian pada wanita hamil atau hewan. Penelitian menunjukkan bahwa obat ini tidak menimbulkan risiko minimal pada bayi ketika digunakan selama menyusui.

Dosis obat

Dosis penggunaan atau konsumsi squalene tergantung pada kekuatan obat dan alasan penggunaan squalene. Konsultasikan ke dokter mengenai dosis dan lama penggunaan squalene. Jika Anda menggunakan squalene tanpa instruksi dari dokter, ikuti instruksi yang tertera di kemasan.

Untuk suplemen squalene, konsumsi setelah makan.

Gunakan squalene sesuai dengan dosis yang diberikan dokter atau yang tertera di kemasan. Jika jadwal penggunaan obat terlewatkan, segera konsumsi atau oleskan obat secepatnya. Jika sudah saatnya bagi Anda untuk beralih ke dosis berikutnya, tidak disarankan untuk mengakumulasikannya dengan dosis yang terlewatkan. Simpan squalene pada suhu ruangan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Konsultasi ke dokter jika timbul efek samping, terutama jika timbul reaksi alergi seperti kesulitan bernapas, nyeri dada, timbulnya ruam, atau kulit gatal atau membengkak. Suplemen squalene juga memiliki rasa dan bau yang tidak enak sehingga tidak gampang untuk dikonsumsi. Selain itu, penggunaan squalene diketahui dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada paru (pneumonia) apabila terhirup.

Sebelum menggunakan obat ini, beritahukan kepada dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui. Beritahukan juga obat-obatan serta suplemen yang sedang Anda konsumsi kepada dokter Anda.

Pada penggunaan obat oles, hindari kontak dengan mata dan membran mukosa.

Kontraindikasi

Penggunaan squalene merupakan kontraindikasi bagi individu yang alergi terhadap squalene.

Interaksi squalene dengan obat lain belum diketahui. Informasikan ke dokter semua obat dan suplemen yang sedang dikonsumsi.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Artikel Terkait