Bioads

Serum anti difteri adalah serum yang berisi antibodi terhadap kuman penyebab penyakit difteri. Serum ini dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap difteri bagi orang yang belum diimunisasi, dan juga sebagai pengobatan dalam kasus difteri. Serum anti difteri memberikan kekebalan pasif dengan menetralisir toksin kuman difteri.

Serum Anti Difteri
Golongan

Antisera (antitoksin)

Kategori obat

Obat keras

Bentuk sediaan obat

Injeksi

Dikonsumsi oleh

Anak dan dewasa

Kategori kehamilan dan menyusui

Belum ada studi keamanan serum anti difteri pada kehamilan, baik pada binatang maupun pada manusia. Penggunaannya harus berdasarkan pertimbangan keuntungan/risiko bagi pasien, sesuai dengan pertimbangan medis dari ahli.

Serum anti difteri tidak diketahui apakah didistribusikan melalui ASI atau tidak. Meskipun demikian, belum pernah dilaporkan adanya efek samping yang berkaitan dengan menyusui

Dosis obat

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

  • Difteri faringeal atau laringeal 48 jam: injeksi IM 20.000 IU
  • Difteri nasofaringeal: injeksi IM, 40.000-60.000 IU
  • Difteri luas, lebih dari 3 hari: injeksi IM 80.000-120.000 IU
  • Anak-anak: Injeksi IM 1.000 IU

Serum anti difteri diberikan melalui suntikan (injeksi). Setelah penyuntikan, pasien harus diobservasi setidaknya selama 1 jam untuk memantau ada tidaknya gejala serum sickness.

Sebelum penyuntikan, perlu dilakukan tes kulit untuk menentukan ada tidaknya reaksi alergi terhadap serum.

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping, harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Serum anti difteri dapat menyebabkan efek samping, seperti:

Ada beberapa efek samping lain yang mungkin belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek samping selain dari yang terdaftar di atas, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Kontraindikasi

Kontraindikasi penggunaan serum anti difteri adalah hipersensitivitas terhadap antitoksin difteri atau serum kuda. Namun dalam keadaan gawat darurat, penggunaannya dapat dipertimbangkan oleh tenaga medis.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Drugs.com. https://www.drugs.com/mmx/diphtheria-antitoxin.html#s00306633
Diakses 9 September 2019

MIMS Indonesia. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/bioads%20(anti%20difteri%20serum%2020%2c000%20iu)/
Diakses 9 September 2019

Artikel Terkait